Kamus Istilah Properti

Struktur Tanah

istilah properti

Struktur Tanah

Struktur tanah adalah sifat fisik tanah yang menggambarkan susunan komposisi partikel tanah dari lapisan terbawah sampai permukaan. 

Apa Itu Struktur Tanah?

struktur tanah
(Construction Plus Asia)

Ketika Pins hendak memulai konstruksi, struktur tanah adalah hal yang sangat penting untuk diketahui. Sebab, tanah memiliki berbagai struktur dan tekstur yang bervariasi. 

Struktur tanah adalah sifat fisik tanah yang menggambarkan susunan komposisi partikel tanah dari lapisan terbawah sampai permukaan. Partikel tersebut mulai dari batuan kerikil, batuan padat, debu, pasir, sampai tanah liat yang terbentuk dengan cara alami.

Masing-masing susunan partikel tersebut memiliki tingkatan yang berbeda, walaupun bahan organik yang terkandung di dalamnya memiliki keterkaitan satu sama lainnya. 

Kondisi inilah yang membuat pada setiap kedalaman lapisan tanah, bentuk, sifat, komponen penyusunan, hingga ukurannya juga berbeda. Perbedaan kondisi pada sebuah struktur tanah turut dipengaruhi oleh campuran lainnya lain seperti oksida, silika, dan karbon yang saling tercampur menjadi satu. 

Selain dari kedalamannya, kualitas struktur tanah pada setiap daerah juga akan berbeda-beda, menyesuaikan kondisi alam, lingkungan, serta curah hujan kawasan tersebut. 

Pasalnya, tanah yang letaknya berada di wilayah dengan curah hujan tinggi umumnya mempunyai struktur remah. Sementara daerah yang panas, struktur lapisan bawahnya lebih prismatik di mana bagian atas tanah akan terlihat berbentuk tidak membulat.

Baca Juga:

Fungsi Struktur Tanah 

(Science)

Mengetahui struktur tanah sangatlah penting karena memiliki pengaruh yang tinggi pada kehidupan. Fungsi struktur tanah adalah sebagai berikut: 

Memastikan Kualitas Tanah

Struktur tanah dapat digunakan mengetahui kondisi lingkungan sekitar. Melalui strukturnya, Pins dapat mengetahui kandungan tanahnya apakah dalam kondisi baik dan stabil.

Kandungannya juga dapat memastikan kualitas tanah. Jika tanah di lingkungan tersebut baik, maka tidak akan terkontaminasi material kimia. 

Mengetahui Kesuburan Tanah

Selain kualitasnya, Pins juga dapat mengetahui tingkat kesuburan tanah melalui strukturnya. Hal ini dilakukan dengan cara melihat kandungan organisme yang terkandung di dalamnya. 

Pada tanah yang memiliki struktural yang baik, tentu akan terkandung organisme yang mendukung kesuburan tanah seperti cacing tanah. Tanah ini bisa Pins manfaatkan untuk melakukan bercocok tanam dan berkebun. 

Perhitungan Sistem Penyerapan Air

Untuk dapat melakukan perhitungan sistem penyerapan air, maka harus mengetahui struktur dan karakteristik tanahnya. 

Jadi, ketika suatu wilayah akan dilakukan pembangunan sistem penyerapan air, maka pastikan memilih tanah dengan struktural yang kandungan airnya tinggi. Hal ini akan memudahkan ketika proses penggalian maupun aliran air nantinya. 

Memilih Pondasi Rumah

Fungsi struktur tanah lainnya terkait dengan proses konstruksi sebuah bangunan. Sebab, mengetahui strukturnya dan kondisi tanah, bisa menentukan jenis pondasi rumah yang tepat.

Seperti yang diketahui, pondasi rumah terdiri dari berbagai jenis dengan karakteristik berbeda, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi tanah. Sebagai contoh, Pins bisa memilih jenis pondasi batu kali pada tanah yang stabil. 

Dengan jenis pondasi yang tepat dan sesuai dengan kondisi tanah, maka tentu bangunan akan lebih tahan lama. 

Penelitian

Fungsi penelitian terkait dengan kebencanaan, perubahan cuaca dan iklim pada sebuah wilayah. Jadi, peneliti dapat memberikan hasil laporan penelitiannya tentang struktur tanah wilayah tertentu untuk meminimalisir bencana yang terkait dengan tanah, seperti longsor dan banjir. 

Alhasil, pihak terkait bisa melakukan pencegahan dan deteksi lebih dini. 

Baca Juga:

Jenis Struktur Tanah

jenis struktur tanah
(National Geographic)

Struktur tanah memiliki beberapa jenis yang memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda. Dengan mengetahui jenisnya, maka Pins akan sangat terbantu ketika hendak membeli sebidang tanah.

Yuk, simak beberapa jenis struktur tanah berikut ini: 

  • Prismatic: jenis yang struktur vertikal yang lebih panjang dari sumbu horizontal. Sementara pada bagian atas berbentuk tidak membulat.
  • Platy (Lempeng): memiliki bentuk sumbu vertikal yang lebih pendek dibandingkan struktur horizontalnya. Jenis ini akan terlihat seperti lempengan tanah.
  • Angular Blocky (Gumpal Bersudut): kondisi struktur tanah ketika sumbu vertikal dan horizontal sama panjangnya. Sementara pada sudutnya membentuk struktur yang sedikit tajam.
  • Subangular Blocky (Gumpal Membulat): strukturnya terlihat membentuk beberapa sudut membulat. Namun, struktur tanah membentuk sisi membulat.
  • Columnar (Tiang): sumbu vertikal yang lebih panjang daripada sumbu horizontal. Sementara di bagian atasnya akan terlihat seperti memiliki bentuk yang sedikit membulat.
  • Granular (Butiran): tanahnya berbentuk membulat dengan banyak sisi berbeda dengan gumpal tanpa pori.   
  • Grumb (Remah): kondisi struktural tanah yang terlihat sisi yang berpori dan sedikit lebih kering. Biasanya, kondisi ini disebabkan karena wilayah tersebut kurang mendapatkan air hujan. 

Mengenal Jenis Tekstur pada Struktur Tanah  

(PCC Markets)

Sementara itu, jika dilihat dari teksturnya, ada beberapa jenis antara lain:

Tekstur Tanah Kasar dan Berpasir

Jenis tekstur tanah yang pertama kasar dan berpasir karena terdiri dari unsur pasir sebanyak 70%. Tanah yang memiliki unsur pasir yang besar ini umumnya terletak di wilayah dengan curah hujan jarang.

Selain itu, tanah ini juga bisa ditemukan di wilayah yang gersang. 

Tekstur Tanah Sedang

Tanah bertekstur sedang terdiri dari 50% unsur pasir yang didalamnya memiliki tekstur yang berbeda. 

Tekstur ini sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan kering. Pasir akan semakin banyak dan halus jika lingkungannya semakin kering. 

Tekstur Tanah Halus

Jenis yang terakhir terdiri dari kandungan tanah liat sebesar 37,5% di dalam tanah. Keberadaan tanah liat ini membuat pori-pori dalam tanah lebih mengecil.

Hal ini menjadikan tanah terasa lebih berat dan padat. Selain itu, tanah yang memiliki kandungan kandungan debu lebih banyak, maka jumlah pori-pori yang ada pun menjadi lebih banyak.

Demikian pembahasan mengenai struktur tanah, beserta fungsi, jenis dan tekstur yang sangat penting untuk diketahui. Mengingat perannya yang tinggi, pastikan kita selalu bisa menjaga kondisi tanah dan mengurangi pencemaran.

Semoga informasi ini bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.