Info Area

21 Rekomendasi Tempat Wisata di Solo

Solo adalah sebuah kota yang banyak sekali memiliki peninggalan sejarah yang tersebar di seluruh kotanya. Bahkan, hingga kini peninggalan tersebut masih di jaga dan di rawat dengan baik dan bahkan banyak diantara peninggalan tersebut yang di jadikan sebuah tempat wisata sejarah.

Kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini memang sangat menarik. Wargannya yang ramah tamah, makanannya yang enak dan murah, kotanya yang asri dan juga berbagai tempat wisatanya yang menarik, membuat kota Solo sering dijadikan destinasi wisata favorit baik oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika kamu memiliki rumah di Solo, berikut destinasi tempat wisata di solo yang bisa kamu kunjungi.

Destinasi Tempat Wisata di Solo Terpopuler

Nah, tempat wisata mana sajakah itu? Yuk langsung saja kita simak beberapa destinasi tempat wisata di kota Solo yang menjadi andalan para wisatawan.

1. Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta
googlemaps

Masjid Agung Surakarta ini adalah sebuah tempat beribadah umat muslim yang berada di kota Solo, tempat beribadah ini tidak hanya di gunakan untuk sekedar beribadah namun masjid Agung ini menjadi salah satu tempat wisata favorit yang ada di kota Solo.

Bangunan masjid yang tradisional memberikan kesan ketenangan dan nyaman, selain itu tempat ini juga sangat sejuk dan menjadi lebih indah dengan berbagai ornamen kayu yang ada di Masjid Agung Surakarta ini.

Lokasi : Great Mosque Street No.1, Kauman, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57122

2. Grojogan Sewu

go.xxoohub.com

Grojogan Sewu Solo ini tentu menjadi tempat wisata yang hits di Solo yang tentu sudah di kenal banyak wisatawan baik lokal maupun asing. Grojogan atau yang sering kita sebut sebagai air terjun ini memang sangat fenomenal dan banyak di kunjungi oleh para wisatawan.

Air Terjun yang menjulang tinggi sekitar 81 meter ini dan di kelilingi dengan pemandangan alam yang begitu indah menjadikan Grojogan Sewu ini banyak di kunjungi oleh para wisatawan.

Lokasi :  Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Baca Juga: 6 Taman di Solo yang Asyik untuk Hang Out

3. Pemandian Umbul Pengging

tribunnews.com

Destinasi wisata menarik berikutnya di Solo adalah Pemandian Umbul Pengging. Pemandian ini merupakan sebuah pemandian yang dulunya di gunakan oleh keluarga para raja Surakarta dan juga Pakubuwono X untuk bersantai.

Namun pada saat ini Pemandian Umbul Pengging ini menjadi salah satu tempat wisata pemandian di Solo yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Tiket masukanya saja juga hanya sebesar Rp. 2,500 sehingga menjadikan tempat ini selalu ramai di setiap harinnya.

Lokasi :  Umbulsari, Bendan, Kec. Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57373

4. Bumi Perkemahan Sekipan

tribunnews.com

Bumi Perkemahan Sekipan ini merupakan salah satu tempat wisata malam di Solo yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Bumi Perkemahan yang berada di sebelah utara Karanganyar ini memang memiliki pemandangan yang begitu indah dan mempesona. Hawannya juga sangat sejuk dan fasilitas di tempat ini juga sudah sangat memadai seperti, seperti musala, tempat untuk membuat api unggun, dan sumber air.

Lokasi :  Bumi Perkemahan Sekipan, Desa Kalisoro, Tawangmangu, Area Hutan, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Baca Juga: 19 Kolam Renang di Solo Terbaru dan Terbaik Untuk Dikunjungi

5. Obyek Wisata Mata Air Cokro

kompas.com

Obyek Wisata Mata Air Cokro ini adalah sebuah tempat wahana air kolam renang di Solo modern yang dimana di tempat wisata ini kamu dapat bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah sambil menikamti hidangan lokal yang di hidangkan di warung-warung sekitarnya.

Obyek wisata di kota Solo ini selalu buka setiap hari dari mulai jam 8 pagi – 5 sore, tiket masuknya juga sangat terjangkau yaitu hanya sebesar 10rb rupiah saja.

Lokasi : Area Sawah, Cokro, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474

6. Keraton Surakarta

pariwisatasolo.surakarta.go.id

Keraton Surakarta ini adalah sebuah tempat wisata di Solo sekaligus menjadi icon kota Solo. Tempat kediaman keluarga kerajaan yang juga menjadi tempat wisata yang di buka untuk pengunjung umum sewaktu-waktu ini memang menjadi tempat yang tidak boleh kamu lewatkan.

