Kamus Istilah Properti

Teknik Sipil

istilah properti

Teknik Sipil

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang merancang, membangun, dan merenovasi gedung, infrastruktur, hingga lingkungan yang berkaitan dengan keberlangsungan kehidupan manusia.

Apa itu Teknik Sipil?

teknik sipil
sumber: Pixabay

Teknik sipil merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang merancang, membangun, dan merenovasi gedung, infrastruktur, hingga lingkungan yang berkaitan dengan keberlangsungan kehidupan manusia. Teknik sipil merupakan ilmu yang cukup luas, karena berkembang sesuai dengan kebutuhan. Bahkan bidang yang satu ini memiliki beberapa cabang ilmu lagi. 

Cabang-Cabang Ilmu Teknik Sipil

teknik sipil
sumber: Borko Manigoda dari Pixabay

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teknik sipil merupakan ilmu yang sangat luas. Bidang yang satu ini memiliki cabang-cabang ilmu lagi di dalamnya yang saling berhubungan. Apa saja? Ini dia daftarnya.

1. Geoteknik

Geoteknik adalah cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari struktur dan sifat dari tanah dan batuan. Dalam dunia konstruksi, struktur tanah sangatlah penting karena akan menjadi landasan dari pembangunan sehingga penting untuk mengetahui struktur tanah. Dalam cabang ilmu geoteknik Pins dapat mempelajari pondasi, kekuatan tanah, mekanika tanah, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan tanah. 

Biasanya cabang ilmu yang satu ini sangat diperlukan dalam konstruksi pembuatan terowongan, jalan, bendungan, gedung dan masih banyak lagi. Intinya pada cabang ilmu ini, Pins akan mempelajari tentang struktur tanah untuk membangun suatu konstruksi.

2. Struktur Bangunan

Mungkin sudah banyak sekali dari Pins yang mengetahui bahwa teknik sipil erat kaitannya dengan struktur bangunan. Pada cabang ilmu struktur bangunan, Pins akan mempelajari tentang struktur material yang akan digunakan dalam membangun suatu bangunan seperti beton, kayu, baja, dan lain-lain. 

Nah dengan mengetahui hal-hal tersebut, Pins jadi dapat menganalisis material yang cocok digunakan untuk membuat suatu bangunan dapat dibangun dengan kuat. Cabang ilmu ini umumnya berkaitan dengan konstruksi pembangunan gedung high-rise building seperti terminal transportasi publik, yaitu bandara, pelabuhan, dan fasilitas publik seperti jembatan, jalan, dan fasilitas publik, serta bangunan lain seperti rumah dan gedung. 

3. Manajemen Konstruksi

Cabang ilmu lain yang terdapat dalam bidang teknik sipil adalah manajemen konstruksi. Jika dilihat dari namanya saja, sudah jelas tentu cabang ilmu ini berkaitan dengan pengelolaan suatu konstruksi. Ya, cabang ilmu manajemen konstruksi berkaitan dengan proses pengelolaan suatu proyek konstruksi seperti anggaran biaya proyek, perencanaan pelaksanaan proyek, monitoring proyek, legalitas proyek,  anggaran biaya, hingga ketepatan waktu selesainya proyek konstruksi.

4. Teknik Lingkungan

Seperti namanya, cabang yang satu ini memang berkaitan dengan lingkungan. Teknik lingkungan biasanya membahas hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan seperti polusi udara, polusi suara, pencemaran air, pencemaran tanah, pengolahan limbah, dan masih banyak lagi.

5. Hidrologi

Pernahkah Pins mendengar hidrologi dalam cabang ilmu teknik sipil? Ya, hidrologi adalah salah satu cabang ilmu dari teknik sipil. Hidrologi merupakan ilmu yang berkaitan dengan air. Biasanya cabang ilmu ini berkaitan dengan debit air sungai, curah hujan, dan masih banyak lagi. Cabang ilmu hidrologi berperan penting dalam pembuatan drainase, bendungan, irigasi, pelabuhan, dan dermaga.

6. Informatika Teknik Sipil

Informatika teknik sipil adalah cabang ilmu yang cukup baru dalam bidang ini. Karena dalam cabang ilmu ini terdapat penerapan komputer yang berperan dalam pemodelan dan perhitungan dalam proyek pembangunan.

7. Transportasi

Mungkin Pins tidak mengira bahwa ternyata dalam bidang teknik sipil terdapat cabang ilmu transportasi Ya, cabang ilmu ini berkaitan dengan sistem transportasi dan konstruksi terminal transportasi. Bahkan cabang ilmu yang satu ini juga membahas rekayasa lalu lintas sehingga perannya sangat penting dalam berjalannya suatu sistem transportasi dan jalur transportasi.

Peran Teknik Sipil dalam Dunia Properti

sumber: Pixabay

Jika teknik arsitektur membahas tentang cara mendesain sebuah bangunan hingga memiliki nilai estetika dan fungsi yang baik, teknik sipil juga memiliki peran yang sangat penting dalam dunia properti. Teknik sipil dapat membuat proyek pembangunan properti berjalan dengan lebih mudah. Mengingat fungsinya yang dapat menganalisa struktur tanah sehingga pondasi untuk properti yang akan dibangunan kuat dan aman. Selain itu, bidang ini juga berperan penting dalam menganalisa struktur material yang akan digunakan untuk membangun properti mulai dari gedung-gedung tinggi maupun properti hunian seperti rumah. Alhasil, properti dapat dibangun dengan kuat dan aman.

Itulah informasi tentang apa itu teknik sipil,cabang-cabang ilmu di dalamnya, dan perannya dalam dunia properti. Semoga bermanfaat!


Bagi Pins yang sedang mencari rumah pertama, temukan beragam pilihan rumah idaman terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Anda di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.