7 Souvenir Dan Jajanan Oleh-oleh Khas Jambi Kekinian, Wajib Bawa

Dipublikasikan oleh Hermanto Wicaksana dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari βˆ™ September 20, 2022 βˆ™ 4 menit membaca

Jumanto.Com – Oleh-oleh Khas Jambi yang Mesti Kalian Bawa Sepulang dari Tanah Pilih Pesako Betuah. Salah satu aktivitas wajib saat liburan ke Jambi adalah mengunjungi pusat toko oleh-oleh khas Jambi yang terkenal baik itu punya artis ataupun makanan dan jajanan serta souvenir khas yang sudah ada dari dulu.

Banyak toko yang menjaual souvenir khas Jambi, jajanan khas Jambi, dan makanan khas Jambi yang bisa dibawa pulang.

Lalu, apa saja oleh oleh khas jambi yang bisa saya bawa dan di mana membelinya?

Alasan Kenapa Harus Bawa Oleh-oleh Sepulang dari Jambi

Jalan-jalan ke suatu tempat lalu pulangnya gak bawa oleh-oleh pasti rasanya garing banget ya. Apalagi kalau punya anak, keluarga, atau tetangga yang akrab sama kita, hmmm, rasanya gimana gitu kalau pulang dengan tangan kosong.

Oleh karena itu, kalau jalan-jalan ke suatu tempat, salah satu hal yang kita pengin tahu biasanya adalah oleh-oleh khas daerah tersebut, di samping tempat wisata serta tempat belanja atau mall πŸ˜€

Nah, kalau kalian lagi jalan-jalan di kota Jambi nih, lalu bingung mau nyari oleh-oleh khas Jambi, pada kesempatan kali ini saya mau kasih tahu oleh-oleh yang bisa kalian bawa dari Kota Jambi. Tapi beli ya, masa mau ngrampok hehehe.

Daftar Oleh-oleh Khas Jambi Yang Wajib Dibawa Pulang, Dari Souvenir Hingga Jajanan

Saat saya dateng ke Jambi, saya perhatikan, kuliner dan oleh-oleh khas Jambi tidak terlalu jauh berbeda dengan kota-kota lain di Sumatera, terutama dengan Palembang dan Lampung. Ketiga kota ini memiliki beberapa kemiripan dalam hal kuliner dan oleh-oleh khas.

Untuk urusan kuliner, ketiga kota ini (Jambi, Palembang, Lampung) sama-sama suka dengan pindang. Gak heran, banyak kuliner pindang yang dapat kita jumpai di ketiga kota ini.

Untuk urusan oleh2 khas Jambi, Lampung, dan Palembang, ketiganya juga agak mirip. Olahan durian, pempek, kerupuk, dan kopi juga masih mendominasi.

Berikut ini Oleh-oleh khas Jambi kekinian selengkpnya buat referensi kalian yang mau bawa oleh-oleh dari Kota Jambi:

1. Pempek, oleh-oleh khas Jambi yang banyak kita jumpai

oleh oleh khas jambi

Oleh2 khas Jambi yang pertama ada Pempek yang dapat dengan mudah kita dapatkan di Kota Jambi. Untuk pempek yang terkenal, ada Pempek Asiong, Pempek Nony 168, dan Pempek Selamat.

Kalau saya yang disuruh nyicip, semua pempek sih rasanya sama saja, baik pempek Palembang, Pempek Lampung, maupun pempek Jambi.

Tapi, katanya sih beda lho ketiga pempek ini, terutama cuka pempeknya. Cuka pempek Palembang katanya merusak gigi, sedangkan cuka pempek Jambi gak. Entahlah bener apa gak, buktikan sendiri aja ya hehehe.

Selain itu, pempek yang paling terkenal di Jambi ada Pempek Asiong. Baca: Pempek Asiong Jambi.

2. Kopi Bubuk Cap AAA

Oleh-oleh Khas Jambi selanjutnya ada kopi bubuk cap AAA yang biasanya dijual juga bersamaan dengan jualan pempek. Saat saya beli oleh-oleh Pempek Nony 168, ada juga kopi bubuk AAA Jambi yang dijual di sana.

Kemasan kopi bubuk Cap AAA Jambi ini berukuran kecil, seukuran bungkus rokok. Untuk urusan rasa, saya belum pernah nyicip, bukan pencinta kopi juga soalnya hehehe.

3. Lempok Durian, kue khas Jambi buat oleh-oleh

lempok durian jambi

Buat kalian pencinta durian, bisa juga nih bawa oleh-oleh khas Jambi dengan bahan dasar durian, yaitu Lempok Durian Jambi.

Oleh2 khas kota Jambi ini bisa kalian dapatkan bareng saat beli pempek dan kopi bubuk cap AAA.

4. Tempoyak Durian Jambi

Selain Lempok Durian, kalian juga bisa mencoba olahan lainnya dari bahan durian, yaitu Tempoyak. Sampai-sampai ada tempat oleh-oleh di Jambi yang menggunakan nama \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Temphoyac\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” πŸ˜€

Mirip banget sama Lampung nih. Di Lampung juga banyak dijual tempoyak mengingat Lampung merupakan salah satu kota penghasil durian.

5. Kerupuk kemplang khas Jambi dan kerupuk lainnya

Di pusat oleh-oleh Jambi juga kita bisa membeli kerupuk kemplang serta kerupuk lainnya yang merupakan khas dari Jambi seperti kembang goyang, rengginang, kerupuk kulit ikan, dan abon patin. Agak mirip-mirip dengan Palembang memang.

6. Batik Jambi, souvenir khas yang harus dibeli

Untuk souvenir khas Jambi, kalian bisa membeli Batik Jambi dengan berbagai pilihan harga. Batik Jambi ini cocok buat dijadikan oleh-oleh khas Jambi untuk kalian hadiahkan kepada orang lain.

Biar kelihatan pernah ke Jambi, bisa juga beli souvenir kaos khas Jambi yang ada tulisan Jambinya, jadi kan ketahuan nih pas kalian make kaos ini, orang akan tahu kalau kalian pernah main ke Jambi dari kaos yang kalian pakai hehehe.

Batik Jambi dapat kalian temukan dengan mudah di toko-toko pinggiran jalan, terutama di daerah Simpang Pulai – Kebon Jeruk.

Untuk kaos, bisa beli di Jembatan Gentala Arasy.

Baca juga: Jembatan Gentala Arasy Jambi, Sang Ikonik yang Mesti Kalian Kunjungi

7. Dodol Nanas

Dodol nanas juga bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh kalian dari Jambi, terutama kalau lagi berkunjung ke Muaro Jambi. Jambi memang banyak menghasilkan buah nanas yang kemudian dijadikan juga sebagai oleh-oleh khas Jambi.

Nah, itulah 7 Oleh-oleh Khas Jambi yang bisa kalian coba saat jalan-jalan ke Jambi. Jangan lupa kirim ke saya juga ya hehehe. Baca juga: Wisata Jambi Paradise Yang Cantik.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia