Kamus Istilah Properti

Iuran Pengelolaan Apartemen (IPL)

istilah properti

Iuran Pengelolaan Apartemen (IPL)

Iuran Pengelolaan Apartemen atau IPL merupakan sejumlah biaya yang dikeluarkan sebagai biaya perawatan (maintenence) apartemen yang wajib dibayarkan penghuni ke pihak manajemen gedung.

Mengenal Apa Itu IPL 

(The Ofy)

Di era global seperti ini kebutuhan akan hunian pun semakin bervariasi. Jika dulu mungkin masyarakat hanya ingin membeli rumah, namun saat ini banyak masyarakat urban yang lebih memilih apartemen. Tujuan dari memiliki apartemen adalah karena lokasi yang strategis dan biasanya dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang memudahkan aktivitas penghuni unit. Di area apartemen selain ada area tinggal, kamu pun akan menemukan fasilitas lain seperti tempat fitness, toko sembako atau mini market, tempat laundry, apotek, klinik dan lain-lain. Tinggal di apartemen tentunya memerlukan sejumlah persiapan Pins. Tidak hanya biaya sewa atau biaya pembelian yang dibayarkan ke pihak pengelola. Kamu pun harus membayar iuran bulanan atau Iuran Pengelolaan Apartemen (IPL). Iuran ini wajib dibayarkan oleh penghuni unit apartemen. Umumnya pembayaran IPL adalah setiap bulan. 

Fungsi Biaya IPL 

(Illico Travaux)

Biaya IPL digunakan untuk keperluan perawatan alias building management. Biaya ini menjadi salah satu komponen wajib yang dibayarkan oleh pemilik atau penyewa unit properti. Apabila sebuah unit apartemen tidak membayar biaya IPL ini, maka bisa saja penghuni mendapat teguran dari pihak pengembang atau manajemen gedung. Biaya IPL setiap apartemen mungkin bisa berbeda-beda ya Pins. Hal ini tergantung dari kebutuhan pembayaran. Nah, berikut ini adalah fungsi dari biaya IPL yang perlu kamu ketahui.

Kebersihan dan operasional gedung

Sebagai gedung yang digunakan untuk kebutuhan residensial, apartemen perlu dibersihkan secara berkala. Hal ini bertujuan agar area apartemen nyaman digunakan dan ditinggali. Kegiatan untuk membersihkan hunian vertikal tersebut tentu memerlukan peralatan kebersihan dan juga tenaga yang membersihkan. Oleh karena itu untuk mampu melakukan hal tersebut, diperlukan biaya operasional untuk cleaning service. Operasional gedung pun menjadi tanggung jawab para penghuni apartemen secara bersama. Hal ini pun termasuk di dalam biaya IPL.

Keamanan

Siapa sih yang mau tinggal di area yang rawan dengan pencurian? Nah, biasanya untuk mengakses sebuah unit apartemen, kita diharuskan menggunakan kartu akses dan melewati penjagaan yang ketat. Oleh karena itu, untuk membayar tenaga keamanan tersebut, pihak apartemen perlu membayar mereka. Untuk bisa membayar tenaga keamanan kamu sebagai penghuni apartemen perlu berkontribusi dengan membayar IPL, Pins.

Gaji Petugas Perawat

Para petugas yang bekerja membersihkan apartemen dan melayani area tempat tinggal kamu, juga perlu dibayar. Hal ini karena para petugas pun butuh makan dan tetap bertahan hidup. Mereka juga harus menghidupi keluarga seperti anak dan istri. Untuk itu, sebagai bentuk kontribusi kamu karena telah mendapatkan fasilitas tadi, maka biaya IPL tersebut wajib kamu setorkan.

Besar  Bayaran IPL 

(Pacific Garden)

Biaya IPL pada dasarnya berbeda-beda untuk setiap apartemen. Hal ini berkaitan dengan fasilitas yang kamu terima di setiap hunian vertikal. Selain itu, biaya juga ditentukan dengan luas dari unit yang kamu tinggali. Apabila sebuah hunian semakin luas, maka biaya yang harus dibayarkan pun akan semakin mahal. Begitu pula sebaliknya. Tenggat waktu pembayaran IPL pun berbeda-beda. Misalnya saja BSD City, pembayaran IPL setiap bulan jatuh di tanggal 5. Sementara Kemang Village Residences pembayarannya jatuh pada tanggal 15 setiap bulan. Pembayaran IPL bisa dimulai dari Rp250.000 hingga jutaan. Lokasi sebuah apartemen pun juga ikut menentukan biaya IPL. Semakin megah, mewah dan strategis lokasi apartemen, biasanya biaya operasionalnya pun akan meningkat. Hal ini tentu dipengaruhi oleh gaji karyawan, biaya keamanan, kebersihan dan lain-lain. 

Tata Cara Membayar IPL

(Economie Gouv Fr)

Pembayaran IPL pada dasarnya harus ditujukan ke pihak pengurus atau manaejemen apartemen yang kamu tinggali. Untuk pembayaran IPL bisa dilakukan dengan cara transfer ke rekening atau melalui e-commerce. Berikut ini tata cara pembayaran IPL.

Pembayaran melalui e-commerce 

Pembayaran dengan e-commerce umumnya bisa dilakukan di mana saja, asal kamu sudah menjadi salah satu pengguna e-commerce tersebut. Misalnya kamu menjadi salah satu pengguna Tokopedia. Selanjutnya kamu hanya perlu menginstall aplikasi tersebut, lalu masuk ke menu pembayaran IPL Apartemen. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nomor atau kode tertentu. Pembayaran bisa langsung dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Pembayaran dengan transfer bank

Untuk pembayaran menggunakan transfer bank, biasanya kamu akan menerima rekening manajemen apartemen. Rekening ini wajib kamu simpan agar setiap bulan dapat digunakan Pins. Kamu hanya tinggal membayarkan sejumlah uang pemeliharaan bangunan, lalu konfirmasi ke pihak manajemen gedung.

Bagaimana jika tidak membayar IPL

(Spacestock)

Seperti yang sudah kita bahas di atas, kamu tentu menikmati fasilitas yang diberikan gedung apartemen bukan? Mulai dari fasilitas keamanan, kebersihan dan lain-lain. Oleh karena itu, agar semua fasilitas yang kamu nikmati bisa berjalan dengan lancar, kamu perlu melunasi biaya IPL setiap bulannya. Apabila tidak membayarkan biaya tersebut, kamu akan mendapat teguran dari pihak manajemen gedung. Biasanya berupa peringatan. Ada juga beberapa manajemen yang akan memberikan uang denda bagi yang tidak melunasi biaya tersebut.

Nah itu saja Pins penjelasan mengenai IPL. Semoga bermanfaat ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.