Info Area

24 Tempat Nongkrong di Solo yang Asyik untuk Kumpul Bersama Teman

Kota Surakarta atau yang lebih populer disebut dengan Kota Solo memiliki julukan sebagai spirit of Java. Kota yang dulunya merupakan bagian dari Kesultanan Mataram Islam ini memang masih kental dengan unsur tradisi dan budayanya. Meskipun demikian, mengikuti perkembangan zaman kini telah banyak tempat nongkrong di Solo yang ramah dengan generasi muda.

Nama Solo mungkin kalah tenar jika dibandingkan dengan Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi. Padahal, Solo juga menawarkan berbagai macam aktivitas wisata dan rekreasi yang menarik. Memiliki julukan sebagai The Spirit of Java, Kota Solo juga selalu ngangenin. Apalagi, sekarang sudah banyak tempat nongkrong di Solo yang membuat kunjunganmu ke sana semakin berkesan.

Tidak sulit mencari tempat nongkrong di Solo yang nyaman dan instagramable serta dengan sajian hidangan yang lezat. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Cafe Tiga Tjeret

(Pemerintah Kota Surakarta)

Jika di Yogyakarta dikenal dengan nama angkringan, maka di Solo sebutannya adalah wedangan. Konsepnya tetap sama, hanya namanya saja yang berbeda. Mengikuti perkembangan zaman, wedangan di Solo kini juga sudah banyak yang dikemas lebih modern. Sudah tidak lagi di warung tenda kaki lima, beberapa wedangan sekarang menjelma sebagai kafe.

Salah satunya adalah Cafe Tiga Tjeret yang menyajikan beragam menu khas wedangan, seperti aneka sate, baceman, nasi kucing, gorengan, dan lain-lainnya. Mulai buka sejak jam 11 siang hingga 1 dinihari, tempat ini selalu menjadi pilihan warga Solo untuk nongkrong bersama dengan teman-teman.

Cafe Tiga Tjeret : JL. Ronggowarsito No.97, Keprabon, Banjarsari, Surakarta.

2. Kedai Tenda Daun

(Pemerintah Kota Surakarta)

Selain diterapkan pada hunian, konsep back to nature juga sering diaplikasikan pada berbagai tempat lain, seperti misalnya tempat makan. Dengan nuansa yang teduh, asri, dan hijau, membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan. Apalagi, bila pilihan menu yang disajikannya juga enak dan lezat.

Untuk mengakomodir hal tersebut, Kedai Tenda Daun hadir dengan konsep nuansa alam yang bikin betah pengunjung. Tempat duduk untuk pengunjung ditata persis di bawah rindangnya pepohonan yang tumbuh di dalam kafe. Pada malam hari, suasana berubah menjadi lebih romantis dengan nyala lampu yang di pasang di antara pohon.

Kedai Tenda Daun : (Belakang KPUD Surakarta) JL. Kahuripan Timur 3 No. 19, Sumber, Banjarsari, Surakarta.

3. Grandis Barn

(Travel Kompas)

Memiliki konsep mirip dengan gudang yang berada di tengah-tengah hutan jati, tempat nongkrong di Solo ini menjadi salah satu yang terunik dan kekinian serta digemari oleh banyak orang. Lokasi tepatnya memang berada di Kabupaten Karanganyar, tetapi masih dapat dijangkau dengan mudah dari Kota Solo.

Rata-rata pengunjung yang datang sengaja mencari spot foto instagramable yang banyak tersedia di Grandis Barn. Selain dekorasinya yang menawan, yang bikin pembeli rela mengantre adalah sajian menu makanannya yang serba enak dan lezat. Grandis Barn buka mulai jam 10 pagi setiap harinya.

Grandis Barn : JL. Adi Sucipto, Blukukan Dua, Blulukan, Colomadu, Karanganyar.

