Saat ini properti masih menjadi investasi yang paling diminati, tidak hanya untuk digunakan secara pribadi, namun kamu juga bisa menyewakannya untuk menambah pemasukan juga lho. Investasi properti harus dilakukan dengan hati-hati, karena ada beberapa penting yang harus dicermati Pins.

Properti dikategorikan dalam jenis investasi yang baik karena memiliki resiko yang kecil dengan keuntungan yang besar. Tapi bukan berarti tidak memiliki resiko ya, jika kamu salah melakukan investasi maka kamu juga akan merugi. Untuk menghindari hal tersebut kamu perlu memperhatikan beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam membeli properti:

1. Harga

Sebelum membeli properti, sebagai investor sebaiknya kamu lakukan survei terlebih dahulu, dengan membandingkan harga yang nilainya wajar dengan nilai pasar. Tidak jarang vendor atau pemilik properti terbuka menawarkan harga penjualan. Karena itu sebagai pembeli, kamu harus bisa menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik, terutama jika pembelian dilakukan secara tunai. Karena investasi yang kamu pilih akan mempengaruhi keuntungan jangka pendek dan jangka panjang yang akan kamu dapatkan.

2. Penyewaan

Lakukan penelitian melalui portal properti atau agen properti terkait berapa nilai harga sewa di pasaran dan berapa lama jangka waktu investasi akan balik modal. Perhitungkanlah jumlah biaya seperti biaya pengurusan sertifikat, keamanan, pemeliharaan properti dan biaya lain-lain harus dianggarkan sebelum menghitung harga sewa properti.

3. Lokasi

Lokasi merupakan aspek penting dalam berinvestasi properti, jadi pastikan untuk melakukan survei dan menelusuri lokasi yang banyak diminati.

4. Permintaan

Kebutuhan para penyewa menjadi kunci untuk setiap investasi yang sukses. Investor harus jeli saat melakukan survei apabila properti akan disewakan. Pastikan bahwa kamu bisa mengidentifikasi tipe penyewa saat mereka mencari properti sesuai dengan yang diminati.

Pentingnya bagi kamu mengetahui selera yang diinginkan para calon penyewa yang menjadi target pasar.

Baca juga: Cara Menabung untuk Beli Rumah Impian yang Mudah

5. Persaingan

Dalam berbisnis, pasti ada persaingan, maka dari itu himpunlah  informasi sebanyak mungkin agar tidak tertinggal dengan pesaing lainnya. Selain itu, pastikan jenis properti yang kamu  tawarkan tidak banyak di pasaran, sehingga kamu lebih unggul dalam menciptakan jumlah permintaan sesuai properti yang kamu miliki.

6. Tujuan

Tujuan merupakan faktor kunci sebagai pertimbangan investor. Sejauh mana tujuan jangka panjang kamu dalam melakukan bisnis dapat menentukan properti seperti apa yang kamu akan beli, sehingga sangat penting untuk mencapai tujuan akhir bahkan pada awal perjalanan saat kamu berinvestasi.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome - PINtar jual beli sewa properti.