Kamus Istilah Properti

Ekspansi

istilah properti

Ekspansi

Ekspansi adalah kegiatan memperluas sesuatu atau untuk membuat perusahaan memiliki cakupan dan area operasional bisnis yang lebih besar. 

Apa itu Ekspansi?

(Midtrans)

Ekspansi memiliki arti yang merujuk kepada perluasan sebuah wilayah kekuasaan. Definisi wilayah kekuasaan pun berbeda-beda. Bisa diartikan sebagai wilayah kekuasaan bisnis, wilayah target market, wilayah persebaran dan sebagainya. 

Ekspansi pada zaman dahulu juga bisa dikaitkan dengan menjajah sebuah wilayah. Pada zaman kerajaan baik di Indonesia maupun di luar negeri, banyak kerjaan besar yang mencoba melakukan ekspansi demi mendapatkan wilayah kekuasaan baru. 

Ekspansi juga bisa melekat pada aktivitas ekspor. Ketika sebuah negara memiliki sumber kekayaan alam yang berlimpah, aktivitas ekspor pun akan semakin didorong. Negara biasanya akan mencari wilayah baru untuk mengekspor sumber daya tadi dan fenomena ini bisa disebut sebagai ekspansi ekspor. 

Baca Juga: Apa Itu Teller?

Ekspansi pada Bisnis

(Majoo)

Istilah ekspansi memang lekat dengan aktivitas bisnis pasalnya istilah ini sering digunakan oleh para business owner atau pemilik usaha untuk menyatakan adanya penambahan area operasional.

Misalnya ketika sebuah convenience store melakukan ekspansi ke berbagai daerah di pulau Bali. Artinya sebuah bisnis toko atau minimarket tersebut melakukan perluasan operasionalnya ke area di pulau Bali. Definisi perluasan wilayah tersebut bisa berarti penambahan toko, kantor cabang, gudang dan lain sebagainya. 

Umumnya ekspansi ini dipicu oleh berbagai hal. Ekspansi pada bisnis biasanya dipicu oleh keinginan untuk menambah keuntungan perusahaan dengan cara memperluas jangkauan pasar. Tujuannya agar perusahaan memiliki lebih banyak konsumen. 

Fungsi dan Tujuan Ekspansi

(Travel Detik)

Sebagai salah satu strategi dalam bisnis, ekspansi pun mempunyai fungsi serta tujuan tertentu. Lantas, apa saja ya fungsi dan tujuan ekspansi? 

Memperluas wilayah kekuasaan sebuah bisnis 

Sebuah bisnis tentu mempunyai agresivitas untuk berkembang dan maju. Kondisi ini dipicu keinginan untuk terus untung dan menghasilkan uang. Untuk mencapai hal tersebut biasanya ekspansi menjadi sebuah strategi yang bisa dilakukan. Namun, untuk bisa sampai ke tahap ini memerlukan banyak pertimbangan. Menambah wilayah operasional bisnis tidak serta merta hanya menyewa ruko baru lalu mulai menjual produk dan jasa. Semua ini berkaitan dengan peluang dan kesempatan yang diteliti menggunakan riset pasar. 

Mendapatkan keuntungan baru untuk perusahaan

Salah satu tujuan dari melakukan ekspansi bisnis tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Tidak dapat dipungkiri, potensi bisnis di setiap daerah berbeda-beda. Ketika sebuah bisnis mempunyai potensi yang bagus, maka bisnis tersebut pasti tidak akan menyia-nyiakannya. 

Contohnya saja seperti bisnis coffee to go yang saat ini sedang marak. Banyak brand besar yang berlomba-lomba membangun cabang di kota lain demi mendapatkan konsumen baru. Konsumen baru di kota yang berbeda ini diharapkan bisa memberikan sumbangsih terhadap keuntungan bisnis perusahaan. 

Memperkuat pondasi bisnis 

Pada akhirnya setiap bisnis ingin menjadi nomor satu dibandingkan dengan usaha sejenis. Untuk mendukung impian dan tujuan itu, berbagai macam strategi dilakukan mulai dari promosi, mengencangkan aktivitas marketing dan branding. 

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat pondasi bisnis adalah memiliki cabang bisnis di wilayah yang potensial. Tujuan akhirnya, semua bisnis ingin memperkuat pondasi bisnis dengan melakukan ekspansi di area yang berpotensi memberikan keuntungan.

Bersaing dengan kompetitor 

Sebuah bisnis tentu menginginkan untuk menjadi yang terbaik. Hal ini lantaran satu jenis bisnis memiliki kompetitor lain di pasar. Untuk bisa tetap mendapatkan keuntungan dan menjaga loyalitas konsumen, sebuah bisnis akan bersaing dengan kompetitor. Berbagai strategi bisnis dan marketing dilakukan untuk memenangkan pasar. Oleh karena itu ekspansi sering digunakan oleh perusahaan untuk berusaha terus unggul dibandingkan pesaing bisnis yang lain.  

Upaya menjadi top of mind produk di masyarakat

Sering tidak mendengar seorang pembeli membeli air mineral dengan sebutan Aqua, namun produk yang diberikan penjual adalah merek lain? Ini adalah fenomena top of mind, artinya sebuah brand atau produk telah berada di bawah alam sadar masyarakat. 

Kondisi ini lantas memberikan keuntungan bagi si perusahaan, karena walaupun pada akhirnya produk yang dibeli konsumen bukanlah Aqua, namun Aqua selalu diingat konsumen ketika membeli air mineral. 

Hal ini seperti air mineral selalu diasosiasikan dengan Aqua, sehingga merek lain tersingkirkan dari pikiran masyarakat. Semua bisnis ingin menggapai hal ini sehingga banyak yang berlomba-lomba melakukan ekspansi demi memenangkan hati konsumen.

Ekspansi Bisnis Properti 

(Properti Kompas)

Properti pun menjadi salah satu sektor yang sering melakukan ekspansi. Banyak developer perumahan yang berlomba-lomba untuk membangun perumahan baru di lahan dan area baru. 

Umumnya ekspansi bisnis properti ini dilakukan dengan cara yang massive, artinya developer tidak hanya membangun satu sampai dua rumah saja. Developer perumahan akan membangun sebuah area hunian residensial dengan jumlah lebih dari 5 unit umumnya. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menambah keuntungan developer, menambah portfolio bisnis, dan juga memperkuat posisi di tengah persaingan pasar.

Pertimbangan Sebelum Melakukan Ekspansi

Sebelum melakukan ekspansi bisnis, ekspor atau ekspansi hal lain, pastikan ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. 

  • Cek potensi diri dulu untuk memastikan kita mengetahui apakah kemampuan, sumber daya, dan kapasitas kita sudah mampu untuk melakukan ekspansi? Di dalam bisnis, sebuah perusahaan harus mengkaji dulu kapasitasnya untuk melakukan ekspansi. Cek dulu apakah bujet untuk membangun kantor baru sudah ada, lantas apakah telah memiliki anggaran untuk menggaji karyawan baru di lokasi baru. Nah, ini semua perlu diperhatikan ya.
  • Periksa dan lakukan riset terhadap lokasi yang akan diekspansi. Sebelum melakukan ekspansi, ada baiknya untuk melakukan observasi pasar. Cek dulu apakah area yang akan diekspansi mempunyai potensi pasar yang menjanjikan. 
  • Evaluasi untuk membuat proyeksi atau forecast bisnis ke depannya. Hal ini dilakukan agar mengetahui apakah keputusan untuk melakukan ekspansi bisnis, atau hal lain adalah strategi yang tepat.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.