4. Xocolatl

(Fiesta Radio)

Nongkrong biasanya memang paling asyik bila bersama dengan teman-teman dekat. Namun, pastinya lebih menyenangkan lagi bila bisa nongkrong bersama dengan pacar atau gebetan. Nah, di Solo, Xocolatl bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat nongkrong romantis bersama dengan dia yang kamu sukai.

Xocolatl memiliki konsep sebagai dessert house, tidak heran bila di sana terdapat banyak sekali menu pencuci mulut dan aneka penganan manis lainnya. Beberapa varian dessert yang bisa kamu pesan, seperti cake dan eclair, selain itu ada juga menu kopi, cokelat, teh, jus, serta lainnya dengan harga terjangkau.

Xocolatl Dessert House : Kawasan Baron, JL. Dr. Radjiman 374, Solo.

5. Wedangan Pendopo

(Fiesta Radio)

Di Solo, kedai wedangan bisa ditemukan di mana saja. Umumnya buka dari senja hingga dinihari, ada pula yang buka sampai 24 jam. Wedangan Pendopo menjadi salah satu pilihan tempat nongkrong di Solo yang mengasyikkan. Mengusung konsep dan gaya tahun 70-an, bangunan kedai berupa pendopo Joglo khas Jawa. Menu yang disajikan memang tidak jauh beda dari wedangan-wedangan lain yang ada di Solo.

Namun, dekorasi ruangannya yang unik dengan berbagai barang antik menghiasi, membuat pengunjung semakin tertarik untuk datang. Cobalah beberapa menu khas dari Wedangan Pendopo, seperti wedang jahe atau gorengannya, rasanya juga khas dan nikmat. Harganya? Tentu saja murah meriah.

Wedangan Pendopo : JL. Srigading I No. 20, Mangkubumen, Surakarta.

6. Wedangan Radjiman

(Kelurahan Sondakan)

Rekomendasi wedangan selanjutnya adalah Wedangan Radjiman. Tempat ini selalu penuh dan ramai oleh pengunjung, apalagi tersedia fasilitas WiFi yang membuat nongkrong semakin nyaman. Tempat makan satu ini juga memiliki tagline unik, yaitu you will never wedangan alone.

Suasananya yang asyik dan meriah menjadi daya tarik bagi Wedangan Radjiman. Berbagai macam acara juga biasa digelar di sana, seperti nobar pertandingan sepakbola. Makan di Wedangan Radjiman tidak perlu takut dompet boncos karena mulai dari 5 ribu saja kamu sudah bisa makan kenyang.

Wedangan Radjiman : JL. Dr. Rajiman No. 554, Sondakan, Laweyan, Surakarta.

7. Cangkir Blirik

(Majalah Feature Indonesia)

Wedangan hit di Solo selanjutnya adalah Cangkir Blirik. Konsepnya berupa rumah Joglo yang merupakan rumah tradisional Jawa, di dalamnya juga terdapat gazebo bagi para tamu yang ingin bersantai. Parkiran Cangkir Blirik cukup luas, sehingga kamu tidak akan kesulitan memarkir kendaraan ketika berkunjung.

Dibuka sejak tahun 2013 lalu, Cangkir Blirik kini menjadi tempat nongkrong di Solo yang cukup favorit. Menu-menu yang tersedia juga banyak ragamnya. Selain menu biasa, di sini kamu juga bisa menemukan sate bekicot dan sate jeroan sapi. Tertarik untuk mencobanya?

Cangkir Blirik : JL. Banyuanyar Selatan No. 22B, Banyuanyar, Banjarsari, Surakarta.

8. Omah Londo

(YouTube)

Sesuai dengan namanya, Omah Londo berarti rumah orang Belanda. Wedangan ini menempati bangunan rumah Belanda klasik bercat putih. Area pengunjung dibagi menjadi dua, yaitu area indoor dan outdoor. Penataan ruangannya sengaja terkesan jadul khas tahun 80-an dan setiap minggu terdapat pertunjukan musik nostalgia langsung.

