Kamus Istilah Properti

Analisis Swot

istilah properti

Analisis Swot

Analisis SWOT atau strength, weakness, opportunity, dan threat merupakan suatu bentuk analisa terkait strategi atau langkah yang harus diperhatikan saat akan menjalankan usaha dan penelitian. Ketika Pins akan membuat suatu jenis usaha, ada baiknya jika kamu melakukan analisa SWOT terlebih dahulu. Analisis Swot adalah suatu bentuk analisa yang dapat membantu Pins untuk menemukan suatu potensi keuntungan dan tantangan saat akan membuat usaha dan penelitian.

Manfaat analisis SWOT juga sangat banyak, Pins bisa menemukan sisi baik dan buruk dari menjalankan suatu usaha. Kamu juga akan mampu untuk melakukan evaluasi usaha agar lebih maju dan berkembang.

Selain itu kamu juga bisa menggunakannya untuk membeli rumah jugo lho. Kamu bisa menganalisa dengan baik mana yang menguntungkan untuk kamu beli. Misalnya perumahan di Jakarta Selatan seperti Vasa Jagakarsa. Dengan melakukan analisa yang baik, kamu bisa menemukan potensi keuntungan jangka panjang. Selani itu kamu juga bisa mengkombinasikan hasil analisa kamu dengan fitur PinValue. Fitur ini bisa membantu kamu mendapatkan informasi detail mengenai porperti yang sedang kamu cari.

Tidak perlu berlama-lama, berikut penjelasan apa itu analisis SWOT dan manfaat yang bisa kamu ambil.

Baca juga:

Pengertian Analisis SWOT

(Owl Labs)

Melakukan analisa tentu tidak bisa sembarangan Pins! Kamu perlu mengetahui konsep dan cara kerjanya terlebih dahulu. Seperti saat akan membangun rumah, semua hal juga perlu direncanakan, bahkan kamu bisa menerapkan SWOT ini untuk membangun bangunan. Berikut pengertian SWOT secara umum dan menurut ahli:

Pengertian Secara Umum

SWOT merupakan sebuah metode perencaan yang akan digunakan untuk menilai sebuah bisnis. Di dalamnya sendiri berisi dari segi kekuatan atau strength, yang kedua adalah kelemahan atau weaknesses, di ikuti dengan yang ketiga adalah peluang atau opportunities, dan yang terahir adalah ancaman atau threats. Jika Pins perhatikan maka akan membentuk kata SWOT = S (trenghs) – W (weaknesses) – O (pportunities) – T (threats) untuk menganalisa suatu perencanaan.

Pengertian Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian secara umum, untuk menambah pemahaman Pins perlu mengetahui penjelasannya menurut para ahli. Peluang bisnis atau usaha perlu dianalisa dengan sangat baik. Berikut pengertian menurut para ahli:

  • Philip Kotler, penilaian di seluruh segi kekuatan atau strenghs, kelemahan atau weaknesses, peluang atau opportunities, dan ancaman atau threats pada setiap organisasi atau individu.
  • Pearce dan Robinson, bagian strategik pada proses manajemen suatu badan usaha dengan tujuan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan usaha tersebut. Kekuatan dan kelemahan tersebut akan dibandingkan dengan ancaman dan peluang yang ada agar bisa menghasilkan strategi bisnis yang baru dan lebih baik.
  • Freddy Rangkuti, sebuah usaha yang dilaksanakan dengan dasar logika sehingga dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang usaha, sekaligus meminimalkan ancaman dan kelemahan usaha tersebut.

Pada intinya, apa itu analisis SWOT? Adalah suatu bentuk analisa untuk meminimalisir ancaman dan kelemahan dari suatu usaha yang akan dilakukan dengan memperhatikan opportunity. Sangat penting bagi Pins sebelum melakukan usaha untuk membuat suatu bentuk SWOT yang kuat.

Baca juga: Manajemen Adalah Aspek Penting Untuk Hidup yang Lebih Baik

Faktor dalam Analisis SWOT

SWOT
(Work Life and Beyond)

Ke empat unsur dalam analisis ini dikelompokkan menjadi dua jenis faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal merupakan hal-hal yang berasal dari dalam perusahaan yaitu strength dan weakness. Sedangkan opportunities dan threats bukan bagian dari perusahaan sehingga menjadikannya faktor eksternal.

Strength

Faktor pertama dari analisis ini yaitu kekuatan yang dimiliki perusahaan. Hal ini bisa merupakan hal-hal tak terlihat seperti kepemimpinan yang baik atau sumber daya nyata seperti misalnya fasilitas yang dimiliki. Mengetahui poin-poin kekuatan milik perusahaan tentunya penting supaya bisa memaksimalkan potensi yang ada.

Weakness

Selain kekuatan, setiap perusahaan juga memiliki kelemahan masing-masing. Kelemahan ini merupakan berbagai hal yang bisa menghambat kinerja seperti misalnya dana yang kurang. Tentunya kelemahan-kelemahan ini perlu untuk diketahui supaya bisnis tetap bisa berjalan dengan baik.

Opportunities

Faktor berikutnya yaitu peluang atau kesempatan yang ada di pasaran. Sebuah perusahaan harus mengerti peluang baik yang sudah ada maupun sebuah perkiraan. Contoh dari peluang yang ada yaitu membuat bisnis kos-kosan di sekitar wilayah kampus atau mungkin perkantoran.

