BlogPemilik PropertiFinansialKerja Sampingan Agen Properti, Bisa Banjir Jutaan Rupiah!
0
0

Kerja Sampingan Agen Properti, Bisa Banjir Jutaan Rupiah!

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Mei 3, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
kerja sampingan agen propertitop-right-banner

Lagi mencari pekerjaan sampingan, Pins? Ada satu pekerjaan yang pasti Pins suka karena pekerjaannya menyenangkan dan keuntungannya besar yaitu menjadi agen properti. Profesi ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan bagi karyawan atau bagi yang memang belum bekerja.

Menjadi agen properti ternyata bukan hanya sekedar memasarkan sebuah hunian lho, Pins. Ternyata, ada banyak hal yang bisa dipetik manfaatnya dengan melakukan pekerjaan sampingan ini. Seperti apa, sih, serunya pekerjaan ini? Simak artikel ini sampai habis, ya.

Baca juga: Agen Properti Online, Solusi Jual Beli Properti yang Dapat Diandalkan

Kerja Sampingan Agen Properti

Bagi pemula, menjadi agen properti terdengar sulit karena harus mampu menjual unit-unit hunian dalam waktu yang ditentukan.

Sekilas memang tampak sebagai sebuah tekanan, tapi ternyata tidak seperti itu. Pekerjaan ini memang diperuntukkan bagi mereka yang menyukai tantangan.

Agen properti adalah pekerjaan yang sangat dinamis. Setiap hari seorang agen bisa bertemu dengan bermacam-macam klien dan pergi dari satu tempat ke tempat yang lain. Itu karena unit hunian yang dipasarkan lebih dari satu. Terbayang, kan, betapa dinamisnya.

Bicara soal rupiah, agen properti bisa mengantongi jutaan hingga puluhan juta rupiah dalam sekali transaksi. Semua itu tergantung pada nilai hunian yang dijual itu sendiri. Biasanya, fee yang diterima untuk hunian dijual adalah sekitar 2%-2,5%. Sedangkan untuk sewa sebesar 5%.

Baca juga: 6 Tips Menjadi Agen Properti yang Sukses Ini Penting Dicoba

Harga hunian yang biasa di handle oleh seorang agen properti biasanya diatas 500 juta. Jadi, silahkan Pins hitung sendiri berapa keuntungan yang bisa Pins dapatkan jika berhasil menjual unit hunian tersebut. Tidak heran jika banyak yang kerja sampingan agen properti.

Keuntungan lainnya adalah kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dan membangun relasi. Ini mungkin adalah hal yang hanya bisa didapat oleh orang-orang yang menggeluti bidang pemasaran. Agen properti sendiri termasuk dalam pekerjaan di bidang pemasaran.

Ada banyak pengalaman menarik yang bisa didapat dengan menjadi agen properti. Seperti kita tahu, seorang agen bertemu dan berhubungan dengan banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Hal ini membuat perspektif tentang sesuatu menjadi lebih luas lagi. Seru bukan, Pins?

Pekerjaan sampingan ini juga bisa dibilang minim modal dan bisa dikerjakan dari mana saja. Mengenai waktu bertemu dengan client, bisa dilakukan after office hour atau saat weekend.

Client rata-rata juga orang bekerja yang memiliki waktu setelah jam kantor usai. Jadi, kerja sampingan agen properti ini memang cocok untuk karyawan kantoran.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Agen Properti untuk Jual Beli Rumah

Tips Sukses Menjadi Agen Properti Pemula

Seorang agen properti pemula memang perlu amunisi untuk bisa sukses. Kali ini, Pins akan diberikan tips-tipsnya agar bisa langsung terjun ke dunia pemasaran hunian yang sangat dinamis ini. Simak penjelasan berikut ini, ya:

1. Belajar Istilah dan Produk Properti

kerja sampingan agen properti

Semua orang yang akan menggeluti pekerjaan baru wajib mengenal pekerjaan itu. Begitu juga agen properti pemula, wajib hukumnya untuk mengetahui tentang produk yang mungkin akan dijual. Pengetahuan tentang produk bisa meningkatkan rasa percaya diri ketika bekerja nanti.

Sedangkan untuk istilah sendiri, dunia properti memiliki istilah-istilah khusus. Pelajari juga agar klien percaya bahwa Pins adalah agen properti profesional. Pins tentu tidak mau, kan, kalau client malah lebih paham urusan properti dibandingkan Pins?

Baca juga: Tambah Pro jadi Agen Properti Pinhome dengan Ruang Edukasi Agen

2. Pelajari Tata Cara Pembayaran Fee dan Konsekuensi Hukumnya

Jika berkaitan dengan rupiah, semuanya harus detail dan transparan, Pins. Biasanya, agen properti bernaung di sebuah agency. Maka, hubungan antara agency dan agen harus transparan. Jangan sampai Pins malah merugi karena tidak paham hitung-hitungan fee.

