Pinhome

Lifestyle

Panduan Serta Doa Sholat Tahajud dan Dzikir

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 21 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Sholat tahajud menjadi salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan biasanya kita lakukan untuk memohon sesuatu agar lekas dikabulkan oleh Allah SWT. Nah, simak yuk doa sholat tahajud dan dzikir berikut ini!

Pinhome – Mungkin Pins pun sedang memiliki permohonan dan berniat ingin melakukan ibadah tahajud? Nah, ada doa sholat tahajud dan dzikir nih yang khusus kamu panjatkan.

Bacaan Doa Sholat Tahajud dan Artinya 

Sebagai sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, tak heran jika sholat sunnah ini juga diutamakan selain sholat dhuha. Nah, sholat tahajud adalah sholat yang dilakukan pada malam hari sehabis isya, terutama pada waktu sepertiga malam terakhir. Waktu inilah yang membuat ibadah tahajud terasa spesial. Di waktu itulah Allah SWT berjanji akan mengabulkan semua permohonan dari hamba-hamba-Nya. 

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Dzikir 

doa sholat tahajud dan dzikir
(Sahabat UKM)

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

 اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq. Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya : “Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar. Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Baca juga: Niat Sholat Tahajud dan Witir Ternyata Mudah Diingat Lho!

Apa Saja Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud?

doa sholat tahajud dan dzikir
(The Asian Parent)

Seperti kita tahu bahwa sholat tahajud merupakan sebuah amalan sunnah yang dikerjakan untuk memohon akan terwujudnya keinginan kita oleh Allah SWT. Namun, terlepas dari itu, sebenarnya apa keutamaan dari sholat ini? Apakah hanya untuk meminta keinginan agar cepat terkabul? 

Pada sebuah Surah, Allah berfirman bahwa: 

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (QS. Al-Isra:79)

Dari firman Allah di atas, kita bisa melihat bahwa esensi dari sholat tahajud adalah untuk memuliakan diri di mata Allah. 

Dia memerintahkan hamba-Nya untuk bertahajud sebagai penambah amalan ibadah dan Allah membalasnya dengan mengangkat derajat kita menuju tempat yang terpuji di mata Allah SWT. 

Hal ini juga serupa dengan sebuah sabda dari Rasulullah SAW, yaitu: 

“Waktu paling dekat antara Rabb dengan hamba-Nya adalah pada separuh malam terakhir. Karenanya jika kamu dapat menjadi salah satu orang yang mengingat Allah, maka lakukanlah.”  

(HR. Tirmidzi dan Nasa’i)

Nabi kita telah bersabda bahwa bertahajud ialah cara kita sebagai hamba-Nya untuk mengingat segala karunia dan rezeki yang Allah limpahkan. Dengan melakukan shalat tahajud, kita telah mengingat Allah.

Jadi, keutamaan dari sholat ini ialah sebagai wujud kita mengingat Allah SWT dan menjadi amalan peninggi derajat kita di hadapan-Nya. Lalu, bagaimana dengan janji Allah mengabulkan doa kita di malam tahajud? 

Baca Juga: Bacaan Doa Tidur Latin Lengkap Dengan Artinya

Tak perlu khawatir, karena Rasulullah telah bersabda bahwa: 

Artinya: “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim)

Dari hadits ini, kita tahu bahwa Allah telah berjanji akan memberikan permohonan yang hamba-Nya minta di waktu malam. Lalu, tepatnya pada malam kapankah Allah mengabulkan doa para hamba-Nya? 

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa : 

“Allah Ta’ala turun ke langit bumi pada setiap malam, yaitu saat sepertiga malam terakhir.” (HR. Muslim) 

Dari hadits di atas, kita mengetahui bahwa waktu malam yang dimaksud ialah pada sepertiga malam terakhir. Jika Pins masih bingung dengan waktu pastinya, sepertiga malam terakhir ada pada sekitar pukul 1.00 hingga 4.30 atau menuju subuh. Nah, Pins bisa melakukan sholat tahajud dan berdoa di waktu tersebut. 

Bagaimana Pins? Sudah tahu dan paham kan tentang doa bacaan doa shalat tahajud? Doa ini memiliki makna yang dalam sehingga alangkah baik jika kita bisa memanjatkannya kepada Allah SWT. Semoga doa shalat tahajud dan dzikir kita dikabulkan oleh-Nya. Aamiin.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel