Kamus Istilah Properti

Window Dressing

istilah properti

Window Dressing

Window dressing merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan strategi perusahaan dalam memoles portofolionya menjelang tutup buku yakni di akhir tahun atau kuartal terakhir. 

Cara Kerja

(Pexels)

Strategi ini sering digunakan oleh manajer portofolio dan reksadana. Umumnya perusahaan akan memoles laporan keuangan guna meningkatkan penampilan kinerja korporasi kepada investor.

Dalam ranah saham, strategi ini umum diterapkan oleh manajer investasi. Umumnya dilakukan tindakan berupa penundaan pembayaran kewajiban maupun mencari cara agar pendapatan dapat diterima lebih cepat dari semestinya.

Umumnya laporan portofolio dari manajer investasi akan diberikan kepada klien secara kuartalan. Klien mengecek laporan ini untuk melihat imbal hasil dari investasi yang dilakukannya.

Apabila laporan tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan maka akan dilakukan window dressing. Dengan cara menjual saham dan dilaporkan mencetak kerugian lebih besar.

Tujuannya untuk mengganti saham yang diperkirakan memberikan imbal hasil lebih besar dalam jangka pendek sebelumnya. Tindakan ini sekaligus memperbaiki kinerja seluruh portofolio manajer investasi tersebut.

Bentuk dari strategi ini lainnya adalah memasukan variasi saham yang sebenarnya tak sesuai dengan profil portofolio. Prinsip dalam membeli saham dengan strategi ini diantaranya adalah :

  1. Saham uptrend yang menghasilkan keuntungan lebih cepat
  2. Diversifikasi modal sehingga mengurangi resiko kerugian yang lebih besar. Kerugian dari satu portofolio dapat ditutup dengan laba dari portofolio lainnya
  3. Untuk menjamin likuiditas maka investor akan membeli saham dengan fundamental yang baik
  4. Valuasi harga saham meliputi overvalued  atau undervalued
  5. Prospek suatu perusahaan yang sahamnya hendak dibeli memiliki potensi tubuh maupun mature

Contoh Manipulasi

(Shutterstock)

Dalam praktiknya perusahaan sering menggunakan trik akuntansi. Contoh manipulasinya adalah sebagai berikut :

  • Menunda pembayaran tagihan sehingga terlihat pengeluaran lebih kecil dibandingkan pendapatan. Tagihan ini dapat dikeluarkan dalam periode selanjutnya
  • Menawarkan diskon awal pada konsumen sehingga dengan cepat menghimpun pendapatan lebih awal. Dana dari pendapatan ini bisa menampilkan besaran aset yang dimiliki
  • Menunda pembagian keuntungan sehingga nilai saldo akhir lebih tinggi dari seharusnya. Hal ini juga bisa menjadi gambaran besaran laba yang ditahan oleh perusahaan tersebut. Semakin besar laba tentu menarik minat investor
  • Melampirkan jumlah utang tak tertagih yang rendah sementara piutang lebih besar. Ini artinya perusahaan lebih banyak memiliki aset dan sumber dana utama tidak tergantung pada hutang
  • Penyusutan aset dipercepat memakai metode garis lurus. Metode garis lurus dapat menghasilkan jumlah penyusutan yang lebih rendah bahkan bisa dikonversi pada tengah bulan guna menunda pencatatan pengeluaran
  • Mengobral aset tetap yang kini mengalami penyusutan nilai besar-besaran. Dampaknya nilai bersih aset yang tersisa menunjukkan kluster aset baru padahal kenyataannya aset lama

Menurut Iwan Meir dan Ernst Schaumburg dari Northwestern University menyatakan karakteristik tertentu pada dana akan memberikan sinyal bahwa yang terlibat dari praktek ini adalah manajer.

Dampak Bagi Investor

(Pexels)

Dampak dari strategi ini adalah harga saham akan menguat dan mencerminkan posisi IHSG yang uptrend. Rata-rata harga saham akan naik menjelang akhir tahun. 

Walaupun mempengaruhi harga saham namun investor tetap tidak boleh asal beli saham. Di sisi lain investor memiliki alasan bagus untuk memantau laporan saham secara cermat.

Hal ini karena yang tercatat bisa saja tidak menampilkan nominal sebenarnya karena adanya strategi pengaturan dana. Investor tetap diminta untuk melakukan trend, resistance pada chart hingga support.

Walaupun kelihatannya manipulatif namun strategi ini sendiri tidak melanggar hukum. Melalui window dressing, investor terdorong membeli sebuah saham karena harga saham yang tinggi dan menampilkan portofolio yang baik.

Tips Ambil Untung

Jika ingin membeli saham ketika window dressing, ada beberapa tips yang bisa diikuti seperti berikut ini :

  1. Tetap cermati tren harga karena yang mudah menghasilkan keuntungan akan cenderung uptrend
  2. Lakukan diversifikasi sehingga mencegah kerugian lebih besar. Likuiditas menjadi poin selanjutnya untuk diperhatikan
  3. Perhatikan pula rekam jejak perusahaan

Sementara tips lainnya untuk menghasilkan cuan saat membeli saham di akhir tahun khususnya bagi pemula diantaranya adalah :

Pahami Fundamental dan Teknikal Saham

Dalam bermain saham tidak boleh gambling. Pada dasarnya sudah ada analisis fundamental dan teknikal saham yang bisa diandalkan. Analisis teknikal adalah memantau pergerakan saham dalam periode tertentu.

Teknik ini juga mencari informasi terkait nilai terendah maupun tertinggi saham. Sedangkan analisis fundamental dengan mengumpulkan informasi dari laporan keuangan perusahaan. 

Bandingkan dari tahun-tahun sebelumnya agar dapat diketahui apakah perusahaan tersebut benar-benar memiliki kinerja baik atau tidak.

Teliti Membaca Laporan Keuangan

Laporan keuangan pada saat window dressing bisa saja tidak menampilkan gambaran keuangan perusahaan sesungguhnya. Untuk mengetahui gambaran asli kondisi perusahaan dapat melihat pembayaran pajaknya.

Menurut Perpu pajak penghasilan (PPh) badan dalam negeri ialah sebesar 20 % untuk tahun pajak 2022.

Alokasikan Dana

Jika sudah memahami bagaimana fenomena strategi ini sering dilakukan maka investor harus lebih berhati-hati. Pastikan kondisi keuangan sehat saat melakukan investasi.

Terus pantau laporan kinerja dan keuangan untuk melihat prospek perusahaan yang ingin diinvestasikan. Jangan ambil keputusan gegabah dan pertimbangkan baik-baik langkah investasi.

Window dressing adalah strategi untuk memoles performa kinerja perusahaan agar terlihat lebih produktif dan baik. Cara inipun legal dilakukan dan tidak melanggar hukum.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.