Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Belajar Manajemen Adalah Cara untuk Atur Uang dan Kebutuhan

Belajar Manajemen Adalah Cara untuk Atur Uang dan Kebutuhan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 17 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Setiap orang tentunya perlu untuk mengatur sesuatu dalam kehidupannya. Mulai dari hal-hal kecil seperti jadwal sehari-hari sampai ke pengaturan keuangan. Manajemen adalah ilmu yang akan mempermudah pengaturan semua hal tersebut.

Pinhome – Menggunakan ilmu manajemen di kehidupan sehari-hari akan sangat membantu Pins. Praktik dari ilmu ini bisa memudahkan kamu untuk mengatur waktu, mengelola pekerjaan, dan juga hal lainnya. Pemanfaatan manajemen akan membantumu memiliki kehidupan yang lebih teratur atau terorganisir.

Yuk, Pins lebih mengerti mengenai manajemen! Simak penjelasan singkatnya di bawah ini!

Baca Juga: Perencanaan Keuangan Keluarga: Hal-Hal Ini Wajib Diperhatikan!

Apa Itu Manajemen?

manajemen
(Freerange Stock)

Mudahnya, manajemen adalah sebuah seni dalam mengatur, merencanakan, membangun organisasi, mengendalikan, dan juga mengawasi. Seorang ahli manajemen ingin memastikan semua hal berjalan dengan mulus baik untuk dirinya maupun untuk keperluan sebuah organisasi.

Supaya Pins lebih paham mengenai arti dari manajemen, berikut ini penjelasan dari berbagai ahli.

George Robert Terry mendefinisikan manajemen sebagai serangkaian tindakan untuk mencapai target dengan menggunakan sumber daya yang ada. Tindakan yang dimaksud di sini contohnya yaitu merencanakan, mengorganisasi, menggerakkan, dan juga mengawasi.

Sedangkan menurut Oey Liang Lee, manajemen adalah ilmu dan seni untuk menyusun perencanaan, mengorganisasi, mengarahkan, mengorganisasi, dan juga mengawasi manusia untuk mencapai tujuan dengan bantuan alat-alat yang ada.

Lawrence A. Apley memiliki pengertian yang berbeda tentang manajemen. Menurutnya, manajemen yaitu sebuah keahlian untuk menggerakkan orang lain untuk menyelesaikan sesuatu. Penjelasan ini hampir mirip dengan milik Mary Parker Foleot yang mengartikan manajemen sebagai seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

manajemen
(Glints)

Baca Juga: Tips Memberikan Pinjaman Uang Agar Tidak Rugi!

Salah satu tokoh lain, Henry Fayol memberikan beberapa fungsi dari manajemen. Fungsi-fungsi ini dikenal dengan fungsionalisme yang terdiri dari perencanaan atau planning, pengorganisasian atau organizing, pengarahan atau commanding, pengkoordinasian atau coordinating, dan pengendalian atau controlling.

  • Perencanaan

Perencanaan merupakan langkah awal yang fundamental dalam sebuah manajemen. Tanpa adanya planning, fungsi-fungsi lainnya tidak bisa dijalankan. Proses ini dilakukan untuk menghadapi masa depan yang tidak pasti. Perencanaan juga bisa disebut sebagai langkah antisipasi untuk menentukan strategi atau taktik dalam proses manajemen.

  • Pengorganisasian

Organizing menurut Henry Fayol memiliki beberapa prinsip yaitu pembagian tugas, kesatuan pengarahan, sentralisasi kekuasaan, dan adanya sebuah mata rantai atau tingkatan dalam organisasi. Pengorganisasian ini memisahkan bidang manajerial dan non manajerial.

  • Pengarahan

Pengarahan dalam manajemen digunakan untuk mengatur atau memberikan arahan kepada anggota organisasi. Commanding dilakukan supaya pegawai yang bersangkutan bisa menyelesaikan tugasnya sesuai perencanaan dengan baik.

  • Pengkoordinasian

Henry Fayol menyatakan bahwa salah satu fungsi dari manajemen yaitu koordinasi. Adanya manajemen memungkinkan sebuah kebersamaan dan penyelarasan organisasi guna mencapai tujuan.

  • Pengendalian

Manajemen juga memiliki fungsi untuk mengontrol. Ada beberapa aktivitas dalam controlling ini yaitu seperti memantau, membuktikan, serta memastikan bahwa semua tugas dilakukan sesuai standar dan rencana awal. Melalui fungsi ini, apabila terjadi sebuah masalah, maka organisasi bisa menemukan solusi yang tepat.

