BlogLifestyleGadget10 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows, Dijamin Aman!
0
0

10 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows, Dijamin Aman!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
laptop tidak bisa masuk windowstop-right-banner

Laptop tidak bisa masuk Windows secara tiba-tiba? Jangan panik Pins, kamu bisa melakukan cara mengatasi laptop tidak masuk Windows dengan mudah dan aman. Sebenarnya, terdapat beberapa penyebab dari laptop tidak masuk Windows seperti RAM laptop yang rusak, software laptop yang mengandung virus, dan lain sebagainya.

Penting buat kam merawat laptop karena manfaatnya yang sangat banyak. Bahkan kini kamu bisa melakukan transaksi titip jual sewa rumah di Pinhome lewat laptop. Bukan hanya itu, kamu bisa mencari rumah terbaik untuk hunian seperti Avoria Estate atau rumah baru lain di Bogor hanya dengan duduk di depan laptop.

Namun saat lapto ada kendala dan sebelum Pins membawanya ke tempat servis laptop, ada baiknya jika kamu melakukan beberapa pengecekan sendiri pada perangkat. Kamu bisa menemukan sedikit penyebab laptop tidak bisa masuk Windows dengan melakukan beberapa pengecekan. Berikut beberapa diantaranya!

Baca juga:

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Mengatasi laptop tidak masuk Windows tentu sangat mudah Pins, kamu bisa melakukan beberapa langkah dengan reset, cek RAM, dan lain sebagainya. Berikut langkah selengkapnya!

Hard Restart Laptop

Source : Top-Password

Pertama, Pins bisa mulai dengan cara yang paling mudah terlebih dahulu untuk mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows, yakni dengan melakukan hard restart laptop. Biasnya cara ini dipakai untuk mengatasi error dan hanya memunculkan layar blackscreen saja. Ketika hal ini terjadi, proses booting laptop tidak akan bisa dilakukan. Cara hard restart laptop adalah dengan menggunakan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Delete pada keyboard. Maka, jika laptop Asus tidak bisa masuk Windows kamu bisa menggunakan langkah ini.

Periksa RAM dan Hardisk

laptop tidak bisa masuk windows
Source : Medium

Hardisk dan RAM memang salah satu komponen penting pada laptop. RAM memiliki fungsi sebagai penyimpan data program dan aplikasi yang berjalan, dan harddisk memiliki fungsi menyimpan data secara permanen. Komponen ini memang jarang mengalami kerusakan atau masalah, namun sekalinya terdapat masalah pada komponen tersebut maka dampaknya akan berat, karena bisa menimbulkan masalah laptop tidak bisa masuk Windows. Berikut langkah mudahnya:

  • Pertama, silakan bongkar laptop yang bermasalah.
  • Setelah itu, silakan lepas RAM dari motherboard.
  • Silakan bersihkan kuningan RAM, menggunakan karet penghapus.
  • Selanjutnya kamu bisa cek kondisi fisiknya apakah ada kerusakan atau tidak, misalnya RAM retak atau bahkan patah.
  • Jika terdapat kerusakan fisik pada RAM, cobalah untuk menggunakan RAM lain untuk mengetes apakah laptop bisa nyala dan masuk ke Windows atau tidak. Bila laptop berhasil masuk ke sistem Windows, maka RAM tersebut perlu diganti.
  • Setelah melakukan langkah-langkah di atas, pastikan kalau kamu memasang kembali RAM dengan benar, ya.

Gunakan Safe Mode

laptop tidak bisa masuk windows
Source : TAXIFABRIC

Metode selanjutnya untuk mengatasi tidak bisa masuk Windows adalah dengan memanfaatkan fitur Safe ModeSafe Mode ini merupakan tool bawaan Windows yang bisa kita pakai untuk mengakses sistem Windows versi basic-nya. Di dalamnya hanya ada software atau driver laptop yang penting-penting saja. Safe Mode ini umumnya bisa kita buka meskipun laptop Windows dalam kondisi tidak bisa masuk ke sistem Windows secara normal. Untuk itu, silakan kamu coba menggunakan Safe Mode ini untuk melakukan berbagai upaya perbaikan dalam mengatasi masalah ini.

  • Pertama, silakan hidupkan laptop terlebih dahulu.
  • Setelah masuk ke layar BIOS, silakan tekan tombol F8 secara berulang-ulang.
  • Jika berhasil, maka nanti akan mendapati opsi Start up settings. Nah, pada bagian ini, silakan pilih Safe Mode.
  • Tunggulah sampai sistem masuk ke Windows basic.
  • Setelah berhasil masuk ke safe mode, hal yang pertama kamu lakukan adalah scanning virus melalui Windows Defender. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan virus yang menyebabkan laptop tidak bisa masuk ke Windows.
  • Caranya dengan masuk ke menu Windows Security > pilih Virus & Thread protection > klik Scan options > pilih metode scan Full scan > klik Scan now.
  • Tunggu proses deteksi virus selesai, setelah itu silakan kamu hapus virus yang muncul setelah scanning.

