Kamus Istilah Properti

Roller Blind

istilah properti

Roller Blind

Roller blind adalah satu set kain atau plastik beserta casing-nya. Biasanya, benda ini dipasang di jendela atau kaca pintu sebagai tirai.

Apa itu roller blind?

(Unsplash)

Roller blind adalah satu set kain atau plastik beserta casing-nya. Biasanya, benda ini dipasang di jendela atau kaca pintu sebagai tirai.

Untuk membuatnya berfungsi, kita dapat menarik tali (bisa juga berupa kabel atau rantai) yang terangkai pada bagian casing-nya. Ketika ditarik, benda ini akan berubah posisi menjadi terbuka maupun tertutup.

Beberapa produk roller blind juga ada yang sudah dibuat otomatis. Jadi, untuk membuatnya berfungsi, kita tinggal menekan tombol dari remotenya yang masuk dalam satu paket pembelian. Dengan begitu, kita bisa menutup atau membuka tirai dari jarak jauh.

Benda ini dapat juga difungsikan semacam kerai, namun dalam tampilan yang lebih modern. Selain itu, kita juga dapat menemukan banyak variasi model, warna, motif, serta ukuran di pasaran.

Bagi kamu yang mempunyai ruangan dengan konsep modern dan minimalis, mungkin tirai semacam ini yang kamu cari untuk diaplikasikan di sudut-sudut ruanganmu. Jangan heran jika pemasangan tirai ini akan memberikan tampilan yang berbeda untuk ruanganmu.

Fungsi dari roller blind

(Unsplash)

Kita dapat menemukan banyak produk roller blind di pasaran. Dari semua barang yang ada di pasaran, kita dapat membagi produk-produk tersebut menjadi tiga berdasarkan fungsi utamanya. Fungsi-fungsi yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut.

  • Blackout: Jenis yang satu ini fungsi utamanya adalah menutup ruangan dari masuknya sinar matahari ataupun jenis-jenis sinar lain dari luar ruangan. Ketika tirai ini ditutup dan lampu di dalam ruangan dimatikan, maka ruangan tersebut akan menjadi gelap gulita.
  • Translucent: Jenis yang satu ini berfungsi sebagai pengabur pandangan dari luar ruangan. Jadi, ketika dioperasikan, pihak-pihak yang ada di luar ruangan tidak dapat melihat apapun yang terjadi di dalam ruangan. Salah satu produk yang cocok ditempatkan pada ruangan yang membutuhkan privasi. Selain itu, kita juga dapat menemukan banyak varian motif dari produk ini di pasaran.
  • Sunscreen: Jenis tirai ini bisa dimanfaatkan untuk memperkecil paparan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Menariknya, roller blind sunscreen masih memberikan keleluasaan pandangan pada orang yang ada di dalam ruangan untuk melihat apa yang ada di luar.

Macam-macam sistem pengoperasian roller blind

(Unsplash)

Setelah mengetahui fungsi-fungsi roller blind, saatnya kita mencari tahu tentang sistem pengoperasian tirai modern ini. Beberapa sistem operasional tirai modern ini yang dapat kita temui antara lain adalah chain operated, spring operated, pull up, dan elektrik (otomatis).

Chain operated

Jenis sistem operasional yang satu ini adalah jenis yang paling populer digunakan oleh masyarakat. Untuk membuka dan menutup tirai, kita perlu untuk menarik rantai yang terpasang pada perabotan ini.

Spring operated

Tirai yang satu ini tidak menggunakan tali, rantai, atau tarikan yang melingkar. Biasanya tirai ini hanya perlu kita tarik ke bawah bagian ujung kainnya untuk menutupnya. Sementara itu, untuk membukanya, kita tarik lagi bagian ujung kainnya dan melepasnya. Nanti, kain dari tirai ini akan menggulung karena terpasangnya sistem pegas dalam perabot jenis ini.

Pull up

Jenis yang satu ini cukup unik karena peletakannya ada di bingkai jendela bagian bawah. Untuk menutup area jendela, kita perlu untuk menarik ke arah atas.

Umumnya tirai yang menggunakan sistem operasional ini bukan tirai jenis gelap, melainkan transparan. Jadi, cahaya yang masuk ke ruangan akan dikurangi. Sementara orang yang ada di dalam ruangan masih dapat melihat area luar.

Elektrik (otomatis)

Sistem operasi dari roller blind yang satu ini memungkinkan orang untuk menutup dan membuka tirai dari jarak jauh. Hal ini dikarenakan sistem operasi berbasis otomatis ini dilengkapi dengan remote yang tersambung pada mesin penangkap sensor pada tirai.

Keuntungan pemasangan

(Unsplash)

Tirai yang satu ini bisa dibilang mempunyai fungsi yang lebih dari sekedar tirai biasa. Benda ini bisa berfungsi sebagai kerai untuk menghalangi cahaya masuk. Selain itu, ia juga bisa menjaga privasi dari aktivitas yang ada di dalam ruangan. Untuk mengetahui beberapa keuntungan pemasangan perabot ini, ada baiknya untuk menyimak penjelasan berikut.

Menjadi penghalang masuknya sinar matahari

Ketika cuaca sedang terik-teriknya, tidak jarang sinar matahari malah bisa menjadi faktor yang mengganggu aktivitas di dalam ruangan. Kita bisa saja menggunakan tirai biasa untuk menutup jalan masuknya cahaya. Akan tetapi, ruangan kemudian harus menyalakan lampu sebagai sumber penerangan.

Di sinilah kita bisa memanfaatkan roller blind jendela. Dengan begitu, kita bisa mengatur seberapa besar cahaya yang dapat masuk ke dalam ruangan dengan mengatur tirainya. Selain itu, ada beberapa jenis roller blind jendela yang masih bisa memfasilitasi pandangan dari dalam ruangan ketika dioperasikan.

Membuat ruangan menjadi gelap

Apabila membutuhkan ruangan untuk menjadi gelap, kita perlu memblokir masuknya cahaya ke dalam ruangan. Roller blind jendela jenis blackout bisa memfasilitasi kebutuhan tersebut. Jadi, presentasi, menonton film, ataupun aktivitas lain yang membutuhkan ruangan gelap dapat berjalan dengan baik.

Menutup ruangan agar privasi terjaga

Dengan tertutupnya pandangan dari luar, aktivitas di dalam ruangan bisa terjaga keamanan atau privasinya. Maka dari itu, tidak jarang roller blind dipasang di ruang rapat atau ruang direksi sebuah kantor.

Beberapa jenis roller blind ada yang dapat memblokir pandangan dari luar dan dalam ruangan. Namun, beberapa produk lain masih memberikan keleluasaan orang-orang yang ada di dalam ruangan untuk melihat keluar.

Mengurangi panas dari luar

Beberapa jenis bahan roller blind dapat kita manfaatkan sebagai media untuk mengurangi panas dari luar ruangan. Jadi, suhu di ruangan bisa lebih nyaman.

Pemanis ruangan

Di pasaran, kita bisa menemukan banyak model, motif, dan warna yang bervariasi dari perabot ini. Sesuaikan saja mana yang cocok dengan konsep ruangan dan seleramu.

Setelah dipasang, pastinya ruangan akan menjadi lebih menarik. Terlebih material penutup tirai mempunyai motif yang menarik.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.