7 Ide Bisnis Game Online yang Dapat Jadi Pilihan Kamu

Diperbarui oleh Omri Cristian ∙ October 17, 2022 ∙ 6 menit membaca

Dalam beberapa tahun belakangan ini, bisnis game online menjadi salah satu bisnis dengan pasar yang menjanjikan di Indonesia. Sebagai salah satu negara pengguna internet terbesar di dunia, besarnya potensi bisnis ini di Indonesia bukan menjadi sesuatu yang mengherankan.

Dengan potensinya yang cukup besar Pins dapat mengembangkan bisnis permainan yang dimainkan secara online ini supaya dapat berkembang lebih jauh. Simak informasi lengkap mengenai peluang bisnis yang satu ini.

Peluang Bisnis dari Game Online

bisnis game online
(Shutterstock)

Dalam perkembangan teknologi dan internet muncul game online. Hal tersebut saat ini banyak digandrungi oleh para kawula muda. Sektor ini cukup menjanjikan apabila dijadikan sebagai peluang bisnis. Menurut laporan International Data Corporation (IDC), sekitar 16 juta atau 20% dari jumlah pengguna internet di Indonesia merupakan para gamers dengan pertumbuhan yang setiap tahunnya mencapai 30%.

Dengan demikian, bisnis game online berpotensi meraup keuntungan mencapai 150 juta dollar atau setara dengan Rp 1,45 triliun dari pendapatan dalam negeri. Sebuah pendapatan yang fantastis, mengingat jaringan internet dalam negeri yang masih lambat. Oleh karena itu, dapat diproyeksikan apabila infrasturktu akses internet lebih baik maka bisnis game dapat lebih berkembang pesat.

Baca juga:

Peta Bisnis Game di Indonesia

Namun sebelum memulai bisnis ini, Pins harus mengetahui terlebih dahulu peta bisnisnya di Indonesia. Hal ini penting diketahui agar Pins dapat optimal dalam membangun bisnis game nantinya. Secara umum, peta bisnis game di Indonesia dapat di analisis lewat tiga jenis:

Usaha Games Online

bisnis game online
(Shutterstock)

Bisnis game online ini semakin cepat perkembangannya. Walau disebutkan mempunyai imbas beresiko, tetapi ketertarikan akan games online seperti Mobile Legend, PUBG, Dota, Apex Legend tetap tinggi sekarang ini. Game-game ini bahkan kini dimainkan oleh semua kalangan. Oleh karena itu, Pins dapat menjalankan bisnis dari games semacam ini. Misalkan top-up game, jual-beli chip poker, kode-kode untuk upgrade figure dari games online itu.

Usaha Games Konsol

(Shutterstock)

Konsol Playstation, Playsation Portable (PSP), Nintendo masih banyak disukai. Bahkan sampai saat ini, game seperti Pro Evolution Soccer dan FIFA masiih banyak digandrungi. Jadi,games konsol tetap dapat menjadi pilihan bisnis Pins saat ini.

Baca juga: Bisnis Online dari Rumah, Waktu yang Tepat Mulai Usaha

Usaha Pengembang Games

bisnis game online
(Shutterstock)

Sebagai developer games Pins akan membuat banyak game untuk industri di Indonesia. Bisnis di sektor ini terhitung sebagai kelompok industri inovatif. Walaupun lebih rumit dibanding dua jenis sebelumnya, sektor ini diperkirakan semakin maju dan digandrungi oleh kalangan muda Indonesia.

Baca juga: Bisnis Online dari Rumah, Waktu yang Tepat Mulai Usaha

Mengapa Memilih Bisnis Game Online?

Terdapat beberapa alasan mengapa Pins harus terjun ke bisnis ini. Berikut ini beberapa alasan bisnis game yang telah Pinhome rangkum untuk Pins:

Industri Games Online di Indonesia Meningkat Pesat

(Shutterstock)

Pins yang sekedar main games atau bahkan yang mengikuti pertumbahan dan perubahan industri games di Indonesia tentu akan menyadari kenaikan cepat ini. Dalam sekian tahun ke belakang ini saja semakin ramai diselenggarakan persaingan games online, baik kompetisi skala kecil di mall atau kompetisi besar rasio nasional atau internasional.

Industri Games Banyak Bekerjasama dengan Sektor Lain

bisnis game online
(Shutterstock)

Kerjasama lintas sektor tentunya memberi Pins banyak keuntungan. Salah satunya, Pinsdapat menambah relasi dengan orang atau pihak di bidang non-game. Hal ini tentunya menjadi kesempatan Pins dalam mengembangkan bisnis lebih besar lagi.

Deras Advertiser

Developer beberapa game online semakin hari kian berani menggelontorkan banyak uangnya untuk berpromosi untuk merampas market games lain. Mungkin Pins tahu bahwa games seperti Free Fire juga pernah berani mengendorse Cristiano Ronaldo hingga tampil jadi watak dalam games.Proyek semacam ini apabila dikerjakan oleh tangan yang tepat dapat memperbesar keuntungan bisnis.

