Kamus Istilah Properti

Anggaran

istilah properti

Anggaran

Anggaran adalah perencanaan keuangan yang disusun secara rinci dan terkoordinasi mengenai perkiraan penerimaan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. 

Apa itu Anggaran?  

Sumber: Gettyimages

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anggaran adalah taksiran mengenai penerimaan dan pengeluaran kas yang diharapkan untuk periode yang akan datang.

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan Rencana (OJK) menyebutkan jika anggaran adalah rencana keuangan terperinci dan terkoordinasi mengenai perkiraan penerimaan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun, sebagai sarana untuk sasaran suatu rencana kerja. 

Sebuah anggaran disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan dalam sebuah perusahaan atau organisasi tertentu.

Perencanaan ini disusun dalam jangka waktu atau periode tertentu di masa yang akan datang. Anggaran biasanya disusun pada periode awal tahun untuk jangka waktu satu tahun.  

Fungsi Anggaran 

Sumber: Gettyimages

Tak hanya untuk perusahaan, anggaran juga sangat penting untuk suatu organisasi, bahkan rumah tangga. Tujuannya agar laju pertumbuhan keuangan dapat dipantau.  

Adapun fungsi dibuatnya anggaran adalah sebagai berikut: 

Fungsi Perencanaan

Anggaran memberikan gambaran dan ilustrasi yang jelas dan menjadi pedoman dalam hal unit moneter untuk melakukan kegiatan-kegiatan dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Sehingga perencanaan yang dibuat lebih matang dan terarah sesuai dengan tujuan perusahaan atau organisasi.

Fungsi Pelaksanaan

Tak hanya perencanaan, anggaran juga peran penting agar suatu kegiatan, proyek, dan pekerjaan lainnya dapat terlaksana dengan baik. 

Penyusunan anggaran menjadi salah satu pedoman penting dalam mengkoordinasi setiap kegiatan yang dilakukan perusahaan atau organisasi.

Manfaat Anggaran

Sumber: Gettyimages

Selain menjalankan fungsi perusahaan, organisasi, dan rumah tangga, anggaran juga punya manfaat penting agar seluruh kegiatan bisa tercapai.

Apa saja manfaat anggaran?

Manfaat Anggaran untuk Perusahaan dan Organisasi 

Anggaran mempunyai banyak manfaat bagi seluruh kegiatan yang dilakukan dalam sebuah perusahaan maupun organisasi, berikut manfaat dari sebuah anggaran:

  • Alat memantau keadaan kas secara terus menerus.
  • Menyesuaikan kas penjualan dengan pendapatan penjualan, dan utang.
  • Memberikan gambaran posisi kas akhir setiap periode dari kegiatan operasionalnya.
  • Menemukan kekurangan dan kelebihan kas, serta menentukan kebutuhan pembiayaan dari kelebihan kas untuk investasi.
  • Mengukur keberhasilan atas target yang sudah dibuat.
  • Alat mengkoordinasi dan mengintegrasikan kegiatan.
  • Memotivasi dan menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap pegawai.
  • Menjadikan kegiatan perusahaan menjadi lebih terarah sesuai dengan tujuan perusahaan.
  • Sebagai alat untuk evaluasi kegiatan perusahaan atau organisasi.

Manfaat Anggaran untuk Rumah Tangga

Anggaran juga diperlukan dalam lingkup keluarga. Berikut ini beberapa manfaat menyusun anggaran bagi rumah tangga:

  • Memberikan keterbukaan dan transparansi dalam keuangan keluarga sehingga komunikasi antar pasangan pun semakin lancar.
  • Menjadi lebih memahami kebiasaan masing-masing dalam mengatur keuangan.
  • Sebagai alat pengendali pengeluaran, terutama untuk hal-hal yang bukan prioritas.  
  • Menghidupkan peran pasangan untuk saling mengingatkan. Apalagi kalau sedang merencanakan biaya pendidikan anak atau mau renovasi rumah.  
  • Memiliki alokasi untuk tabungan, investasi, dan dana cadangan.  

Tips Menyusun Anggaran dalam Rumah Tangga 

Sumber: Gettyimages

Penyusunan anggaran dalam rumah tangga yang tepat membantu dalam menciptakan keuangan tetap terjaga. Sehingga Pins bisa mencapai tujuan seperti membeli rumah, renovasi rumah, pendidikan anak-anak, dan perencanaan pensiun.

Untuk itu, pastikan Pins melakukan penyusunan anggaran dengan baik, ya! Berikut ini beberapa tips menyusun anggaran dalam keluarga: 

Selalu Hitung Setiap Pengeluaran dan Pemasukan 

Untuk memastikan agar pemasukan dan pengeluaran keuangan rumah tangga Pins berjalan sesuai dengan rencana, maka pastikan untuk selalu mencatatnya. Buatlah catatan setiap Pins mendapatkan penghasilan. Catat juga pengeluaran keluarga setiap harinya. 

Jangan lupa ajak pasangan untuk ikut melakukan hal serupa, ya. Sehingga saat keuangan mulai menipis, Pins bisa mengetahuinya segera. 

Buat Dana Darurat

Dalam anggaran rumah tangga, dana darurat menjadi pos yang sangat penting. Dalam kondisi normal, dana darurat yang disiapkan adalah sebesar 3-6 kali pengeluaran bulanan bagi lajang, dan 6-12 kali pengeluaran bulanan bagi orang yang sudah menikah.

Pins bisa menyimpan dana darurat ini dalam tabungan yang bisa dicairkan kapanpun ketika kondisi darurat datang. 

Kurangi Berhutang

Terlalu banyak hal yang dibeli dengan kartu kredit dapat memengaruhi anggaran bulanan Anda dengan sangat buruk. Ini tidak dianjurkan bagi Anda yang sulit untuk konsisten saat membayar hutang.

Menggunakan terlalu banyak kartu kredit akan menimbulkan bunga yang cukup banyak, terlebih lagi jika Anda tidak membayarnya sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Jangan Lupa Membayar Tagihan

Setiap bulan ada tagihan yang rutin harus Pins bayarkan. Misalnya, cicilan rumah, membayar listrik, air, hingga internet. 

Oleh karena itu Pins perlu memasang pengingat untuk membayar tagihan. Jangan sampai ini terlupakan hingga menimbulkan denda, hanya akan membuat pengeluarkan jadi semakin membengkak. 

Tuliskan Tujuan Keluarga 

Agar proses penyusunan anggaran berjalan lancar, Pins bisa menetapkan tujuan tanggung jawab Anda. Secara umum, ini dapat dimasukkan dalam empat kategori, yaitu perencanaan pensiun, perencanaan pendidikan anak, perencanaan pernikahan, dan pembelian rumah.

Anda perlu merencanakan berapa banyak yang harus Anda hemat setiap bulan untuk prioritas ini. Untuk itulah, sesuaikan dengan jumlah kewajiban Anda yang lain saat memenuhi pengeluaran Anda secara keseluruhan.

Yang paling penting, pastikan untuk selalu menginvestasikan uang Anda ke arah yang benar, ya! 

Koordinator: Linda

Editor: Achlisia