Unsur-unsur dalam Ilmu Ini

(Glassdoor)

Selain fungsi, manajemen juga memiliki unsur-unsur yang perlu dipahami guna mencapai tujuan. Unsur-unsur ini saling terhubung antara satu sama lain. Ada 7 unsur dalam manajemen yaitu sebagai berikut.

  • Man atau Manusia

Manusia merupakan unsur yang sangat penting dalam manajemen. Guna mencapai tujuan yang telah direncanakan dan diatur, manusia penting untuk memastikan hal tersebut tetap berjalan. Unsur ini ada guna menyelesaikan tugas yang ada sekaligus juga untuk memotivasi pekerja lainnya untuk bisa melakukan tanggung jawabnya dengan baik.

  • Money atau Uang

Pelaksanaan manajemen tidak bisa berjalan apabila tidak ada uang. Berbagai sumber daya yang diperlukan bisa didapatkan dengan unsur ini. Mengikuti hal ini, pengaturan keuangan juga menjadi hal krusial dalam menjalankan organisasi supaya proses manajemennya optimal.

  • Material

Material diperlukan dalam sebuah proses sebagai bahan baku. Apabila unsur ini tidak ada, maka proses tersebut tidak akan bisa dijalankan. Ketersediaan material juga akan berhubungan dengan unsur lain seperti manusia yang bisa bekerja jika bahan baku untuk menjalankan proses tersedia.

  • Machine atau Mesin

Proses untuk mencapai tujuan memerlukan sesuatu yang bisa membantu menjalankannya secara efisien, dalam hal ini hal yang diperlukan yaitu mesin. Adanya unsur ini akan membuat pekerjaan bisa dikerjakan dengan lebih mudah sehingga prosesnya pun akan menjadi lebih cepat. 

  • Method atau Metode

Unsur dalam manajemen berikutnya yaitu metode untuk menjalankan sebuah proses manajemen. Metode dijalankan oleh pemikiran manusia guna meningkatkan kelancaran serta efisiensi dari proses sehingga tujuan bisa dicapai. 

  • Market atau Pasar

Konsumen yang ada dalam pasar tidak hanya ada untuk menjadi target dari barang hasil produksi. Keberadaan unsur ini juga memungkinkan organisasi mendapatkan umpan balik atas proses manajemen yang telah dijalankan. Kekurangan dan kelebihan yang didapat dari hal tersebut akan membantu organisasi mempertahankan kualitas.

  • Menit

Di dalam manajemen, waktu merupakan hal yang sangatlah berharga. Saat melakukan perencanaan, efisiensi unsur ini sangat perlu untuk diperhitungkan. Kemudian, ketika proses produksi terjadi, waktu jugalah yang menjadi salah satu faktor utama keefektifan produksi.

Menerapkan Ilmu Manajemen untuk Mengatur Keuangan Pribadi

(The News Minute)

Penjelasan mengenai fungsi dan unsur manajemen di atas memang terlihat sangat berorientasi pada organisasi atau perusahaan. Namun, bukan berarti ilmu manajemen tidak bisa diterapkan dalam kehidupan pribadi. Salah satu hal yang bisa menggunakan manajemen yaitu pengaturan keuangan.

Manajemen keuangan adalah kegiatan untuk merencanakan, mengelola, menyimpan, serta mengendalikan dana atau aset. Arti tersebut merupakan sebuah penyesuaian dari pengertian manajemen secara umum.

Pins bisa menerapkan manajemen keuangan ini untuk mengatur kebutuhan serta arus dari uang yang dimiliki. Misalnya yaitu Pins memiliki keinginan untuk membeli sebuah rumah dengan harga tertentu. Hal tersebut merupakan tujuan dari pengelolaan manajemen dan harus dicapai.

Guna bisa memenuhi tujuan tersebut, Pins harus merencanakan strategi untuk meraihnya. Contoh strategi yang bisa digunakan misalnya yaitu dengan membagi penghasilan bulanan untuk kemudian ditabung. Hasil tabungan tersebut harus ditentukan jumlahnya sehingga Pins bisa memiliki gambaran tentang waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uang yang diperlukan.

Walaupun terdengar pendek dan sederhana, proses untuk mencapai keinginan membeli rumah tersebut sudah melibatkan sebuah manajemen. Pins sudah memiliki tujuan serta rencana untuk mendapatkannya. Di dalam proses tersebut juga ada unsur-unsur dari manajemen seperti manusia, uang, metode, serta menit.

Ilmu manajemen bisa diterapkan dalam berbagai aspek baik untuk keperluan pribadi maupun kelompok. Ketika memiliki sebuah tujuan, Pins jangan lupa menerapkan ilmu ini, ya, supaya goals tersebut lebih mudah dicapai.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel