Kamus Istilah Properti

Wesel Tagih

istilah properti

Wesel Tagih

Wesel tagih merupakan janji tertulis namun tak bersyarat yang dibuat oleh pihak satu dengan lainnya serta ditandatangani oleh si pembuatnya guna membayar sejumlah uang terkait permintaan pada suatu tanggal yang ditetapkan pada masa yang akan datang terhadap pihak yang memerintahkannya.

Karakteristik dan Fungsinya

(Pexels)

Secara singkat wesel tagih adalah pernyataan jumlah utang milik pelanggan dalam bentuk tertulis. Sifatnya formal sehingga dapat dikategorikan sebagai aset lancar. Aset ini masuk pula pada neraca awal maupun neraca akhir.

Wesel ini juga dapat digunakan untuk melunasi piutang pelanggan. Diharapkan wesel dapat ditagih dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Dengan menandatangani wesel ini maka debitur mengakui adanya utang tersebut.

Wesel memiliki klaim hukum yang kuat. Surat tagihan ini dapat dibayarkan oleh perusahaan, pelanggan atau penanggung wesel itu sendiri. 

Surat tersebut ditandatangani oleh individu maupun badan usaha yang terkait atas perjanjian wesel. Mereka yang menerima uang wesel akan disebut dengan payee sementara pihak yang membuat janji adalah maker.

Ciri dari wesel tagih ini diantaranya bisa pula melalui poin-poin yang ada di bawah ini :

  1. Wesel tidak memiliki denda pembayaran dimuka karena pembuatnya akan melunasi jumlah utang sebelum jatuh tempo secara bebas. Keuntungan dari wesel ini ialah menghemat jumlah hutang
  2. Pada bunga yang diterima oleh pemegang akan dinyatakan sebagai beban bunga dan masuk dalam laporan laba rugi. 
  3. Wesel ini bisa berada di aset lancar atau tidak lancar. Ia bisa berada di aset lancar jika dibayarkan kurang dari tanggal jatuh tempo. Sebaliknya bila melebihi jatuh tempo akan dikategorikan sebagai aset tidak lancar.
  4. Jangka waktu wesel dapat diperpanjang bahkan lebih dari 30 hari. Hal ini memberikan lebih banyak waktu bagi debitur untuk membayar utangnya

Digolongkan dalam aset sehingga mampu meningkatkan likuiditas perusahaan tersebut. Wesel ini dibuat dari sudut pandang pemberi pinjaman sehingga akan bertambah di sisi debit.

Baca Juga: Abdomen Listrik

Fungsi lainnya adalah dapat dipakai untuk melunasi piutang pembeli. Wesel memiliki kekuatan hukum yang kuat sehingga perusahaan dapat menagih piutang tersebut.

Komponen Utama

Komponen utama dari aset ini ada beberapa poin. Diantaranya bisa disimak sebagai berikut :

  • Suku Bunga

Adanya penetapan suku bunga nominal yang harus dibayarkan sesuai dengan ketentuan perjanjian. Penetapan suku bunga ini umumnya setiap tahun tanpa pengecualian tertentu

  • Maturity Value

Maturity value ialah nilai jatuh tempo yakni jumlah yang harus dibayarkan ketika batas waktu pembayaran tercapai. Dalam akuntansi disebut dengan tanggal jatuh tempo atau due date

Ada batas pembayaran terakhir atau tanggal jatuh tempo pembayaran ditetapkan sebagai pembukuan pemasukan.

  • Maturity Date

Wesel memiliki jangka waktu dimana tanggal akan jatuh tempo atau angsuran bulanan. Besaran angsuran bisa bersama pokok dan bunganya atau hanya pokoknya saja. Maturity date adalah kerangka waktu dimana wesel harus dilunasi. 

  • Nilai Pokok

Nilai pokok ialah nilai nominal dari uang kertas

  • Pembuat

Pembuat adalah pihak yang menyiapkan catatan yang berjanji untuk membayar jumlah sesuai ketentuan kepada pemegang wesel. Bagi pembuatnya wesel ini akan dikategorikan sebagai wesel bayar

Contoh dan Cara Pencatatannya

Dalam perhitungan bunga dari wesel tagih bisa menggunakan rumus sebagai berikut :

Nilai Pokok x Suku Bunga x Jangka Waktu = Bunga Yang Diperoleh

Contohnya ada wesel dengan nilai pokok Rp. 2.000.000 untuk satu tahun. Suku bunga yang ditetapkan per tahunnya adalah 12 % maka :

Rp. 2.000.000 x 12 % x 1 tahun = Rp. 240.000 untuk besaran bunga yang diperoleh.

Jika dalam contoh diatas wesel tersebut hanya untuk 90 hari namun suku bunganya tetap maka perhitungannya adalah sebagai berikut :

(90/360) x (Rp. 2.000.000 x 12%) = Rp. 60.000

Jurnal yang dibuat ketika menerima wesel adalah wesel tagih di sisi debit dan kreditnya berupa piutang usaha. Ketika sudah diterima pelunasan maka kas di debet lalu wesel tagih serta pendapatan bunga di kredit.

Perbedaan Wesel Tagih dan Wesel Bayar

(Pexels)

Tak jarang orang salah menyebutkan wesel bayar sebagai wesel tagih. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang lumayan besar diantaranya adalah :

Pelunasan dan Pencatatan Jurnal

Wesel tagih yang memiliki waktu penagihan satu tahun akan dimunculkan pada aset lancar di neraca laporan keuangan. Jika wesel bayar dibayar dalam jangka waktu kurang dari sama dengan setahun disebut dengan kewajiban lancar.

Wesel bayar yang dilunasi lebih dari setahun dilaporkan sebagai kewajiban jangka panjang.

Beda Definisi

Wesel bayar adalah perwujudan surat utang agar wesel digunakan membayar utang usaha yang sudah jatuh tempo. Wesel tagih sebaliknya dikenal sebagai surat piutang dan memiliki atau tanpa bunga.

Beda Karakteristik

Wesel bayar memiliki 3 karakteristik yakni dibuat oleh pihak peminjam, termasuk pasiva dan pada jurnal bertambah dalam kolom kredit. Sementara wesel tagih termasuk dalam aktiva, bertambah ketika di debit dan dibuat oleh pemberi utang.

Wesel tagih bisa menjadi aset lancar perusahaan karena merupakan piutang. Wesel ini kadang memiliki bunga dan kadang tidak. Selain itu memiliki kekuatan hukum yang kuat.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.