Pada Omah Londo, menu-menu makanan berat, seperti nasi, bakmi, dan aneka sayuran dibungkus dengan daun pisang. Signature menu yang ada pada Omah Londo, misalnya saja nasi bakar, garang asem, bakmi goreng, dan nasi usus mercon. Makanan utama di Omah Londo dibanderol mulai dari 4 ribu, sedangkan aneka lauknya mulai dari 2 ribuan saja.

Omah Londo : JL. Agus Salim No. 2A, Sondakan, Laweyan, Surakarta.

9. Mom Milk

(Info Bekasi)

Bagi yang menghindari minum kopi dan ingin mencari alternatif minuman lainnya, mungkin susu bisa menjadi pilihan tepatnya. Di Solo, kamu bisa minum susu sepuasnya di Mommilk yang lokasinya dekat dengan Stadion Manahan. Di sana, kamu bisa mencicipi aneka menu susu dengan berbagai pilihan rasa.

Sebagai tempat tongkrongan, tentunya Mom Milk tidak hanya menyediakan hidangan susu saja. Ada, lo menu makanan lainnya yang tersedia untuk menemanimu minum susu. Kamu bisa juga memesan kentang goreng, mie goreng, nasi goreng, hingga steak. Bukan hanya makanan dan minumannya saja yang lezat, suasana tempatnya juga nyaman serta instagramable.

Mom Milk Solo : JL. Adi Sucipto No. 4, Manahan, Banjarsari, Surakarta.

10. Cafe Librairie

(Pemerintah Kota Surakarta)

Di Solo, selain wedangan, kita juga bisa menemukan beberapa tempat nongkrong yang unik. Kamu bisa datang ke Cafe Librairie. Tempat ini merupakan gabungan dari perpustakaan dan kafe, unik bukan? Bagi kamu yang hobi membaca, tempat ini pastinya menjadi salah satu hidden gem dan wajib dikunjungi ketika berada di Solo.

Banyak jenis buku yang disediakan di tempat nongkrong di Solo satu ini. Pengunjung dapat membacanya sambil menikmati hidangan yang tersedia. Suasana nyaman dan homey juga terpancar dari ruangan dua lantai ini. Tidak perlu khawatir dimarahi pengunjung lain jika berisik karena tempat ini bukanlah perpustakaan.

Cafe Librairie : JL. Lumban Tobing No. 2, Setabelan, Banjarsari, Surakarta.

11. Ndoro Donker

(Trip Advisor)

Di Ndoro Donker, kamu bisa mencoba beragam teh dengan suasana yang nyaman dan menenangkan. Lokasinya memang tidak persis di Solo, tetapi di Karanganyar. Sebagai tea house, Ndoro Donker juga memiliki pemandangan kebun teh yang cantik. Bila ke sini, duduklah di bagian teras belakang untuk menikmati pemandangan yang menyegarkan.

Varian teh yang dapat disajikan oleh Ndoro Donker cukup banyak. Kamu bisa memesan teh melati yang sederhana, english breakfast favorit bangsawan Inggris, ocha layaknya orang Jepang, hingga lavender dan camomile yang menyegarkan. Untuk makanan, tersedia menu kari ayam hingga iga bakar.

Ndoro Donker : Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar.

12. Ngopi Serius

(Minum Kopi)

Tempat nongkrong di Solo terfavorit memang di kedai kopi. Kini sudah banyak pilihan coffee shop untuk dijadikan tempat santai dan berkumpul bersama dengan teman-teman. Salah satunya adalah Ngopi Serius, yang yang berada di kawasan  Purwosari, Solo.

Menu minuman yang ada memang didominasi oleh kopi. Bagi penggemar minuman berkafeina, tentunya Ngopi Serius bisa menjadi tempat pilihan terbaik. Selain kopi, ada pula berbagai macam makanan lezat yang bisa dipesan untuk mendampingi kopi. Ngopi Serius buka dari jam 4 sore dan tutup tepat pada tengah malam.

