Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Agen Properti, Side Job Banjir Rupiah yang Bisa Dijajal

Finansial

Agen Properti, Side Job Banjir Rupiah yang Bisa Dijajal

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Lagi mencari pekerjaan sampingan, Pins? Ada satu pekerjaan yang pasti Pins suka karena pekerjaannya menyenangkan dan keuntungannya besar yaitu menjadi agen properti. Profesi ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan bagi karyawan atau bagi yang memang belum bekerja.

Pinhome – Menjadi agen properti ternyata bukan hanya sekedar memasarkan sebuah hunian lho, Pins. Ternyata, ada banyak hal yang bisa dipetik manfaatnya dengan melakukan pekerjaan sampingan ini. Seperti apa, sih, serunya pekerjaan ini? Simak artikel ini sampai habis, ya.

Keuntungan Menjadi Agen Properti

Bagi pemula, menjadi agen properti terdengar sulit karena harus mampu menjual unit-unit hunian dalam waktu yang ditentukan. Sekilas memang tampak sebagai sebuah tekanan, tapi ternyata tidak seperti itu. Pekerjaan ini memang diperuntukkan bagi mereka yang menyukai tantangan.

Agen properti adalah pekerjaan yang sangat dinamis. Setiap hari seorang agen bisa bertemu dengan bermacam-macam klien dan pergi dari satu tempat ke tempat yang lain. Itu karena unit hunian yang dipasarkan lebih dari satu. Terbayang, kan, betapa dinamisnya.

Bicara soal rupiah, agen properti bisa mengantongi jutaan hingga puluhan juta rupiah dalam sekali transaksi. Semua itu tergantung pada nilai hunian yang dijual itu sendiri. Biasanya, fee yang diterima untuk hunian dijual adalah sekitar 2%-2,5%. Sedangkan untuk sewa sebesar 5%.

Harga hunian yang biasa di handle oleh seorang agen properti biasanya diatas 500 juta. Jadi, silahkan Pins hitung sendiri berapa keuntungan yang bisa Pins dapatkan jika berhasil menjual unit hunian tersebut. Tidak heran jika banyak orang menjadikan pekerjaan ini sebagai side job-nya.

Keuntungan lainnya adalah kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dan membangun relasi. Ini mungkin adalah hal yang hanya bisa didapat oleh orang-orang yang menggeluti bidang pemasaran. Agen properti sendiri termasuk dalam pekerjaan di bidang pemasaran.

Ada banyak pengalaman menarik yang bisa didapat dengan menjadi agen properti. Seperti kita tahu, seorang agen bertemu dan berhubungan dengan banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Hal ini membuat perspektif tentang sesuatu menjadi lebih luas lagi. Seru, kan, Pins?

Pekerjaan sampingan ini juga bisa dibilang minim modal dan bisa dikerjakan dari mana saja. Mengenai waktu bertemu dengan client, bisa dilakukan after office hour atau saat weekend. Client rata-rata juga orang bekerja yang memiliki waktu setelah jam kantor usai. Jadi, side job ini memang cocok untuk karyawan kantoran.

Tips Sukses Menjadi Agen Properti Pemula

Seorang agen properti pemula memang perlu amunisi untuk bisa sukses. Kali ini, Pins akan diberikan tips-tipsnya agar bisa langsung terjun ke dunia pemasaran hunian yang sangat dinamis ini. Simak penjelasan berikut ini, ya:

1. Belajar Istilah dan Produk Properti

Semua orang yang akan menggeluti pekerjaan baru wajib mengenal pekerjaan itu. Begitu juga agen properti pemula, wajib hukumnya untuk mengetahui tentang produk yang mungkin akan dijual. Pengetahuan tentang produk bisa meningkatkan rasa percaya diri ketika bekerja nanti.

Luangkan waktu untuk mempelajari seluk-beluk industri properti (rawpixel)

Sedangkan untuk istilah sendiri, dunia properti memiliki istilah-istilah khusus. Pelajari juga agar klien percaya bahwa Pins adalah agen properti profesional. Pins tentu tidak mau, kan, kalau client malah lebih paham urusan properti dibandingkan Pins?

2. Pelajari Tata Cara Pembayaran Fee dan Konsekuensi Hukumnya

Jika berkaitan dengan rupiah, semuanya harus detail dan transparan, Pins. Biasanya, agen properti bernaung di sebuah agency. Maka, hubungan antara agency dan agen harus transparan. Jangan sampai Pins malah merugi karena tidak paham hitung-hitungan fee.