Pelajari dulu berapa dan bagaimana seorang agen properti dibayar. Setelah itu, ketahui juga konsekuensi hukum dari transaksi jual beli hunian yang nanti akan ditekuni. Jika bekal pengetahuan ini sudah matang, Pins akan semakin percaya diri ketika terjun ke lapangan nantinya.

Baca juga: Cara Registrasi Akun Rekan Pinhome, Aplikasi Andalan Agen Properti

3. Berani Menerima Tantangan dan Berspekulasi

Dunia properti yang sangat dinamis menuntut orang-orang yang terlibat di dalamnya kuat menghadapi setiap tantangan. Tidak jarang seorang agen properti itu harus bisa berspekulasi. Misalnya, tidak hanya menggarap hunian di kota besar, tapi juga di daerah-daerah yang bisa dibilang remote.

Berbeda lokasi hunian pasti berbeda juga cara memasarkannya. Nah, scenario seperti inilah yang harus dipersiapkan sebelum menjadi agen properti. Jika dirasa unit-unit yang digarap sulit terjual, maka segera putar otak untuk menggarap unit di wilayah lain.

Baca juga: Ini Rahasia Keuntungan Bergabung Menjadi Agen Properti Online

4. Perkaya Diri dengan Informasi Seputar dunia Properti dan Marketing

Semakin up to date informasi yang diserap seorang agen, maka semakin mudah baginya untuk menentukan alternatif. Alternatif di sini mencakup lokasi mana yang potensial, strategi penjualan, cara mengkomunikasikan produk, dan lain sebagainya.

Informasi bisa didapatkan dari majalah-majalah properti, informasi seputar properti dunia di internet, dan juga tren masyarakat dalam membeli properti. Perubahan sekecil apa pun akan membawa impact pada daya beli masyarakat akan properti, Pins.

5. Maksimalkan Media Sosial

Tidak mungkin seorang agen bisa berhasil tanpa media sosial di era digital ini. Media sosial adalah platform yang ampuh untuk memasarkan unit hunian. Tampilkan foto-foto yang menarik disertai caption yang mendorong rasa ingin tahu calon pembeli.

Gencarlah berpromosi di media sosial karena orang jaman sekarang lebih suka mencari informasi soal rumah di Instagram atau Facebook. Maka, usahakan membuat caption dan foto yang menarik bagi pembeli. Saat ini rata-rata agen memanfaatkan media sosial untuk memasarkan hunian.

Baca juga: Menjadi Agen Properti Online, Cara Mudah Menjalankan Bisnis Properti

6. Agen Properti Harus Bisa Merangkap Jadi Blogger

kerja sampingan agen properti

Keuntungan menjadi agen properti yang merangkap sebagai blogger adalah bisa lebih detail lagi menjabarkan soal hunian yang dijual. Selain itu, sebuah blog juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk branding diri Pins sebagai agen profesional.

Blog yang konsisten diisi dengan konten-konten berbau marketing, bisnis, desain, dan juga pilihan hunian yang akan dijual akan sangat menarik untuk dibaca calon pelanggan. Hubungkan blog dengan media sosial yang dimiliki agar bisa menjaring lebih banyak traffic.

Baca juga: Ini Rahasia Keuntungan Bergabung Menjadi Agen Properti Online!

7. Perbanyak Jejaring

kerja sampingan agen properti

Salah satu trik yang bisa dicoba untuk menambah jejaring adalah bergabung di komunitas. Tidak hanya bergabung namun juga aktif di dalamnya. Selain itu, jangan hanya terkotak pada komunitas properti saja namun rambah juga komunitas yang lain. Ingat bahwa setiap individu adalah potential target.

Semakin banyak bergabung di komunitas, maka akan semakin mudah membuat pemetaan tentang potential target. Tidak ada salahnya juga bergabung di asosiasi pengusaha muda. Di sini, seorang agen pemula bisa mendapatkan banyak insight bahkan client baru.

8. Jujur

Kejujuran adalah kunci keberhasilan semua hal. Ketika memasarkan sebuah hunian, katakan dengan sejujur-jujurnya kondisi dan keadaan hunian tersebut. Jangan pernah membual apalagi melebih-lebihkan hanya demi close deal.

Jika pembeli yang terlanjur membeli mendapati ia telah dibohongi, maka Pins tidak akan mudah mendapatkan klien ke depannya. Alasannya karena kepercayaan pelanggan sudah runtuh dan sulit dibangun lagi.

kerja sampingan agen properti cocok untuk orang yang penuh energy dan tidak takut akan tantangan. Millenials, ibu rumah tangga, atau siapa pun yang menyukai tantangan dan suka bertemu dengan banyak orang bisa memilih pekerjaan sampingan ini. Selamat mencoba!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download