Kamus Istilah Properti

Modal Tetap

istilah properti

Modal Tetap

Modal tetap adalah modal yang tertanam dan diperlukan untuk memulai maupun menjalankan bisnis, bisa berupa aset fisik yang riil seperti bangunan, kendaraan, dan peralatan. 

Apa Itu Modal Tetap?

modal tetap
(iFinancial)

Modal tetap menjadi salah satu komponen penting yang bertujuan memperlancar bisnis dan usaha. Dalam dunia bisnis, modal tetap dikenal dengan fixed capital yaitu modal yang tertanam dan diperlukan untuk memulai maupun menjalankan bisnis.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), modal tetap adalah modal perusahaan yang tertanam dalam harta tetap, hak paten, dan muhibah (goodwill), tanah dan mesin-mesin, serta saham dan surat berharga lainnya.  

Singkatnya, fixed capital menjadi modal yang digunakan untuk keperluan produksi sebuah perusahaan yang berguna dalam waktu lama dan bisa digunakan untuk beberapa kali pakai.

Contoh modal tetap adalah tanah, gedung, pabrik, kendaraan, mesin, laptop/komputer, dan sebagainya. Komponen ini dianggap tetap karena tidak dikonsumsi selama produksi barang atau jasa dan dapat digunakan kembali. 

Biasanya, investasi fixed capital disusutkan pada laporan akuntansi perusahaan selama periode waktu yang lama, mencapai 20 tahun atau lebih.

Fungsi Fixed Capital dalam Bisnis

(Wallpaper Access)

Ada sejumlah fungsi modal tetap dalam usaha atau perusahaan, yaitu:

  • Fixed capital diperlukan untuk membeli aset tetap bagi perusahaan.
  • Memenuhi berbagai biaya promosi suatu perusahaan.
  • Membantu perusahaan untuk memodernisasi dengan memudahkan proses pembelian mesin modern dan penerapan teknologi terbaru.
  • Mengganti aset yang sudah kadaluarsa dan tidak terpakai.
  • Membantu dalam ekspansi dan diversifikasi perusahaan.
  • Membantu dalam otomatisasi perusahaan.
  • Meningkatkan kebutuhan modal perusahaan.

Persyaratan Modal Tetap

(Instans Business Office)

Sebuah aset bisa dikatakan fixed capital apabila memenuhi sejumlah persyaratan berikut:

Kebutuhan Fixed Capital Tergantung Sifatnya

Kebutuhan modal tetap yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah bisnis cukup khusus untuk setiap situasi, terutama dari industri ke industri. 

Beberapa lini bisnis memerlukan sejumlah besar aset modal tetap. Contoh umum termasuk produsen industri, penyedia telekomunikasi, perusahaan eksplorasi minyak, perusahaan kontraktor, hingga developer perumahan. 

Sementara itu, industri berbasis jasa, seperti kantor agen properti, memiliki kebutuhan modal tetap yang lebih terbatas. Misalnya, bisa mencakup gedung perkantoran, komputer, perangkat jaringan, dan peralatan kantor standar lainnya.

Pengadaan Modal Tetap 

Pada bisnis produksi seringkali memiliki akses yang lebih mudah ke inventaris yang diperlukan untuk membuat barang yang diproduksi, pengadaan modal tetap bisa memakan waktu lama. Bisnis mungkin memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan dana yang diperlukan untuk pembelian yang lebih besar, seperti fasilitas produksi baru. 

Jika sebuah perusahaan menggunakan pembiayaan, maka mungkin membutuhkan waktu juga untuk mendapatkan pinjaman yang tepat. Hal ini dapat meningkatkan risiko kerugian finansial yang terkait dengan produksi yang rendah jika perusahaan mengalami kegagalan peralatan dan tidak memiliki redundansi bawaan

Fixed Capital dapat Dijual Kembali 

Syarat berikutnya modal tetap ini berupa aset yang dapat dijual kembali dan digunakan kembali kapan saja sebelum masa manfaatnya berakhir. Dalam bisnis produksi, fixed capital tidak termasuk bahan yang digunakan dalam komposisi barang yang diproduksi. 

Tetapi investasi dalam modal tetap ini mengacu pada penambahan alat dan peralatan baru, maupun properti yang diperlukan untuk membuat dan menampung barang yang diproduksi. 

Aset Jangka Panjang yang Disiapkan Sejak Awal

Melihat fungsinya, maka modal tetap juga menjadi investasi modal yang dilakukan dalam aset jangka panjang perusahaan, sekaligus menjadi persyaratan wajib perusahaan selama tahap awal sejak dimulainya bisnis.

Sifat fixed capital ini hampir permanen yang ada dalam bentuk aset berwujud dan tidak berwujud perusahaan.

Termasuk Aset Tidak Lancar

Pabrik, mesin, tanah, bangunan, dan aset lain yang termasuk dalam modal tetap, diinvestasikan dalam pembelian aset tidak lancar. Di dalamnya juga termasuk paten, niat baik, merek dagang, dan hak cipta. 

Oleh karena itulah, penyusutan dibebankan pada aset tersebut karena pengurangan nilai dari waktu ke waktu.

Perbedaan Modal Tetap dan Modal Kerja

(Corporate Finance Instute)

Selain modal tetap, Pins juga akan mengenal istilah modal kerja dalam dunia bisnis. Keduanya memiliki perbedaan dari sisi sifat dan jenis asetnya. 

Jika fixed capital  termasuk dalam aset jangka panjang, sebaliknya modal kerja digunakan untuk melakukan operasi bisnis sehari-hari dan sifatnya jangka pendek.

Selain itu, investasi modal tetap tergolong bahan-bahan tahan lama yang akan tetap dalam bisnis selama satu periode akuntansi. Namun, modal kerja ini terdiri dari aset jangka pendek dan kewajiban bisnis. 

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antara keduanya, kamu bisa melihat tabel berikut:

PerbedaanModal TetapModal kerja
SifatInvestasi perusahaan dalam aset jangka panjangInvestasi dalam aset lancar perusahaan.
Jangka waktuJenis-jenis barang dan aset tahan lama yang masa manfaatnya lebih dari satu periode akuntansi.Aset dan liabilitas yang termasuk dalam j jangka pendek
LikuiditasTidak likuid karena tidak dapat dikonversi menjadi uang tunai  Liquid dan mudah dikonversi menjadi uang tunai.
KegunaanUntuk membeli aset tidak lancar dalam bisnisUntuk pembiayaan jangka pendek
Jenis layananTujuan strategisTujuan operasional

Demikian informasi seputar modal kerja atau fixed capital yang dapat Pinhome sampaikan. Jika kamu pemilik bisnis yang sedang mencari gedung kantor, pabrik, atau gudang untuk modal tetap usaha, maka bisa menemukannya di Pinhome!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.