Benda-benda seni, senjata tradisional, koleksi kereta kencana dan juga keindahan arsitektur yang ada di keraton Surakarta ini emmang sangat menarik dan mengaggumkan.

Lokasi : Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pasar Tradisional di Solo

7. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran
solocity.travel

Pura Mangkunegaran ini adalah sebuah tempat bersejarah sekaligus objek wisata menarik yang ada di kota Surakarta. Tidak jauh berbeda dengan keraton Surakarta. Pura Mangkunegaran ini juga adalah sebuah tempat tinggal Sri Paduka Mangkunegara, yang dimana di tempat ini kamu dapat melihat betapa indah dan menariknnya arsitektur yang ada di tempat ini.

Di Pura Mangkunegaran  ini juga banyak tersedia barang-barang peninggalan yang masih di jaga dengan baik hingga dengan saat ini, untuk tiket masuknnya sendiri kamu hanya akan di tariki sebesar 10rb saja.

Lokasi : Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131

8. Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari
nativeindonesia.com

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari ini adalah merupakan sebuah tempat bermain para anggota keluarga kerajaan. Namun pada saat ini tempat ini menjadi salah  satu destinasi tempat wisata yang sangat menarik bagi para warga Solo. Taman Sriwedari ini juga memiliki udara yang sejuk dan fasilitas di sini juga sudah sangat lengkap seperti, gedung wayang, tempat bermain anak-anak, kios jajanan, tempat penjualan oleh-oleh dan juga tempat makan.

Lokasi : Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141

Baca Juga: 17 Rekomendasi Museum di Solo yang Wajib Dikunjungi

9. Pandawa Water World

Pandawa Water World Solo
yanacircle.com

Pandawa Water World Solo ini adalah sebuah tempat bermain air yang menjadi salah satu tempat wisata favorit di kota Solo. Banyaknya wahana permainan air disini membuat pengunjung tidak bingung dalam memilih wahana di tempat ini. Tempat yang selalu di ramai dan di penuhi pengunjung ketika weekend ini menjadi tempat wisata keluarga yang cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga.

Lokasi : Komplek Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552

10. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog
googlemaps

Air Terjun Jumog ini menjadi tempat wisata alam di Solo yang sayang sekali jika kamu lewatkan. Berjarak kurang lebih 40km dari pusat kota Solo menjadikan Air Terjun Jumog ini memiliki udara yang begitu sejuk dan sangat asri. Air tejun yang menjulang tinggi dengan debit air yang lumayan besar di tambah dengan suara-suara burung yang indah dan enak didengar menjadikan tempat ini sangat menarik dan membuat nyaman siapa saja yang datang ke tempat ini.

Lokasi : Jln.dk berjo Berjo, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Baca Juga: 21 Tempat Nongkrong di Solo yang Asyik untuk Kumpul Bersama Teman

11. Kampoeng Batik Kauman

Kampoeng Batik Kauman
tourism.pekalongankota.go.id

Kampoeng Batik Kauman ini adalah sebuah destinasi tempat wisata budaya di Solo. Di tempat ini kamu akan di suguhkan dengan berbagai koleksi batik-batik yang begitu menarik dan indah. Kampoeng Batik Kauman ini juga sudah sangat terkenal oleh para wisatawan. Selain menarik dan unik anda juga dapat di ajarkan membatik ketika anda berkunjung ke tempat ini.

12. Pasar Klewer 

indonesiakaya.com

Pasar Klewer ini adalah merupakan pasar tradisional di Solo. Pasar yang menjadi rumah bagi lebih dari 2 ribu pedagang ini memang menjadi pusat aktivitasnnya di kota Solo. Di tempat ini kamu dapat berjalan-jalan santai sambil memilih berbagai keperluan mulai kebutuhan makan, kebutuhan pakaian, dan banyak lainnya.

Lokasi : Jl. DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57155

Baca Juga: 10 Mall Terbaik di Kota Solo, Tempat Belanja dan Hiburan!

13. Kebun Binatang Taru Jerug

Kebun Binatang Taru Jerug
penginapan.net

Kebun Binatang Taru Jerug ini adalah sebuah kebun binatang satu-satunnya yang ada di kota Solo. Tempat yang juga sangat populer di kota Solo ini memang menjadi sebuah destinasi wisata yang pas untuk bersama keluarga. Untuk memasuki kebun binatang ini anda juga hanya di minta biaya tiket masuk sebesar 6rb rupiah, sangat murah meriah bukan ?

