BlogLifestyleEdukasiContoh dan Manfaat Teoritis dan Praktis dalam Suatu Penelitian
0
0

Contoh dan Manfaat Teoritis dan Praktis dalam Suatu Penelitian

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
manfaat teoritis dan praktistop-right-banner

Manfaat teoritis dan praktis dalam setiap kepenulisan karya tulis ilmiah biasanya mudah ditemukan. Contohnya saja untuk bentuk penelitian skripsi, tesis, desertasi, proposal pengajuan penelitian, dan lainnya tentu memiliki manfaat tersebut. Namun sistematika dalam kepenulisan manfaat penelitian ini tidak jauh berbeda dengan latar belakang yang ada.

Pins mungkin ingin mengetahui atau sedang mempelajari tentang bagaimana cara membuat karya ilmiah dan apa saja manfaat di dalamnya. Berikut beberapa manfaat dari suatu penelitian berdasarkan teori dan praktisnya!

Manfaat Penelitian

Tidak hanya PinValue yang memiliki manfaat untuk memberikan kemudahan bagi Pins dalam membeli rumah, manfaat penelitian juga perlu dipahami agar penelitian yang dilakukan lebih bermanfaat. Penjelasan mengenai manfaat menjadi bagian daripada BAB 1 yang berisi “Pendahuluan” bersamaan dengan tujuan penelitian sekaligus rumusan masalah. Secara garis besarnya sendiri manfaat penelitian ada yang merujuk secara teoritis dalam ilmu pengetahuan yang dipelajari ataupun secara praktis yang merujuk pada kegunaan untuk beragam keperluan.

Manfaat Teoritis

Manfaat teoritis adalah bagian penulisan yang berisi terkait kegunaan dalam pengembangan sistem ilmu pengatahuan yang diminati oleh setiap penelitian. Sehingga hal ini biasanya merujuk pada landasan teori yang digunakan. Setiap bentuk penelitian tentunya memerlukan landasan teori sebagai bagian dari metode penelitian. Untuk Pins yang sedang mencoba untuk melakukan penelitian, akan lebih baik jika kamu juga mengetahui teori yang akan digunakan. Hal itu dilakukan agar penelitian yang dilakukan lebih bermanfaat.

Manfaat Praktis

Manfaat praktis adalah penjelasan terkait dengan nilai kegunaan yang berguna untuk memecahkan masalah dalam beragam keperluan masyarakat di kehidupan sehari-hari. Hal ini bisa saja merujuk bagi perusahaan, organisasi sosial, civitas akademika, dan lainnya. Contohnya, dalam pembuatan skripsi atau tesis, biasanya peneliti akan mencantumkan manfaat praktis dari penelitian tersebut bagi civitas akademika. Berbeda dengan jenis tulisan lain yang tidak akan membutuhkan teori ataupun manfaat praktis di dalamnya.

Baca juga: Unsur Intrinsik Cerpen

Contoh Manfaat Teoritis dan Praktis

Adapun untuk sistematika yang bisa dicontohkan dalam kepenulisan manfaat teoritis dan manfaat praktis, misalnya pada contoh penelitian tentang gas buang dalam industrik pembangkit listrik. Berikut selengkapnya!

Penelitian Ilmiah

Prihal kepenulisan dalam penelitian ilmiah bisa saja merujuk pada sksipsi, tesis, atau keperluan lainnya. Pembuatannya bisanya beragam sesuai dengan objek penelitian dan subjek penelitian yang ada. Contohnya ketika akan mengkaji tentang “Sistem Manajemen Gas Buang Pada Industri dan Pembangkit Listrik Melalui Penerapan 4 CS“.

Manfaat Teoritis

Manfaat teoritis dalam penelitian ini, antara lain;

  1. Menggambarkan desain 4CS dalam merancang sebuah desain dan konsep sistem manajemen gas buang pada industri dan pembangkit listrik
  2. Mampu mengetahuai proses penyelesaian masalah polusi udara menggunakan sistem manajemen 4 CS dilakukan dengan menemukan literatur yang relevan.
  3. Mampu untuk menganalisis dan membahas bagaimana
    konsep kerja 4 CS yang diusulkan.

Manfaat Praktis

Manfaat praktis yang diperoleh dari penelitian ini yakni:

  1. Bagi industri dan pembangkit listrik, gagasan ini dapat diimplementasikan untuk mengurangi tingkat polusi udara akibat tingginya kadar polutan dan emisi gas buang hasil pembakaran yang dihasilkan.
  2. Bagi masyarakat dan lingkungan, gagasan ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi polusi udara dan meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan, ekosistem, serta makhluk hidup yang bebas dari polusi.
  3. Bagi pemerintah, gagasan ini dapat membantu mewujudkan salah satu tujuan dari SDGs 2030, yaitu “Penanganan Perubahan Iklim”.
  4. Bagi pembaca dan penulis, gagasan ini dapat menambah pengetahuan mengenai sistem manajemen gas buang melalui penerapan CC dan CCS dalam mereduksi emisi gas polutan akibat aktivitas perindustrian serta pembangkit listrik sebagai upaya menyelamatkan lingkungan
    hidup.

Baca juga: Apa Itu Karya Tulis Ilmiah? Pengertian, Ciri, dan Strukturnya!

Karya Ilmiah

Tentunya, ketika membuat suatu karya ilmiah Pins akan membutuhkan tempat yang nyaman dan suasana tenang. Kamu bisa mendapatkan semua itu di perumahan Grand Sharon Residence sebagai Perumahan di Kota Bandung yang terbaik. Untuk karya ilmiah, sistematika penulisan yang dibuat dalam menjelaskan tentang manfaat teoritis dan praktis tidaklah jauh berbeda. Berikut contoh manfaat dengan tema hydro electric dalam pemanfaatan limbah cair laundry sebagai sumber energi listrik:

Manfaat Teoritis

Manfaat teoritis dalam penelitian ini adalah;

Mendesain hetric (hydro electric) dalam pemanfaatan limbah cair laundry sebagai sumber energi listrik alternatif dengan penerapan elektrolisis

Manfaat Praktis

Manfaat praktis yang didapatkan dari penelitian ini adalah:

  1. Bagi masyarakat, dapat meningkatkan pengetahuan mengenai manfaat dari air limbah laundry yang dapat menjadi energi alternatif dengan abu gosok sebagai bahan aktifnya.
  2. Bagi pengusaha, sebagai pengembangan dan pemanfaatan pengetahuan tentang air laundry dan
    energi alternatif.

Itulah beberapa manfaat teoritis dan praktis yang bisa Pins temukan dalam sebuah penelitian. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap penelitian tentunya harus mengandung manfaat tersebut agar bisa dirasakan oleh masyarakat luas. Sekarang Pins sudah lebih paham kan? Selamat mencoba!

Baca juga: Macam-Macam Jenis Penelitian

Featured image source: Detik.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Elora Residence Pamulang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download