Ngopi Serius :  JL. Melati No.7, Purwosari, Laweyan, Surakarta.

13. Cafedangan

(Restaurant Guru)

Solo memang tidak pernah habis menawarkan berbagai tempat nongkrong menarik. Cafedangan juga jangan sampai kamu lewatkan ketika sedang singgah di Solo. Tempatnya yang begitu sederhana, serasa pas digunakan sebagai tempat berkumpul sambil mengobrol tentang masalah-masalah ringan atau sekadar saling bercanda.

Kongko di sini tidak afdal rasanya bila tidak memesan makanan dan minuman yang harganya sangat ramah di kantong. Berbagai macam menu wedangan, seperti sate ati, sate usus, sate ampela, dan lain-lainnya juga tersedia. Oh, jangan lupa pesan gorengan juga karena menu tersebut merupakan salah satu yang difavoritkan.

Cafedangan : JL. Adi Sucipto No. 80, Jajar, Laweyan, Surakarta.

14. D’Cappello Patisserie

(Zomato)

Tempat nongkrong di Solo tidak melulu wedangan dan tempat sejenis lainnya. Kamu dan teman-teman juga bisa kongko manja sambil menikmati aneka kudapan manis. Salah satu tempat yang khusus menyediakan aneka menu dessert di Solo adalah D’Capello Patisserie. Patiseri ini merupakan toko kue terkenal di Solo.

Interior ruangan kafe didominasi oleh warna putih. Untuk memesan makanan, kamu bisa langsung ke kasir dan melakukan pembayarannya secara langsung. Tidak hanya menu kue, cake, dan roti manis yang tersedia, ada pula menu pasta. Kamu juga bisa memesan macam-macam cake untuk kebutuhan berbagai acara di sini.

D’Capello Patisserie : JL. Honggowongso No. 30 B-C, Sriwedari, Laweyan, Surakarta.

15. TeaCo Cafe

(Pemerintah Kota Surakarta)

Bila bosan nongkrong di kafe-kafe mainstream, mungkin kini saatnya kamu mencoba tempat yang sedikit berbeda. Mengusung konsep rumahan, TeaCo Cafe merupakan salah satu kafe baru yang juga sudah menjadi tempat favorit untuk nongkrong para kawula muda. Suasana homey dari kafe tentunya akan membuatmu semakin betah.

Menu yang tersedia di TeaCo di antaranya adalah aneka seduhan teh, dari teh hijau hingga teh wortel tersedia di sini. Untuk mendampingi minum teh, kamu bisa memesan macam-macam makanan ringan yang tersedia. Masih lapar? Jangan lupa pesan juga menu makanan berat agar perut lebih kenyang.

TeaCo Cafe : JL. Sam Ratulangi No. 17, Manahan, Surakarta.

16. House of Beer

(MataLelaki)

Tempat nongkrong di Solo satu ini mengusung konsep kitchen bar dan beer garden ala Amerika. Sesuai namanya, tempat ini menyediakan aneka macam bir baik impor maupun lokal. Selain minuman beralkohol, terdapat juga berbagai menu minuman non alkohol lainnya.

Untuk makanannya, kamu bisa memesan pizza, pasta, steak, dan burger. Ada juga jus, milkshake, dan es krim. Jangan lupa, ajak teman-temanmu untuk kongko di tempat ini. Harganya juga bervariasi, tidak perlu takut mahal.

House of Beer : JL. Ir. Soekarno No. 29, Dusun II, Madegondo, Grogol, Sukoharjo.

17. Chacha Milk Tea

(Tribunnews)

Untuk kamu yang bingung mau mengerjakan tugas di mana, tempat satu ini sangat direkomendasikan. Chacha Milk Tea mengakomodir kamu yang galau dalam mencari tempat belajar. Dilengkapi dengan WiFi gratis dan deretan stop kontak, akan membuatmu nyaman selama nugas.