Pelajari dulu berapa dan bagaimana seorang agen properti dibayar. Setelah itu, ketahui juga konsekuensi hukum dari transaksi jual beli hunian yang nanti akan ditekuni. Jika bekal pengetahuan ini sudah matang, Pins akan semakin percaya diri ketika terjun ke lapangan nantinya.

3. Berani Menerima Tantangan dan Berspekulasi

Dunia properti yang sangat dinamis menuntut orang-orang yang terlibat di dalamnya kuat menghadapi setiap tantangan. Tidak jarang seorang agen properti itu harus bisa berspekulasi. Misalnya, tidak hanya menggarap hunian di kota besar, tapi juga di daerah-daerah yang bisa dibilang remote.

Jangan ragu untuk mencari tantangan baru (rawpixel)

Berbeda lokasi hunian pasti berbeda juga cara memasarkannya. Nah, scenario seperti inilah yang harus dipersiapkan sebelum menjadi agen properti. Jika dirasa unit-unit yang digarap sulit terjual, maka segera putar otak untuk menggarap unit di wilayah lain.

Baca juga: Ini Rahasia Keuntungan Bergabung Menjadi Agen Properti Online

4. Perkaya Diri dengan Informasi Seputar dunia Properti dan Marketing

Semakin up to date informasi yang diserap seorang agen, maka semakin mudah baginya untuk menentukan alternatif. Alternatif di sini mencakup lokasi mana yang potensial, strategi penjualan, cara mengkomunikasikan produk, dan lain sebagainya.

Informasi bisa didapatkan dari majalah-majalah properti, informasi seputar properti dunia di internet, dan juga tren masyarakat dalam membeli properti. Perubahan sekecil apa pun akan membawa impact pada daya beli masyarakat akan properti, Pins.

5. Maksimalkan Media Sosial

Tidak mungkin seorang agen bisa berhasil tanpa media sosial di era digital ini. Media sosial adalah platform yang ampuh untuk memasarkan unit hunian. Tampilkan foto-foto yang menarik disertai caption yang mendorong rasa ingin tahu calon pembeli.

Media sosial kini bisa menjadi media penjualan yang efektif (Erik Lucatero/Pixabay)

Gencarlah berpromosi di media sosial karena orang jaman sekarang lebih suka mencari informasi soal rumah di Instagram atau Facebook. Maka, usahakan membuat caption dan foto yang menarik bagi pembeli. Saat ini rata-rata agen memanfaatkan media sosial untuk memasarkan hunian.

6. Agen Properti Harus Bisa Merangkap Jadi Blogger

Keuntungan menjadi agen properti yang merangkap sebagai blogger adalah bisa lebih detail lagi menjabarkan soal hunian yang dijual. Selain itu, sebuah blog juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk branding diri Pins sebagai agen profesional.

Blog bisa menjadi sarana informasi sekaligus meningkatkan reputasimu sebagai agen properti (rawpixel)

Blog yang konsisten diisi dengan konten-konten berbau marketing, bisnis, desain, dan juga pilihan hunian yang akan dijual akan sangat menarik untuk dibaca calon pelanggan. Hubungkan blog dengan media sosial yang dimiliki agar bisa menjaring lebih banyak traffic.

7. Perbanyak Jejaring

Salah satu trik yang bisa dicoba untuk menambah jejaring adalah bergabung di komunitas. Tidak hanya bergabung namun juga aktif di dalamnya. Selain itu, jangan hanya terkotak pada komunitas properti saja namun rambah juga komunitas yang lain. Ingat bahwa setiap individu adalah potential target.

Sediakan waktu untuk menjalin network dengan rekan seprofesi (rawpixel)

Semakin banyak bergabung di komunitas, maka akan semakin mudah membuat pemetaan tentang potential target. Tidak ada salahnya juga bergabung di asosiasi pengusaha muda. Di sini, seorang agen pemula bisa mendapatkan banyak insight bahkan client baru.

8. Jujur

Kejujuran adalah kunci keberhasilan semua hal. Ketika memasarkan sebuah hunian, katakan dengan sejujur-jujurnya kondisi dan keadaan hunian tersebut. Jangan pernah membual apalagi melebih-lebihkan hanya demi close deal.

Jika pembeli yang terlanjur membeli mendapati ia telah dibohongi, maka Pins tidak akan mudah mendapatkan klien ke depannya. Alasannya karena kepercayaan pelanggan sudah runtuh dan sulit dibangun lagi.

Agen properti cocok dijadikan side job oleh orang yang penuh energy dan tidak takut akan tantangan. Millenials, ibu rumah tangga, atau siapa pun yang menyukai tantangan dan suka bertemu dengan banyak orang bisa memilih pekerjaan sampingan ini. Selamat mencoba!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel