BlogPemilik PropertiFinansial6 Tips dan Cara Cepat Jual Rumah Menurut Islam
0
0

6 Tips dan Cara Cepat Jual Rumah Menurut Islam

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 1, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Fenomena harga properti atau rumah yang terus meningkat, sering kali properti tersebut digunakan sebagai properti investasi jangka panjang. Namun berbeda dengan investasi lain seperti emas, obligasi, dan reksa dana yang bisa dengan cepat “diuangkan”, menjual rumah bukanlah perkara sederhana.

Ada banyak faktor yang membuat penjualan rumah menjadi sulit. Pemilik mungkin harus menunggu lama untuk menjual rumahnya, apalagi jika mereka menjual rumahnya tanpa bantuan agen real estate. Namun, ada banyak pilihan yang tersedia bagi umat Islam untuk menjual rumah mereka dengan cara cepat jual rumah menurut Islam.

Cara cepat jual rumah menurut Islam tidak hanya mudah tetapi juga disertai nilai-nilai yang benar. Menjual aset properti seperti rumah bukanlah hal yang mudah. Penjual sebaiknya mencoba berbagai cara, misalnya mengiklankan properti di berbagai media. Namun, selain upaya eksternal, idealnya umat Islam juga melakukan upaya berupa doa dan sedekah.

Sebabnya, keinginan apa pun menjadi lebih mudah jika melakukan suatu perbuatan dengan keimanan yang ikhlas dan benar. Oleh karena itu, ketika menjual rumah Kamu, pastikan untuk menerapkan praktik yang mengandung nilai-nilai baik. Mengikuti praktik terbaik adalah salah satu cara kami dapat membantu Kamu menjual rumah lebih cepat.

Berikut ini Kamu dapat baca selelngkapnya mengenai 6 Tips dan Cara Cepat Jual Rumah Menurut Islam hanya di Pinhome ya!

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Tips dan Cara Cepat Jual Rumah Menurut Islam

Berikut ini tips dan cara yang bisa kamu lakukan untuk cepat jual rumah menurut Islam:

1. Menjual dengan Metode KPR Syariah

Harga properti rumah dianggap tinggi oleh banyak orang. Oleh karena itu, bank memiliki program pembiayaan yang memungkinkan debitur membeli rumah secara angsuran bulanan melalui sistem KPR Syariah.

Sebagai penjual, kami dapat menawarkan Kamu  sistem KPR Syariah yang memudahkan calon pembeli untuk memiliki properti Kamu dengan sumber daya terbatas. Ketentuan dan akad KPR Syariah mempunyai dasar hukum yang  diatur dalam UU No.

Perubahan atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan dan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pembinaan dan Penguatan Sektor Keuangan serta Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam transaksi pembelian rumah melalui KPR syariah, bank menjadi pihak yang  membeli rumah tersebut, dan kepemilikannya berpindah ke bank sasaran.

2. Perbanyak Berdoa dan Zikir

Source : Pixabay

Cara cepat menjual rumah selanjutnya  adalah dengan mengamalkan doa dan dzikir. Pada dasarnya, umat Islam harus melakukan segala sesuatunya dengan penuh doa, meskipun mereka ingin menjual rumahnya. Doa dan zikir bukan hanya sekedar bentuk ibadah dan syukur, namun juga mencari penghiburan dan ridha Allah SWT.

Allah SWT menjanjikan kemudahan bagi seluruh umat Islam yang berdoa kepada-Nya. Upaya tersebut, diiringi dengan banyak doa, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pemilik rumah untuk menjual rumahnya.

Beberapa doa yang bisa Kamu panjatkan sebagai ikhtiar:

  • Alloohumma laa sahla illaa maa ja’altahuu sahlan, wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan. Yang memiliki arti “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”
  • Laa haula wala quwwata illa billah. Yang memiliki arti “Tidak ada daya dan tidak pula kekuatan kecuali karena Allah.”
  • Allaahummal thuf bii fii taisiiri kulli asiirin, fa’inna thaisiira kulli asiirin ‘alaika yasiiru, wa as alukal yusra wal mu’aafaata fiddunyaa wal aakhirati. Yang memili arti “Ya Allah, berilah kemudahan dari setiap yang sukar. Sesungguhnya Engkau memudahkan dari yang sukar. Itu bagi-Mu adalah mudah, dan aku memohon kapada-Mu dari kemudahan-Mu dan limpahkanlah kebaikan di dunia dan akhirat.”

3. Pantaskan Rumah yang Ingin Dijual

Source : Pixabay

Cara cepat jual rumah cepat  menurut Islam yang lain adalah dengan memeriksa apakah rumah Kamu layak untuk dijual. Jual rumah Kamu dengan harga dan kondisi yang tepat. Kamu bisa melakukan beberapa renovasi kecil-kecilan untuk meningkatkan harga jual rumah Kamu, seperti: Memperbaiki lampu yang rusak, mengecat ulang dinding rumah, merapikan area luar ruangan, mengganti ubin atau lantai yang rusak,  memperbaiki masalah kelistrikan bila diperlukan, dan masih banyak lagi. Jujurlah kepada calon pembeli mengenai kondisi rumah Kamu.

4. Tawarkan Harga dengan Jujur

Source : Pixabay

Menentukan harga jual rumah memang tidak mudah. Pemilik perlu mengetahui manfaat rumah dan lingkungan tempat tinggal, serta mengecek harga pasar saat ini berdasarkan NJOP. Namun seringkali harga rumah yang diiklankan lebih tinggi dari harga rumah di NJOP dan sekitarnya demi meraup keuntungan besar.

Rumah Kamu boleh terletak di lokasi strategis dengan akses dan fasilitas umum yang memadai. Ini bisa menjadi faktor penting dalam menjual rumah Kamu dengan harga tertinggi. Namun, hindari menjual rumah Kamu dengan harga yang sangat tinggi dengan berbohong tentang nilai pasarnya. Ceritakan kepada mereka keuntungan dari rumah Kamu dan jujurlah mengapa Kamu menjual rumah Kamu dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari NJOP.

5. Niatkan Bersamaan dengan Sedekah

Selain tawarkan harga dengan jujur, bersedekah  bisa membuka pintu penghidupan dan mempermudah segala hal. Kamu mungkin pernah mendengar banyak cerita tentang orang-orang yang menyumbang untuk amal dengan itikad baik dan tiba-tiba mendapat penghasilan. Rutinitas sehari-hari adalah melakukan amal ketika memiliki waktu luang atau ketika tidak memiliki cukup uang, dan kemudian berdoa ketika berencana untuk menjual rumah Kamu.

6. Mempererat Tali Silahturahmi

Source : Pixabay

Salah satu cara cepat menjual rumah menurut Islam adalah dengan mempererat silaturahmi. Dalam Islam, silaturahmi merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat memperluas rezeki. Oleh karena itu, mempererat persahabatan menjadi salah satu upaya yang bisa Kamu lakukan. Kunjungi kerabat, teman, dan kolega Kamu secara rutin dan beri tahu mereka bahwa Kamu berencana menjual rumah. Semakin banyak orang  mengetahui rencana Kamu untuk menjual rumah, semakin besar kemungkinan rumah Kamu akan terjual.

Itu dia 6 Tips dan Cara Cepat Jual Rumah Menurut Islam, semoga bisa bermanfaat ya, Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download