Tidak hanya untuk nugas, kamu yang hanya ingin kongko bersama teman atau sekadar nongkrong sendiri juga bisa di sini. Beragam menu makanan dan minuman yang lezat tersedia, tentunya masih dengan harga yang sangat terjangkau, apalagi untuk kalangan mahasiswa.

Chacha Milk Tea : JL. Dr. Rajiman, Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

18. Crossline Coffee

(Travellingyuk)

Crossline Coffee mengusung konsep yang berbeda dibandingkan dengan berbagai kedai kopi kekinian yang ada di Solo. Crossline Coffee mengusung 3 unsur, yaitu coffee, work, dan military. Di tempat ini, pengunjung dapat menemukan berbagai benda berbau militer di setiap sudut kafenya. Bagi kamu yang merokok, tersedia juga smoking area di sini.

Tidak hanya ornamen dan dekorasi saja yang berbau militer, menu yang disajikan juga diberi nama ala militer. Contohnya saja, seperti submarine latte dan kostrad untuk aneka menu kopi sedangkan non kopi diberi nama good captain frappe. Untuk makanan ringannya, ada red army cookies, squadron macaroni dan corps dimsum.

Crossline Coffee : Jl. Dr. Rajiman, Kemlayan, Serengan, Surakarta.

19. Simply Cook Cafe

(Tongkrongan Di Solo)

Bagi mahasiswa atau alumni UNS Solo, pastinya sudah tidak asing dengan kafe satu ini. Simply Cook Cafe memang menjadi tempat favorit anak-anak muda di Solo, terutama dari kalangan mahasiswa untuk kongko atau mengerjakan tugas kuliah. Lokasinya yang strategis juga menjadi daya tarik utama kafe ini digemari.

Menu makanannya cukup banyak di sini, harganya juga sangat menyesuaikan kantong anak-anak muda, terutama mahasiswa. Kamu bisa memesan apple crumble ala mode, spaghetti arabiata, dan chicken bread ketika berada di Simply Cook Cafe. Dijamin, semua makanan yang ada rasanya enak dan lezat.

Simply Cook Cafe : Jl. Mojo No. 41, Jebres, Surakarta.

20. Cafe AM-PM

(Popo Ngopi)

Butuh tempat nongkrong asyik yang buka selama 24 jam di Solo? Cafe AM-PM salah satu yang bisa kamu pilih. Suasana kongko kamu akan semakin meriah dengan ditemani live music yang disediakan pihak kafe. Suasananya memang tampak seperti kafe pada umumnya, lampu temaram, meja dan kursi bar, dan tentunya menu-menu hit yang menggoda.

Bagi kamu yang kurang nyaman dengan suasana ramai, tenang saja karena kamu juga bisa memilih ruangan yang sedikit tenang atau bebas asap rokok di sini. Cafe AM-PM mengedepankan kenyamanan dan kepuasan pelanggannya sehingga mengakomodir beberapa permintaan.

Cafe AM-PM : JL. Brigjend Slamet Riyadi No. 408, Purwosari, Laweyan, Surakarta.

21. Hookaholic

(Restaurant Guru)

Sensasi kongko yang berbeda juga bisa kamu dapatkan di Hookaholic. Tempat nongkrong di Solo satu ini terkenal berbeda karena menyediakan shisha. Hookaholic juga semakin terkenal karena beberapa selebriti sempat berkunjung ke tempat tersebut. Bahkan, gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga tercatat pernah mencicipi jus kurma di Hookaholic.

Mengusung tema timur tengah, kamu bisa merasakan nongkrong dengan suasana yang cukup berbeda. Desain interior, perabotan yang digunakan, hingga elemen warna benar-benar menggunakan konsep timur tengah. Bila tidak ingin menghisap shisha, Hookaholic masih menyediakan beragam menu makanan dan minuman yang nikmat.

