Kamus Istilah Properti

Cat Duco

istilah properti

Cat Duco

Cat duco adalah cat yang terbuat dari bahan nitrocellulose (NC). Cat ini dikenal memiliki warna yang solid sebagai finishing.

Apa itu cat duco?

(Painterdoug)

Cat duco adalah cat yang terbuat dari bahan nitrocellulose (NC). Cat ini dikenal memiliki warna yang solid sebagai finishing berbagai jenis benda.

Sebenarnya, duco merupakan merek dagang dari produk pernis otomotif yang dikembangkan oleh perusahaan bernama DuPont di tahun 1920. Duco menjadi produk pertama di dunia yang dibuat khusus untuk industri otomotif agar penerapan warna lebih cepat kering. Bahan nitrocellulose yang digunakan merupakan kunci rahasia dari mudah keringnya produk tersebut.

Saat ini, cat duco tidak hanya untuk keperluan industri otomotif saja. Cat ini juga digunakan dalam skala rumah tangga, misalnya untuk mengecat perabot atau objek-objek tertentu.

Untuk perabotan, biasanya cat ini diaplikasikan pada meja, lemari, kursi, atau barang-barang sejenisnya. Sedangkan untuk benda yang menjadi elemen-elemen konstruksi, cat duco bisa dipakai untuk bingkai jendela, pintu sampai dinding. Pada dasarnya objek yang cocok untuk diaplikasikan cat ini adalah benda-benda yang terbuat dari bahan kayu, besi, bambu, sampai rotan-rotanan.

Dalam pengaplikasiannya, cat ini biasanya diimplementasikan dengan cara disemprot atau spray. Maka dari itu, kita perlu menggunakan kompresor sebagai alat bantu untuk penyemprotan cat ini.

Kita bisa mendapatkan hasil warna yang tidak standar (di luar warna yang dikeluarkan pabrikan) ketika menggunakan cat ini. Hal yang perlu kita lakukan adalah mencampurkannya dengan beberapa cat yang memiliki warna berbeda.

Misalnya, kita bisa menggabungkan warna kuning dengan putih agar mendapatkan warna kuning yang lebih muda. Jadi, kita bisa menyesuaikan warna sesuai dengan kreasi dan selera kita. Ketika mencampur dan dihadapkan dengan objek pengaplikasian yang cukup banyak, maka kita perlu mencatat takaran pencampuran warna tersebut.

Cara pengaplikasian

(Zahra Furnitur Jepara)

Jika kamu ingin menerapkan cat duco secara mandiri, maka kamu perlu mempersiapkan mesin kompresor sebagai medium untuk penyemprotan. Atur tekanannya angin yang keluar sesuai dengan kebutuhan. Umumnya, tekanan angin yang digunakan berada di tengah-tengah antara tekanan kuat dan tekanan lemah.

Untuk jarak pengaplikasian, umumnya cat duco akan optimal diaplikasikan dengan jarak 30 centimeter dari permukaan objek. Agar hasil dapat merata, alat semprot harus digerakkan lurus, tidak naik turun, dan gerak tangan harus disesuaikan dengan kekuatan dari tekanan angin.

Setelah cat warna sudah diaplikasikan, kamu dapat memilih apakah ingin mendapatkan hasil yang mengkilap atau berwarna doff. Jika ingin hasil mengkilap maka lakukanlah finishing dengan menggunakan cat finishing coating glossy. Sebaliknya, jika hasil doff yang diharapkan, maka aplikasikan cat finishing coating doff.

Cat duco water based dan solvent based

(Pengadaan)

Umumnya, cat duco yang akan ditemui di pasaran merupakan barang yang terbuat dari zat nitrocellulose (NC). Zat tersebut merupakan zat yang lazim digunakan pada cat mobil atau cat mesin untuk industri.

Cat duco berbahan NC sering disebut dengan sebutan solvent based. Hal ini dikarenakan cat tersebut membutuhkan minyak atau thinner sebagai campurannya.

Akan tetapi, sekarang ini kamu sudah bisa menemukan beberapa produk cat duco water based di pasaran. Jadi cat tersebut tidak membutuhkan thinner sebagai campuran, melainkan air.

Cat tersebut tidak berbau menyengat, lebih ramah lingkungan, dan punya efek lebih kecil untuk kesehatan ketika terhirup dibandingkan dengan cat solvent based. Soal hasil, cat duco water based tidak kalah menarik dengan produk yang harus dicampur dengan thinner.

Kelebihan dan kekurangan cat duco

(YouTube)

Kelebihan

Pada sub bab ini kami akan membagikan beberapa poin-poin yang menjadi kelebihan dari cat duco dibanding dengan cat jenis lain. Kelebihan-kelebihan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Hasilnya awet dan tahan lama.
  • Cat ini mudah dan cepat untuk kering (terutama untuk jenis solvent based).
  • Punya hasil yang memanjakan mata sehingga dapat menambah daya tarik dari ruangan.
  • Permukaannya lebih mudah untuk dibersihkan ketika terkena kotoran.
  • Cat ini tidak menyerap air, jadi dapat menjadi lapisan terluar untuk melindungi material asli perabot.
  • Permukaan objek pengaplikasian tidak akan mudah untuk kotor jika terkena noda.

Kekurangan

Setelah mengetahui kelebihan, ada baiknya kita mengetahui kekurangan dari pengaplikasian cat ini pada objek yang kita inginkan. Kekurangan-kekurangan tersebut akan kami sampaikan melalui poin-poin di bawah ini:

  • Sesudah diaplikasikan, cat ini cenderung akan mengelupas apabila sering terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Jika pengaplikasiannya tidak sempurna, maka hasil yang tidak sesuai dengan harapan tersebut akan terekspos.
  • Karena menggunakan kompresor dalam pengaplikasiannya, kemungkinan besar kita membutuhkan bantuan profesional untuk mengaplikasikan cat ini.
  • Harganya cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis-jenis cat lain.
  • Cat duco khususnya yang solvent based dapat berbahaya untuk kesehatan. Jika terkena kulit secara langsung bisa menimbulkan iritasi berupa gatal-gatal untuk kulit yang sensitif. Sementara itu, aromanya dapat menimbulkan pusing hingga memicu kanker.

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.