Memilih warna cat tembok yang pas untuk rumah kita bisa terbilang tricky, Pins. Ada berbagai macam pertimbangan yang membuat suatu warna menjadi cocok untuk berbagai ruangan di rumah kita. Berikut beberapa tips dan cara agar kita bisa memilih warna cat tembok yang sesuai dengan kepribadian kita sebagai pemilik rumah.


“Sepertinya tadi pas lihat di katalog bagus, tapi pas dicat ke dinding rumah aku, kok jadi enggak cocok begini ya?”


Tak dipungkiri, kejadian kesalahan memilih cat tembok untuk rumah sangat sering terjadi, Pins. Penyebabnya adalah pencahayaan, karakter dari Pins sebagai pemilik rumah dan tentunya teknik fotografi. Padahal memilih warna cat tembok yang pas itu sangat penting karena berhubungan dengan mood tamu yang berkunjung, pesan yang dikesankan dan suasana hati penghuni rumah.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan perpaduan warna yang pas:

1. Jangan Langsung Memilih Warna Cat

Untuk menciptakan keselarasan pada seisi rumah, pastikan furnitur apa saja yang ada dalam suatu ruangan. Warna dan desain dari furnitur dan dekorasi yang ada dalam suatu ruangan menjadi penentu paling penting saat Pins ingin mendapatkan warna cat tembok yang pas. Dalam hal ini, warna untuk cat tembok menjadi penyatu harmoni dalam ruangan-ruangan di rumah Pins.

2. Mencari Inspirasi

Pinterest bisa menjadi salah satu sumber inspirasi yang cocok dalam menentukan warna cat tembok di rumah, Pins. Agar lebih terorganisir, siapkanlah papan board untuk setiap ruangan dan mulai menata beberapa look inspiration yang menarik perhatian Pins. Setelah beberapa look terkumpul, Pins akan menyadari gaya dan warna seperti apa yang diinginkan untuk setiap ruangan.

Perlu diingat, warna favorit belum tentu selalu bisa diterapkan dalam warna cat rumah ya. Misalkan saja, Pins menyukai warna abu-abu. Tapi, warna abu-abu akan terasa dingin dan sedikit mencekam jika diterapkan di ruang makan, ruang tamu atau ruang bermain anak. Jika di ruangan sebelumnya terdapat furnitur dan dekorasi dengan warna-warna hangat, maka sebaiknya pilihlah warna yang juga terasa hangat, karena fungsi cat tembok sendiri adalah membuat ruangan terasa lebih hidup bukan?

3. Utamakan Kesan Natural

Warna menjadi pemersatu dan penghidup ruangan, hal ini sudah tidak bisa terelakkan lagi. Tapi, saat Pins ingin menentukan warna cat pada suatu ruangan, ada baiknya untuk menentukan hal apa yang ingin ditonjolkan ketika ingin memasuki suatu ruangan. Kalau Pins memang ingin menonjolkan tembok, silahkan mengecatnya dengan warna “berani”. Hal ini tidak akan terasa aneh dan natural jika saat melihat ke dalam ruangan, baik furnitur, dekorasi dan warna catnya terkombinasi dengan baik dan seimbang, Pins. Tidak ada kesan furnitur dan dekorasi yang berbalap-balapan padahal seisi ruangan sudah penuh dan “ribut”. Jadi tak masalah warna lembut atau warna berani yang ingin Pins terapkan pada suatu ruangan, yang terpenting adalah hal yang ingin Pins tonjolkan.

4. Manfaatkan Tester

Belilah beberapa tester dari warna yang Pins suka dan kemudian cat di dinding. Pastikan luas dari ukuran mengecatnya cukup luas ya sehingga Pins bisa melihat dampak pencahayaan dalam ruangan dari berbagai waktu yang berbeda. Sebisa mungkin, jauhkan pengecatan tester ini pada dinding warna putih ya, Pins. Hal ini justru akan membuat warna -warna cat terlihat kurang berkarakter.

Pembelian tester ini memang menyita sepersekian persen dari budget Pins, tapi hal ini akan lebih baik dan worth trying sebelum Pins membeli cat dalam jumlah besar. Kalau ternyata tidak cocok gimana? Rasa sakitnya tuh di sini, Pins.