Baca juga: Bisnis Internet Tanpa Modal dengan PPC dan Toko Online

7 Ide Bisnis Game Online

Tidak hanya sebagai pengembang, Pins yang ingin terjun ke dunia bisnis game memiliki pilihan bisnis lain. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Jual-beli account games

(Shutterstock)

Jual beli account games dapat Pins lakukan apabila kamu dipandang pro oleh calon konsumen. Di bisnis ini, Pins harus cerdik dalam marketing. Pins dapat menjualnya di mana media sosial yang vital untuk jual-beli account. Selain itu, Pins juga dapat mencari account dengan harga relatif murah lalu menjualnya kembali. Cukup menguntungkan, bukan?

Membuat kanal YouTube

bisnis game online
(Shutterstock)

Cara ini dapat dicoba karena telah banyak Youtuber Gaming yang sukses. Misalnya, Jess No Limit dan MiawAug jika di Indonesia. Sedangkan, di luar negeri ada PewDiePie dengan banyak pecinta content gamingnya.

Jadi Streamer Games

(Shutterstock)

Pins juga dapat menjadi seorang streamer di basis seperti Twitch, Facebook Gaming, Nimo TV, Games.ly, Streamcraft, Cube TV, dan ada banyak lagi. Bisnis ini cocok untuk Pins yang memang memilih jadi seorang gamer.

Jasa Joki games

bisnis game online
(Shutterstock)

Joki games ini menjadi satu diantara banyak jasa games yang dapat memberikan keuntungan. Pins tidak perlu tambahan modal selain handphone dan paket internet. Salah satu modal penting yang Pins perlukan ialah kemampuan. Dari kemampuan inilah Pins dapat menjadi joki yang digemari banyak gamer.

Membuat Website Games

(Shutterstock)

Selain itu, Pins dapat berfokus untuk mengulas games. Tulisan-tulisan seputar dunia games ini dapat dimonetisasi dengan keuntungan yang mengagumkan. Hal yang terpenting ialah Pins dapat menulis artikel dan pintar mengoptimasi mesin pencari sekaligus melakukan promo website ke media sosial sehingga blogmu penuh oleh pengunjung.

Sesudah dirasakan lumayan ramai pengunjungnya sekitaran 1000 pengunjung/hari, Pins dapat mendaftarkan blogmu ke basis advertensi digital seperti Google Adsense atau Galaksion. Contoh website yang konsentrasi mengulas mengenai games adalah Gamebrott.

Afiliasi Pemasaran Produk Games

Apabila Pins menyukai pemasaran produk, Afiliasi pemasaran produk games bisa jadi adalah kesempatan usaha yang tepat. Dalam mewujudkan gagasan usaha gaming ini yang Pins butuhkan ialah tempat untuk promo dapat lewat YouTube, Instagram, Facebook, atau website. Pins nantinya dapat membuat account di basis penyuplai afiliasi pemasaran produk games.

Ikut Kompetisi Games

bisnis game online
(Shutterstock)

Pins yang memiliki team dalam games dan memang hebat di dalamnya dapat mencoba bisnis yang satu ini. Ikutilah kompetisi dari games yang Pins gemari tersebut. Mengikuti kompetisi games dapat membuat Pins dan tim menjadi jadi player yang kompetitif. Hal ini karena Pins akan bertemu dengan banyak orang yang tidak pernah dijumpai.

Baca juga: Sekarang Saatnya Menjalankan Bisnis dari Rumah

Demikian ulasan mengenai Bisnis Game Online yang dapat menjadi pilihan bisnis Pins. Semoga dapat menjadi motivasi dan banyak membawa manfaat untuk Pins.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget Ketahui Perbedaan MacBook Pro dan Air, Mana Yang Cocok Untuk Kamu?

Seperti yang Pins ketahui, perusahaan Apple selalu merilis dua varian laptop terbaru yaitu MacBook

Finansial
Finansial Apa itu FUD? Serta Moment Terbesar FUD?

Crypto adalah instrumen investasi yang mempunyai risiko sangat tinggi. Investasi crypto sebaiknya m

Gadget
Gadget 3 Cara Mendownload Google Classroom Di Laptop, Mudah Banget!

Sejak pandemi, beberapa instansi pendidikan menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran

Finansial
Finansial 10 NFT Marketplace Indonesia & Global yang Populer, Banyak Dipakai Investor!

Kepopuleran NFT (Non Fungible Token) di Indonesia turut beriringan dengan bermunculannya NFT market

Gadget
Gadget 6 Cara Ngeprint dari HP Tanpa Maupun Dengan Kabel

Pada era yang serba digital ini, semua hal dituntut untuk bisa lebih cepat. Begitu pula, dengan men

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia