Kamus Istilah Properti

Invoice

istilah properti

Invoice

Invoice adalah faktur atau dokumen yang berisi transaksi penjualan barang atau jasa dari penjual dan pembeli.

Apa itu invoice?

(Jaya Mix)

Dalam transaksi jual beli barang atau jasa, terdapat beberapa dokumen yang punya istilah khusus. Salah satu dokumen yang dimaksud adalah invoice.

Invoice adalah faktur atau dokumen yang berisi transaksi penjualan barang atau jasa dari penjual dan pembeli. Melansir dari Investopedia, invoice adalah dokumen komersial yang di dalamnya mencantumkan rincian-rincian seperti waktu dan catatan transaksi antara penjual dan pembeli.

Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, kata invoice akan berubah menjadi invois. Dalam KBBI, invois berarti daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan nama, jumlah, dan harga yang harus dibayar oleh pembeli. KBBI juga menyamakan dan menyetarakan dokumen ini dengan faktur.

Di dalam dokumen ini, umumnya akan tertulis jenis barang atau jasa yang harus dibayar, nominal yang harus dibayar, jumlah barang atau jasa, nomor invois, pajak, dan ketentuan tambahan. Invois merupakan dokumen yang dicetak oleh pihak penjual barang atau jasa setelah barang atau jasa yang dipesan sudah dikirimkan.

Isi di dalam invoice

(Jurnal.id)

Lembaran dokumen ini tidak seperti nota atau bukti pembayaran yang sering kali kita terima pada umumnya. Isi atau komponen di dalam setiap lembarnya lebih kompleks. Adanya isi atau komponen yang lebih rinci dibanding dengan nota tersebut sesuai dengan kegunaan utama dari invois yakni sebagai bukti laporan keuangan perusahaan.

Ada beberapa komponen atau isi yang umumnya ada dalam setiap jenis invoice. Komponen atau isi yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

  • Tanggal penerbitan invois.
  • Nomor invois.
  • Nama dan alamat dari pihak penjual dan pembeli.
  • Detail jasa atau barang yang menjadi objek transaksi. Poin-poin yang termasuk dalam kategori ini antara lain jumlah, harga satuan, dan total harga yang harus dibayarkan.
  • Diskon.
  • Pajak.
  • Tanggal jatuh tempo pembayaran.
  • Sistem pembayaran yang dipilih untuk pelunasan.
  • Syarat dan ketentuan pembayaran (jika ada).

Fungsi invoice

(Unsplash)

Utamanya, invoice atau invois merupakan dokumen yang digunakan untuk penagihan. Dokumen ini dikeluarkan oleh pihak penjual dan dikirimkan kepada pemesan atau pembeli. Dokumen ini biasanya dicetak beberapa rangkap. Hal ini berkaitan dengan fungsi lain dari dokumen ini yang antara lain sebagai berikut:

  • Dokumen yang membuktikan transparansi keuangan dan distribusi barang atau jasa yang dipesan.
  • Acuan yang valid untuk transaksi yang dilakukan oleh pihak penjual dan pembeli.
  • Dokumen yang digunakan sebagai validasi pembukuan.
  • Sebagai dokumen pencatatan hasil produksi yang dilakukan oleh perusahaan.
  • Bukti untuk keluar atau masuknya barang atau jasa dari masing-masing pihak.

Jenis-jenis invoice

(Unsplash)

Dalam sebuah transaksi barang atau jasa, dikenal setidaknya 3 jenis invois. Jenis-jenis yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

Invois biasa

Jenis ini merupakan dokumen yang umum digunakan untuk berbagai macam transaksi. Isinya hanya memuat informasi penjualan barang atau jasa pada umumnya.

Konsuler

Invois konsuler adalah faktur yang digunakan dalam transaksi perdagangan internasional. Biasanya, dokumen ini digunakan sebagai pelengkap transaksi ekspor atau impor. Karena terkait dengan negara yang berbeda, maka dokumen ini harus disahkan melalui izin negara tujuan pengiriman.

Proforma

Dokumen ini merupakan faktur sementara yang dibuat oleh pihak penjual untuk pihak pembeli. Invois ini akan diberikan sebelum pihak penjual mengirim barang atau jasa yang dipesan oleh pelanggan.

Invois proforma bisa juga dijadikan sebagai faktur pengganti ketika barang atau jasa dikirimkan secara bertahap. Faktur ini akan menjadi pengingat agar pembeli mempunyai kewajiban untuk melunasi barang atau jasa yang sudah dikirimkan.

Invoice dalam ranah properti

(Unsplash)

Dokumen ini akan cukup sering ditemui di ranah bisnis. Misalkan, ketika melakukan pemesanan atau transaksi tertentu di lini bisnis yang terkait dengan ranah properti, kita akan menemui dokumen invois ini. Beberapa contoh invois dalam ranah properti antara lain sebagai berikut.

Tagihan proyek

Dokumen invois bisa digunakan untuk penagihan proyek pembangunan rumah. Jika kamu memesan rumah melalui perusahaan tertentu, ada kemungkinan kamu akan mendapatkan surat tagihan yang berupa invois.

Invois ini dikirimkan pada pembeli atau pemesan ketika pihak penjual jasa membutuhkan uang DP. Ketika waktunya pelunasan, invois jenis ini juga dapat dikirimkan sebagai tagihan pembayaran.

Jasa konsultasi

Ketika membangun sebuah konstruksi yang cukup sulit, ada kemungkinan kita akan berinteraksi dengan konsultan perencanaan konstruksi. Lembaga konsultasi semacam ini juga bisa mengeluarkan invois para pengguna jasanya. Biasanya, faktur akan berupa deskripsi jasa, waktu pengerjaan, dan harga yang harus dibayarkan.

Invois penjualan

Untuk pengerjaan konstruksi, pengisian interior, atau untuk keperluan properti yang serupa, kita tentu membutuhkan barang-barang tertentu. Untuk mendapatkan barang yang kita butuhkan, acap kali kita membelinya dari toko, perusahaan, atau pabrik tertentu.

Beberapa lembaga usaha tersebut ada yang mengeluarkan invois untuk menagih barang-barang yang menjadi pesanan dari pelanggannya. Dokumen ini kerap kali disebut dengan invois penjualan yang pengirimannya sering kali bersamaan dengan pengiriman barang.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.