Baca juga: Kumpulan Trend Warna Cat 2020

5. Buatlah “Dinding Percobaan”

Agar Pins merasa lebih yakin, Pins bisa menyandingkan percobaan warna cat tester dari poin sebelumnya dengan beberapa furnitur dan dekorasi yang diinginkan dalam satu ruangan. Tidak perlu seluruhnya, hanya satu atau dua saja sudah cukup, yang terpenting Pins bisa melakukan perbandingan dan mendapatkan gambaran yang pas untuk ruangan tersebut.

6. Kombinasi Warna Paling Gelap Bukan Tabu

Pins seringkali merasa suatu warna cat “Terlalu Pink”, “Terlalu Biru” atau “Terlalu Kuning”? Hal yang bisa mengatasi masalah ini adalah menggunakan tone paling gelap dari setiap warna. Memilih tone paling gelap dari berbagai warna akan menyelamatkan Pins dari kesalahan memilih cat yang terkadang tak sesuai dengan keinginan ketika diaplikasikan ke dinding.

7. Jangan Ragu Berikan Tema Pada Ruangan

Bukan berarti Pins harus mengecat seluruh ruangan di rumah dengan warna cat yang sama. Hanya saja, akan terasa sangat indah dan berkesan jika setiap satu ruangan dan ruangan lainnya terasa berkesinambungan. Kalau Pins ragu hal ini akan berhasil atau tidak, bisa coba mengecat satu dinding di rumah dengan gradasi warna yang pas dan Pins senangi, dari mulai terang kemudian ke tone yang paling gelap.

Cara pemberian warna gradasi pada ruangan-ruangan di dalam rumah ini sendiri sangat berguna jika Pins ingin menarik perhatian dan kesan ramah kepada rumah Pins. Meski biasanya, pewarnaan ruang tamu lebih ke arah natural dan banyak memakai bahan dan aksesoris untuk meningkatkan kesan wah. Kemudian kamar tidur yang lebih mengedepankan kesan hangat dan tenang hingga kamar anak yang terkesan ceria.


Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Pins pertimbangkan jika ingin mendapatkan warna yang pas untuk rumahmu. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah, kita harus membedakan cat yang bisa digunakan untuk interior dan juga eksterior.

Contohnya saja, untuk cat eksterior, cat harus bisa melindungi tembok dari cuaca panas, hujan ataupun jamur. Karenanya, tipe cat weathercoat adalah yang terbaik karena memiliki formula khusus dan ampuh untuk melindungi tembok rumah. Hindari cat tembok yang mengandung merkuri atau timah hitam karena bisa mengganggu kesehatan penghuni rumah.

Harga cat tembok untuk eksterior sendiri sangat beragam, ada yang mulai dari Rp 68.000 hingga Rp 1.500.000. Untuk harga cat Dulux per 2.5 kg adalah Rp 195.000 sedangkan harga cat Mowilex per 2.5 kg adalah Rp 164.000. Di sisi lain, harga cat tembok 5 kg untuk brand Catylac adalah Rp 78.000

Sedangkan untuk cat interior, Pins perlu lebih teliti memilih merek cat yang pas karena pada kenyataannya, banyak produk cat interior yang mengandung zat-zat kimia berbahaya untuk kesehatan. Pilihlah kadar Volatile Organic Compound  (VOC) yang berarti kandungan senyawa organik rendah. Tanda-tanda cat kadar VOC tinggi adalah bau yang lumayan menyengat walau cat sudah lama kering. Selain itu, pilihlah cat dengan hasil finishing yang halus seperti tipe pentalite, emulsion atau easy coat ataupun cat yang mudah dibersihkan seperti Vinyl Silk ataupun Peral Glo. Harga cat interior sendiri berkisar di harga Rp 80.000 hingga Rp 1.000.000. Harga cat tembok 5 kg untuk merek Avitex dibandrol Rp 80.000, Catylac dengan harga Rp 98.000 sedangkan Vinilex di harga Rp 79.000.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome - PINtar jual beli sewa properti.