Hookaholic : JL. Kenanga No. 22, Purwosari, Laweyan, Surakarta.

22. Sekutu Kopi

(Otten Coffee)

Sekutu kopi menjadi rekomendasi tempat nongkrong di Solo terakhir dari kami. Konsepnya minimalis dan modern, bangunan coffee shop terdiri dari 4 lantai dengan furnitur yang terbuat dari kayu. Di sini, kamu juga bisa memilih beberapa spot untuk berfoto dengan latar yang cukup cantik.

Pilihan menu yang bisa dipesan di Sekutu Kopi misalnya saja, aneka kopi dengan espresso based. Kamu bisa memilih sendiri jenis biji kopi yang akan diseduh, disesuaikan dengan selera dan karaktermu. Untuk menemani kopi, kamu bisa memesan penganan ringan, seperti Sekukies, cookies empuk yang merupakan salah satu signature menu Sekutu, plain croissant, atau fudgy brownies.

Sekutu Kopi : JL. Slamet Riyadi No. 116, Keprabon, Banjarsari, Surakarta.

23. Kedai Ibu

Tempat nongkrong seru Kedai Ibu
Tempat nongkrong seru Kedai Ibu

Kedai Ibu menjadi tempat nongkrong malming di solo selanjutnya yang akan kita bahas ni guys, kedai ibu ini adalah sebuah rumah mungil yang di sulap menjadi sebuah kedai unik dengan tataan interior yang epic sehingga anda akan merasa betah dan nyaman berlama-lama ketika berada di tempat ini.

Kedai yang menjadi favorite para mahasiswa ini karena menu makanan atau kulinernya yang murah-murah seperti mie instan, roti bakar, susu segar dan banyak lainnya ini menjadi sebuah kedai yang selalu ramai apa lagi jika malam minggu.

Kedai yang selalu ramai di setiap harinnya ini kini sudah memiliki 2 cabang di solo yang masing-masing menjadi tempat nongkrong favorite di solo, kedai ini buka mulai dari pukul 16.00 – 24.00 Wib, harganya di kedai ini mulai dari Rp.5000 – Rp. 20.000.

Lokasi Kedai Ibu ini yang pertama ada di  Jl. Hasanudin No. 57, Mangkubumen, Banjarsari, Solo.
Dan yang kedua ada di  Jl. Hasanudin  No. 101, Mangkubumen, Banjarsari, Solo.

24. Warung Orange

Tempat Nongkrong Murah Di Solo
Tempat Nongkrong Murah Di Solo

Warung Orange merupakan salah satu tempat nongkrong minum di solo plus tempat yang instagramable banget deh, bagi kamu yang narsis dan suka mengabadikan foto kamu di setiap berbagai tempat, Warung Orange ini bisa menjadi salah satu destinasi tempat nongkrong kamu ketika berada di Solo.

Selain memiliki berbagai spot foto yang menarik, Warung Orange ini juga terkenal akan kelezatan menu makanannya bahkan tidak hanya menarkan menu tradisional menu makanan luar negeripun ada di tempat ini seperti masakan Amerika, Meksiko hingga ke Italia.

Rasa masakan yang tidak perlu di ragukan lagi kelezatannya, dengan sajian yang unik dan menarik serta harga yang pas di kantong membuat tempat ini selalu ramai akan pengunjung dan tempat yang cocok untuk di jadikan daftar tempat nongkrong di solo kamu.

Lokasi Warung Orange ini barada di  Jl. Kapten Mulyadi No. 19, Pasar Kliwon, Solo. 
Jam Operasional : 08.00 – 24.00 WIB

Jika kebetulan singgah di Solo atau sedang berlibur di sana, jangan lupa untuk sempatkan diri mampir di tempat nongkrong di Solo seperti di atas. Nikmati juga keindahan Kota Solo dari berbagai sudut pandang lainnya. Kapan, nih main ke Solo?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Info Lebih Lanjut Seputar Kecamatan