Threats

Elemen yang terakhir dari teknik ini yaitu ancaman atau segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelancaran proses bisnis. Salah satu contoh dari ancaman ini yaitu adanya pesaing dengan produk yang sama sehingga bisa mempengaruhi pangsa pasar milik perusahaan.

Baca juga: Rekomendasi Ide Bisnis di Rumah, Bisa Untung Berlimpah!

Mengapa Analisis SWOT Penting?

(Trends Magazine)

Analisis ini penting untuk digunakan dalam sebuah perusahaan baik itu yang bertujuan untuk memperoleh laba maupun tidak, seperti organisasi non-profit atau lembaga pemerintah. Melalui analisis yang telah dilakukan, sebuah organisasi bisa menemukan strategi efektif guna mencapai tujuannya.

Teknik analisis ini berfokus pada empat hal yang esensial sehingga bisa membantu perusahaan merencanakan berbagai hal. Misalnya saja, sebuah perusahaan bisa mengembangkan lini produk baru karena adanya peluang pasar.

Penerapan teknik ini akan membuat perusahaan bisa lebih adaptif dengan perubahan di sekitarnya. Perusahaan yang rutin melakukan analisis bisa mengetahui berbagai hal misalnya hilangnya sumber daya, berkurangnya pangsa pasar, atau naiknya permintaan akan suatu produk. 

Baca juga: Mencoba Bisnis Properti? Ini To Do List yang Bisa Kamu Lakukan

Hal-hal yang Perlu Dilakukan

(Meetings Net)

Supaya analisis bisa dilaksanakan dengan tepat dan lancar, ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu:

Membuat matrik atau diagram analisis

Langkah pertama dalam melakukan analisis ini yaitu membuat diagram sesuai dengan 4 faktor. Pembuatan diagram ini akan membantu tim untuk mengorganisir ide.

Menentukan tujuan

Setiap analisis harus memiliki tujuan yang ingin dicapai. Hal ini dilakukan supaya tim memiliki arah dan pembahasan atau analisis tidak melebar.

Bertukar pikiran dengan anggota tim

Setelah melakukan persiapan tersebut, langkah berikutnya yaitu melakukan brainstorming atau bertukar pikiran dengan anggota tim. Pins bisa menganalisisnya sendiri, namun akan lebih baik jika memiliki orang lain yang mungkin bisa melihat suatu hal dari perspektif berbeda.

Mengelompokkan analisis sesuai faktor yang ada

Setelah melakukan rapat, hasil yang didapatkan kemudian bisa dimasukkan ke diagram yang sebelumnya telah dibuat. Pengelompokkan itu akan memperjelas hal-hal yang berkaitan dengan analisis.

Menggunakan hasil untuk menyusun strategi

Langkah selanjutnya setelah melakukan analisis yaitu mulai menyusun strategi guna mencapai tujuan. Hasil analisis akan menjadi acuan bagi tim guna bisa membuat rencana dan strategi yang sesuai dengan 4 faktor penting.

Lakukan secara berkala

Supaya perusahaan tetap bisa bersaing, ada baiknya untuk selalu mengadakan analisis ini secara berkala. Perusahaan bisa melakukannya setiap beberapa bulan sekali guna mengetahui perubahan yang terjadi di sekitar sehingga bisa menyusun strategi yang adaptif.

Baca juga: 5 Ide Kreatif Membuat Kerajinan dari Bambu (dapat Dijadikan Ide Bisnis)

Menerapkan SWOT dalam Bisnis Pribadi

(My Best)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, analisis SWOT bisa digunakan baik itu untuk perusahaan besar, kecil, organisasi non-profit, maupun lembaga pemerintahan. Apabila Pins sedang merintis sebuah usaha, analisis ini tentunya akan sangat berguna dalam kelangsungan bisnis tersebut.

Analisis ini juga bisa dilakukan untuk segala jenis usaha. Misalnya Pins ingin memulai bisnis tas khusus anak remaja, berikut ini contoh analisis yang bisa dilakukan.

Strengths:

  • Desain tas simpel
  • Menawarkan fitur seperti tambahan kantong dan resleting
  • Melayani pemesanan custom baik jumlah kecil maupun besar
  • Bisa dibeli secara online maupun offline

Weaknesses:

  • Pembuatan tas bergantung pada pesanan
  • Modal yang ada kurang jika ingin membuat tas dalam jumlah yang lebih besar
  • Jumlah tenaga kerja masih kurang

Opportunities:

  • Pasar yang luas
  • Masih belum banyak pesaing produk tersebut
  • Teknologi memudahkan penjualan

Threats:

  • Ketersediaan bahan yang kurang
  • Harga produksi yang tinggi

Berangkat dari poin-poin tersebut, Pins kemudian bisa menentukan langkah yang harus diambil guna mengembangkan usaha. Misalnya yaitu mencari supplier lain sehingga bahan baku selalu tersedia. Pins juga bisa menambah pekerja sehingga produksi tas bisa berjalan lebih cepat yang akan berpengaruh juga pada profit perusahaan.

Analisis SWOT penting untuk dilakukan karena bisa menentukan keberlangsungan perusahaan atau organisasi. Pins jangan lupa untuk aktif melakukan analisis ini supaya usaha milikmu semakin berkembang.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.