BlogLifestyleTeknologi10 Apllikasi Kompres Video Dengan Fitur Terbaik
0
0

10 Apllikasi Kompres Video Dengan Fitur Terbaik

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
aplikasi kompres videotop-right-banner

Aplikasi kompres video memang dapat diandalkan untuk mengubah ukuran dari video yang terlalu besar atau melakukan pengeditan. Ukuran video yang terlalu besar biasanya akan menghabiskan terlalu banyak tempat penyimpanan di perangkat smartphone ataupun laptop. Pins bisa memanfaatkan aplikasi untuk memperkecil ukuran video agar dapat mengurangi penyimpanan.

Pins mungkin sering menemukan beberapa aplikasi edit yang ketika digunakan justru mengurangi kualitas videonya. Kamu bisa mencari aplikasi kompres video tanpa mengurangi kualitas gambar di dalamnya. Alhasil, video yang dikompres menggunakan aplikasi mengecilkan ukuran video akan tetap terlihat smooth dan berkualitas. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi pengecil ukuran video terbaik selengkapnya!

Baca juga: 

Aplikasi Kompres Video Terbaik

Pins sedang mencari aplikasi kompres video PC yang berkualitas namun gratis? Tenang saja, berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu andalkan!

OpenShot Video Editor

Source : Openshot.org

Sebenarnya OpenShot Video Editor tidak dibuat khusus untuk kompres video, melainkan editing. Namun, kamu bisa menggunakan software ini untuk mengurangi ukuran file video dengan cara menurunkan frame rate serta bit rate videonya. Beberapa fitur yang dimilikinya yaitu menambahkan layer video dengan jumlah yang tak terbatas, efek transisi video yang banyak, mengatur kecepatan video, serta mendukung berbagai format video, gambar, dan audio.

Shotcut

Source : Shotcut.org

Aplikasi kompres video terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengompres ukuran file selanjutnya adalah Shotcut. Sama seperti sebelumnya, untuk menurunkan ukuran file video, kamu harus mengurangi angka frame rate serta kualitas video. Opsi tersebut tersedia di menu Export. Fitur yang bisa Pins pergunakan diantaranya, fitur audio editing, efek video anti mainstream, fitur editing dengan kualitas permium, dan format file yang beragam.

Baca juga:

HandBrake

Source : How to Geek

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, Handbrake memang dikhususkan untuk aplikasi pengecil ukuran video. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengatur banyak pengaturan untuk mengurangi ukuran file video secara signifikan. Seperti melakukan pengeditan dengan menu yang mudah dan jelas, mendukung semua jenis format video termasuk MKV, proses transcode yang cepat, serta bisa digunakan pada semua sistem perangkat baik itu Windows, MacOS, bahkan Linux.

VLC Media Player

Source : EaseUS

Aplikasi untuk editing VLC Media Player tersedia hampir di semua patform desktop maupun mobile. Kamu bisa menemukan aplikasi ini di HP Android, iOS, Windows, laptop MacBook, dan Linux. Tak hanya berfungsi sebagai media player, VLC juga bisa dimanfaatkan untuk mengompres ukuran video dengan menu Convert atau Save. Aplikasi iini juga mendukung format video 4K dan 8K, memutar video hingga 360 derajat, adaptive streaming, hingga konversi ke berbagai format.

Ffmpeg

Source : Notificare

Aplikasi aplikasi untuk memperkecil ukuran video yang kelima adalah FFmpeg. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk 3 platform populer yaitu Windows, MacOs, dan Linux. Selain mengompres video, FFmpeg juga bisa dipakai untuk menggabungkan audio, memotong video, dan menjalankan tugas-tugas editing lainnya. Sangat mudah untuk digunakan, selain itu juga masih memiliki versi gratis dengan fitur terbaik.

Vidiot

Source : SourceForge

Vidiot merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk mengedit video. Aplikasi ini termasuk ke dalam jenis open source yang telah banyak digunakan oleh editor. Untuk mengurangi ukuran video, kamu harus mengurangi frame rate serta bit rate di aplikasi ini. Tenang saja Pins, aplikasi ini masih memiliki versi gratis dan juga pro dengan berbagai menu yang tersedia.

Baca juga:

QwinFF

Source : AlternativeTo

Aplikasi kompres video tanpa mengurangi kualitas yang selanjutnya bernama QWinFF. Menawarkan fitur utama konversi file video dengan format FLV, DV, MOV, AVI, dan MP4. Selain mengubah format file, QWinFF juga kerap dipakai untuk kompresi ukuran file video. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung pengeditan pada semua jenis file video.

Format Factory

Source : Softmany

Kalau kamu sering mengubah satu format file menjadi format lainnya? Tentu sudah tidak asing dengan Format Factory. Aplikasi ini bisa mengubah jenis file gambar, audio, video, dan masih banyak lagi. Selain itu, Format Factory juga bisa dipakai untuk mengompres video dengan sedikit editing. Caranya yaitu dengan mengurangi bit rate sera frame rate sama seperti aplikasi lainnya.

FFmpegYAG

Source : SourceForge

Salah satu aplikasi kompres video ini hanya tersedia di Linux serta Windows. Adapun format file video yang bisa dikompres menggunakan aplikasi ini antara lain MOV, MPEG, OGG. dan MP4. Untuk memperkecil ukuran video di aplikasi ini, kamu hanya perlu menurunkan bit rate saja Pins!

Baca juga: 15 Aplikasi Video Call Dengan Fitur Terbaik dan Gratis

Avidemux

Source : Softonic

Terakhir ada Avidemux Pins, yang bisa kamu gunakan untuk edit bahkan kompres ukuran video yang akan digunakan. Aplikasi ini bisa dipakai untuk platform Linux dan Windows. Kamu bisa mengatur detail ketika akan encode sebuah video. Jika dibandingkan aplikasi yang sudah disebutkan di atas, Avidemux termasuk yang paling lengkap fiturnya, mulai dari cut, split, filter, mengganti track audio, hingga menggabung 2 video sekaligus.

Itulah beberapa aplikasi kompres video yang bisa Pins andalkan untuk memperkecil ukuran dari klip yang diinginkan. Selain untuk mengkompres video, Pins juga bisa melakukan sedikit pengeditan pada hasil akhirnya menggunakan aplikasi di atas. Selamat mencoba!

Baca juga: 

Featured image source: AsiaPosts


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Semesta Sentraland Cengkareng dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download