Restore Sistem Windows

laptop tidak bisa masuk windows
Source : Microsoft Support

Apabila kamu pernah membuat sistem restore point pada kondisi normal sebelumnya, maka kamu bisa mengatasi masalah Windows dengan cara mengakses restore point tersebut. Hal ini dilakukan agar kondisi sistem bisa dikembalikan ke dalam kurun waktu restore point dibuat. Berikut langkah mudahnya:

  • Pertama, silakan masuk ke safe mode dengan cara yang sama seperti sebelumnya, yakni dengan tombol F8.
  • Jika sudah masuk ke safe mode, silakan buka Command Prompt melalui kolom search Windows.
  • Atau bisa juga dengan menekan tombol kombinasi Windows + R kemudian ketik CMD lalu tekan Enter.
  • Setelah Command Prompt terbuka, silakan kamu masukkan kode perintah  %systemroot%system32restorerstrui.exe kemudian tekan Enter.
  • Jika sudah, akan muncul Windows System Restore. Pada bagian ini silakan kamu pilih Restore My Computer to an Earlier Time.
  • Selanjutnya, klik Next kemudian akan muncul kalender untuk cek kondisi ketika sistem sedang dalam kondisi normal.
  • Nah, selanjutnya kamu bisa langsung restore Windows ke tanggal yang tertera di sana.

Reset Windows

laptop tidak bisa masuk windows
Source : WIGATOS

Cara selanjutnya untuk mengatasi tidak bisa masuk Windows adalah dengan reset sistem operasi Windows. Reset ini akan mengembalikan kondisi Windows ke default-nya, sehingga bisa dipastikan jika kondisi tersebut sistem masih normal, dan tidak ada masalah laptop tidak bisa masuk ke Windows. Berikut langkahnya:

  • Pertama, hidupkan laptop atau PC terlebih dahulu.
  • Setelah masuk ke bootloader, silakan tekan berulang tombol F11 secara berulang untuk masuk ke Advance Start up Options.
  • Jika tidak bisa menggunakan F11, maka search terlebih dahulu tombol untuk mengakses Advance Start up Options sesuai merk laptop kamu.
  • Jika sudah berhasil, pada menu yang muncul, silakan pilih opsi Start up Settings.
  • Kemudian pilih menu Recovery Mode.
  • Pada bagian Choose an option, silakan kamu pilih menu Troubleshoot.
  • Setelah masuk ke troubleshooting, silakan pilih Reset This PC.
  • Selanjutnya, silakan pilih opsi reset.
  • Setelah itu, silakan ikuti petunjuknya sampai selesai.

Tekan Tombol Power Beberapa Saat

Source : iStockphoto

Ketika laptop kamu tidak bisa masuk ke Windows dan mungkin hanya muncul layar hitam atau black screen, bisa coba tekan tombol power pada laptop sekitar 5 sampai 10 detik. Jika laptop sudah benar-benar dalam keadaan mati, coba nyalakan kembali. Solusi ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Install Ulang Laptop

Source : McAfee

Pins bisa melakukan install ulang jika sistem Windows di laptop mengalami eror. Biasanya, keadaan ini terjadi karena terdapat system corrupt pada laptop yang Pins gunakan. Selain itu, langkah paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan melakukan instal ulang pada sistem operasi. Sebelum melakukannya, usahakan jika Pins sudah melakukan backup semua data yang terdapat di perangkat.

Baca juga: 

Scan Virus di Laptop

Source : Windows Central

Keadaan virus di laptop memang sering kali tidak disadari dan tiba-tiba saja membuat sistem perangkat menjadi eror. Sebaiknya, Pins melakukan pengecekan virus secara rutin di laptop agar selalu terkontrol keberadaannya. Jika Pins menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10 atau 11, bisa melakukannya melalui menu search kemudian pilih settings, dan cari quick scan untuk mendeteksi virus.

Cek Kondisi Layar Laptop

Source : Pigtou

Layar laptop yang blank dan tidak bisa masuk ke Windows bisa saja terjadi karena beberapa hal dan bukan disebabkan karena beberapa kerusakan di atas. Pins bisa jadi tidak sengaja menyebabkan layar tersebut rusak, seperti terkena air, terkena tekanan, dan lain sebagainya. Hal itu tentunya akan membuat layar tidak dapat menyala dan rusak.

Bawa ke Tempat Servis

Source : Uplotify

Membawa ke tempat servis merupakan solusi terakhir jika semua cara di atas tidak bisa mengatasi eror yang terjadi pada perangkat. Pins bisa mencari Autorhized Service Center sesuai dengan merk laptop yang Pins pergunakan. Jika tidak menemukannya, kamu bisa mencari tempat servis terdekat untuk mencari solusi.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop ketika tiba-tiba tidak bisa masuk Windows dan mengalami eror. Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan tidak mendapatkan perubahan, Pins bisa membawanya ke tempat servis terdekat. Selamat mencoba!

Baca juga: 10 Aplikasi Kompres Video Dengan Fitur Terbaik

Featured image source: Pemmzchannel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Ruko Modern Pangandaran dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download