Kamus Istilah Properti

Headboard

istilah properti

Headboard

Headboard adalah sebuah perabot khusus yang biasanya terpasang pada tempat tidur, tepatnya pada bagian kepala.

Apa itu headboard?

(Art3D)

Headboard adalah sebuah perabot khusus yang biasanya terpasang pada tempat tidur, tepatnya pada bagian kepala. Di Indonesia, bagian ini biasanya disebut dengan istilah sandaran kasur.

Secara fungsional, headboard atau sandaran kasur ini dapat mempercantik tampilan untuk kasur sekaligus untuk ruangan. Maka dari itu, kita akan menemukan banyak produk kasur dengan headboard yang dibentuk dengan model estetis dan warna yang menarik.

Di samping urusan estetika, sandaran kasur juga dapat memberikan kenyamanan pada pengguna, terutama jika penggunanya ingin menggunakannya sebagai sandaran punggung saat duduk di atas kasur. Maka dari itu, beberapa produk yang ada di pasaran juga menerapkan cover yang nyaman pada kulit. Ada juga yang menginstalasi busa atau kapuk untuk isian dari bagian ini.

Fungsi headboard

(Harvey Norman)

Headboard memang bukan perabot yang vital untuk tempat tidur. Akan tetapi, keberadaan perabot ini mendukung untuk terciptanya kekokohan pada tempat tidur. Menurut sumber jysk.co.uk, ada lima fungsi lain dari keberadaan sandaran kasur. Fungsi-fungsi tersebut akan dipaparkan pada pembahasan di bawah ini.

Sebagai proteksi tembok

Ketika kita menggunakan tempat tidur, maka keringat dan lembab merupakan dua hal yang tidak bisa dilepaskan. Dua hal tersebut dapat menjadi perusak dari warna tembok yang telah diaplikasikan. Namun, akan sangat merepotkan apabila kita harus mencuci kasur dan peralatan tidur setiap saat.

Dengan adanya sandaran kasur, maka efek yang merusak dari lembab dan keringat yang menempel pada kasur dan bantal dapat kita kurangi. Jadi sandaran kasur akan menjadi penghalang langsung antara peralatan tidur dan kasur dengan tembok.

Menjadi sandaran ketika duduk di kasur

Headboard dapat menjadi tumpuan sandaran kita apabila sedang duduk di atas kasur. Jadi, aktivitas seperti membaca buku sampai menggunakan tablet atau laptop dapat dilakukan dengan nyaman. Sandaran ini juga dapat kita gunakan ketika ingin menyantap sarapan di atas kasur.

Menjadi penahan bantal

Sandaran kasur dapat menjadi benda yang menahan bantal kita untuk berpindah ke tempat lain. Jadi, kasus seperti jatuhnya bantal ke kolong antara tembok dan kasur tidak akan terjadi lagi.

Menciptakan suasana yang nyaman

Di pasaran, kita dapat menemukan banyak sekali desain dan material yang diterapkan pada headboard. Kamu bisa memilih sandaran yang terbuat dari kayu, upholster, ataupun bahan lainnya.

Dengan memilih sandaran tempat tidur yang sesuai dengan selera, maka suasana nyaman akan terbangun dalam ruangan. Akan lebih baik jika mencocokan tampilan headboard dengan konsep yang diterapkan pada kamar.

Headboard akan membuat suhu ruangan terjaga

Kita membutuhkan suhu yang nyaman untuk tidur. Apabila terlalu dingin atau terlalu panas, kemungkinan besar kita akan terbangun sepanjang malam.

Adanya headboard dapat membantu membuat suhu ruangan terjaga. Terlebih lagi untuk sandaran tempat tidur yang terbuat dari bahan bersifat insulatif.

Tipe headboard berdasarkan materialnya

(Living Space)

Dalam bab ini akan dijelaskan karakter-karakter dari sandaran tempat tidur berdasarkan materialnya. Material-material tersebut antara lain adalah logam, kayu, upholster, dan rotan-rotanan.

Logam

Material logam yang banyak digunakan untuk pembuatan sandaran adalah besi. Penggunaan material besi sebagai sandaran tempat tidur akan memperkuat gaya klasik yang diterapkan pada ruangan. Selain besi, logam lain yang digunakan antara lain adalah aluminium, kuningan, hingga tembaga.

Yang menarik dari material logam seperti besi adalah kita bisa memodifikasi warnanya sesuai dengan keinginan kita. Warna yang kita terapkan dapat mendukung tampilan ruangan seperti apa yang kita inginkan. Misalnya, jika menerapkan cat emas, maka sandaran kasur tersebut akan lebih terkesan glamor.

Kayu

Kayu merupakan bahan tradisional untuk sandaran kasur. Beberapa produk di pasaran ada yang dilengkapi dengan ukiran dan hiasan yang akan memberikan kesan elegan. Namun, ada juga produk yang dibuat simpel sehingga cocok diletakkan pada ruangan minimalis.

Material kayu cukup fleksibel. Kita bisa mengubah catnya hingga mengkombinasikannya dengan elemen logam untuk menciptakan kesan tertentu.

Upholster

Headboard yang dilapisi dengan kain mahal seperti linen, beludru, kulit, atau microfiber akan memberikan kesan mewah untuk ruangan. Selain tampilannya yang anggun dan menawan, upholster dapat memberikan kenyamanan untuk pengguna. Ketika menggunakannya sebagai sandaran kepala, bahan upholster akan lebih empuk ketimbang material lain.

Material ini juga bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lain seperti logam atau kayu. Selain itu, pada permukaannya, upholster dapat menggunakan hiasan-hiasan seperti kancing, jahitan, ataupun padding.

Rotan-rotanan

Bahan rotan-rotanan yang diterapkan sebagai sandaran kasur dapat memberikan nuansa kasual pada ruang tidur. Karena terbilang fleksibel dalam pembentukannya, kamu akan menemukan banyak variasi desain dari sandaran kasur berbahan rotan-rotanan.

Cara instalasi

(Wayfair)

Ada tiga cara yang dapat dilakukan apabila ingin melakukan instalasi perabot yang satu ini. Cara-cara yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Membebankannya pada tembok

Jika sulit untuk menemukan headboard yang cocok dengan rangka tempat tidur, maka cara ini adalah yang paling tepat untuk kamu terapkan. Kita perlu untuk mengukur dan menyesuaikannya dengan ukuran tempat tidur kita. Setelah itu, lakukan pemasangan di area yang sudah ditandai.

Menerapkannya di rangka tempat tidur

Beberapa tempat tidur sudah ada yang menerapkan headboard langsung di rangkanya. Jika belum tempat tidurmu sekarang tidak dilengkapi dengan perabot ini, maka kamu bisa mencari dan mengaplikasikannya sendiri secara terpisah.

Ketika sudah mendapatkan sandaran kasur yang tepat, maka langkah berikutnya adalah pemasangan. Paling aman, pemasangan bagian ini dilakukan oleh dua orang untuk menghindari kesalahan pemasangan.

Freestanding

Sandaran kasur freestanding tidak akan bertumpu pada barang tertentu di ruangan selain lantai. Jadi, kita tidak perlu membuat lubang-lubang dalam pengaplikasiannya.

Sandaran kasur ini merupakan jenis yang paling fleksibel dibanding yang lain. Kita bisa membeli atau memesan furnitur untuk sandaran kasur jenis ini. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan ukuran tempat tidur yang akan digunakan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.