Kamus Istilah Properti

Lelang

istilah properti

Lelang

Lelang adalah transaksi membeli dan menjual barang dengan metode menawarkan kepada penawar. Penawar yang memberikan harga tawar paling tinggi akan mendapatkan barang tersebut. 

Apa itu Lelang?

Secara prinsipnya, proses lelang (auction) dilakukan untuk membeli sebuah barang. Umumnya, lelang dilakukan dalam acara gathering. Selama proses lelang tersebut, sebuah barang akan ditawarkan kepada para peserta lelang. Siapa saja yang bisa memberikan penawaran tertinggi, hingga tidak ada lagi peserta lain yang menawar, maka barang itu menjadi milik penawar tertinggi.

Kegiatan lelang ada yang bentuknya untuk transaksi penjualan sebuah barang, namun ada juga lelang untuk donasi. Teknis yang dilakukan sama saja, yaitu dihadiri oleh peserta dan dipandu oleh pembawa acara lelang.

Bagaimana Proses Lelang?

(Albion Avenue)

Proses lelang umumnya dilakukan di tempat atau lokasi lelang. Biasanya kamu akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu sebelum mengikuti sebuah acara lelang. Untuk aktivitas yang dilakukan selama lelang berikut ini penjelasannya,

  • Pertama-tama pemandu acara lelang akan memperlihatkan dan mengumumkan barang pertama yang dilelang kepada peserta.
  • Selanjutnya pemandu acara akan menawarkan produk tersebut dengan harga dasar yang sudah ditentukan. Harga ini menjadi harga pembuka sebelum proses lelang dimulai.
  • Lalu peserta lelang akan mulai menawar produk dengan harga yang lebih tinggi dari harga dasar tadi. Peserta harus mengacungkan tangan atau menunjukkan papan Nomor Peserta Lelang (NPL) yang sudah diberikan.
  • Kemudian peserta lelang akan mulai memberikan penawaran lebih tinggi. Semua peserta boleh melakukan penawaran, namun apabila kamu memilih untuk tidak menawar produk tersebut juga tidak menjadi masalah.
  • Setelah didapat penawar dengan harga paling tinggi dan tidak ada lagi orang lain yang menawar, maka produk tersebut akan jatuh ke pihak penawar tertinggi.

Apa Saja yang Biasa Dilelang?

(Unsplash)

Pada dasarnya semua barang bisa dilelang. Hal ini tergantung dari acara dan program yang diselenggarakan oleh panitia. Berikut ini beberapa contoh barang yang bisa dilelang. 

Rumah

Rumah lelang pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu bukan? Ya, benar sekali, rumah lelang ini arti secara harfiahnya adalah rumah yang dilelang. Kondisi yang menyebabkan rumah dilelang adalah karena pemilik rumah tidak bisa melunasi cicilan sehingga rumah disita oleh Bank. Untuk itu, biasanya pihak Bank akan melakukan auction untuk menjual rumah tersebut.

Barang Seni

Bagi para kolektor seni, membeli atau mengumpulkan barang seni bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Mengoleksi barang seni bisa memberikan kepuasan tersendiri untuk pecinta seni. Kamu yang ingin mengikuti lelang barang seni bisa mencari tahu dulu apa saja barang yang ditawarkan. Barang seni yang ditawarkan bisa berupa lukisan, patung, pahatan, dan lain-lain. 

Kendaraan

Kendaraan juga bisa dilelang. Biasanya penyelenggara akan melelang kendaraan yang tidak berhasil dilunasi cicilannya oleh peminjam atau nasabah. Kamu hanya perlu memberikan penawaran tinggi yang sesuai untuk mendapatkan kendaraan. Cari tahu dulu informasi lengkapnya di website bank atau penyelenggara untuk mendapatkan informasi lelang kendaraan.

Barang Fashion

Barang fashion bisa menjadi salah satu barang yang dilelang. Jika kamu ingat film The Confession of a Shopaholic tahun 2009, kamu akan melihat proses lelang barang fashion. Mengingat ini adalah barang fashion, maka kamu bisa menemukan banyak barang fashion yang ditawarkan selama prosesi auction. Barang tersebut bisa berupa selendang, gaun, sepatu, topi dan lain-lain.

Perhiasan

Lelang perhiasan juga bisa menjadi salah satu acara auction yang dilakukan oleh penyelenggara. Biasanya penyelenggaraan donasi perhiasan akan dilaksanakan pada area tertutup di mana hanya memperbolehkan tamu undangan. Selain itu akan ditentukan dress code tertentu. 

Dimana Proses Lelang Dilakukan?

(Artnet News)

Untuk proses lelang sendiri biasanya dilakukan di banyak tempat. Beberapa lokasi lelang yang sering digunakan di antaranya adalah sebagai berikut,

Grand ballroom

Grand ballroom di hotel-hotel berbintang sering kali digunakan untuk melakukan pelaksanaan kegiatan lelang. Acara lelang yang dilakukan di hotel atau menggunakan grand ballroom biasanya akan melalui sistem keamanan khusus. Pun tamu yang hadir biasanya melalui undangan dan telah melalui seleksi terlebih dahulu. Biasanya lelang yang dilakukan adalah lelang barang seni, perhiasan, atau fashion.

Aula gedung

Aula berbagai gedung bisa dilakukan untuk melakukan proses lelang. Kegiatan lelang pada aula gedung bisa diperuntukkan untuk lelang rumah atau kendaraan. Proses lelang untuk rumah dan kendaraan bisa diwakilkan dengan kunci rumah atau kendaraan, sehingga tidak perlu membawa barang tersebut ke hadapan peserta. 

Balai lelang

Balai lelang bisa juga digunakan sebagai lokasi untuk mengadakan prosesi lelang. Kegiatan melakukan acara lelang  di tempat ini bisa menjadi alternatif apabila ingin menyewa tempat lebih murah. Mengingat untuk mengadakan lelang di aula gedung atau hotel akan menggunakan biaya yang besar. 

Proses lelang biasanya akan disaksikan oleh banyak orang dan juga penyelenggara acara. Proses penjualan barang melalui transaksi lelang sangat terbuka karena semua orang bisa langsung tahu berapa harga yang dibeli dan siapa yang akan memiliki barang tersebut. 

Nah jadi itulah informasi mengenai lelang yang bisa kamu ketahui. Semoga berguna dan bisa memberikan inspirasi untuk ikut prosesi lelang ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.