Lokasi : Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126

14. Museum Manusia Purba Sangiran

kompas.com

Museum Manusia Purba Sangiran ini adalah salah satu museum manusia purba yang memiliki fosil manusia purba tertua di dunia, yaitu mulai dari umur 2juta tahun sampai dengan umut 200rb tahun.

Dengan memiliki lebih dari 13rb fosil manusia purba menjadikan, Museum Manusia Purba Sangiran ini menjadi tempat wisata yang sangat cocok bagi putra putri anda, karena di tempat ini anda juga dapat mengajarkan tentang berbagai sejarah manusia purba dan lainnya.

Lokasi : Kebayanan II, Krikilan, Kec. Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57275

Baca Juga: 10 Toko Mainan Anak di Kota Solo dengan Koleksi Lengkap!

15. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market Solo ini adalah sebuah tempat hits di kota Solo, yang dimana di tempat ini kamu dapat berjalan – jalan santai sambil menikmati berbagai kuliner kota Solo yang sangat nikmat dan lezat. Bukan menjadi tempat nongkrong biasa, namun Ngarsopuro Night Market Solo ini juga menjadi sebuah pasar malam yang selalu ramai pada hari sabtu dan minggu.

Lokasi : Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131

16. Pasar Antik Triwindhu 

sentraholidays.com

Pasar Antik Triwindhu ini adalah sebuah tempat yang menarik yang ada di kota Solo. Tempat yang sering di jadikan tujuan akhir perjalanan ketika berwisata ke kota Solo ini memang menjadi tempat yang tidak pernah sepi oleh para wisatawan. Di tempat ini kamu dapat mencari berbagai barang-barang antik yang tersedia di tempat ini, hargannya juga sangat terjangkau.

Lokasi : Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan Steak Enak di Solo yang Bikin Nagih

17. Vihara Dhamma Sundara

 Vihara Dhamma Sundara
soloposfm.com

Vihara Dharma Sundara ini adalah sebuah tempat beribadah umat budha yang juga menjadi salah satu tempat wisata favorit yang ada di kota Solo. Tempat beribadah berupa sebuah bangunan candi ini memang sangat menarik, suasana sepi dan asri akan menyelimuti ketika anda datang ke tempat ini.

Vihara Dharma Sundara ini juga banyak terdapat spot-spot foto yang menarik, jadi sayang sekali jika kamu melewatkannya.

Lokasi : Jl. Ir. Juanda No.223B, Pucangsawit, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57128

18. Candi Cetho

Candi Cetho
ksmtour.com

Candi Cetho ini adalah sebuah peninggalan kerajaan agama Hindu yang masih terjaga hingga saat ini. Bangunan candi yang sangat indah dengan ini memang menjadi sebuah destinasi tempat wisata menarik di kota Solo. Harga tiket masuk untuk ke Candi Cetho ini juga hanya sebesar 7 ribu rupiah saja loh guys.

Lokasi : Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Baca Juga: 10 Tempat Makan Romantis di Solo, Dijamin Pasangan Bahagia!

19. Taman Balekembang

kompas.com

Taman Balekembang ini adalah tempat berkumpulnya kaula muda kota Solo pada sore hari. Taman seluas 10 hektar ini banyak dipenuhi pohon-pohon besar yang berusia puluhan tahun sehingga menjadikan tempat ini terasa sejuk dan asri. Taman Balekambang ini juga menjadi tempat wisata anak yang sangat bagi sibuah hati.

Lokasi : Jl. Balekambang No.1, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139

20. Galabo Solo

Galabo Solo menjadi destinasi tempat nongkrong sekaligus berburu wisata kuliner di Sol. Di tempat ini kamu akan banyak disuguhkan dengan makanan-makanan khas Solo yang nikmatnya tak bisa di bayangkan. Hargannya juga sangat terjangkau terlebih jika kamu menyantap kuliner di sini akan di temani dengan live music yang menangkan hati.

Lokasi Galabo Solo ini berada di Jl. Mayor Sunaryo atau didepan Pusat Grosir Solo

21. Kampung Batik Kauman

Tak hanya terkenal di Tanah Air, koleksi batik buatan Kampung Kauman juga sangat populer di luar negeri! Banyak pelanggan yang berasal dari berbagai negara di dunia rela datang dan membeli karya batik di sini dengan harga yang sangat mahal.

Di Kampung Batik Kauman, Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan batik dari awal sampai akhir. Pastinya akan lebih menghargai hasil karya lokal jika melihat proses pembuatannya yang handmade, bukan?

Banyak sekali taman hiburan, tempat wisata, pesona alam, peninggalan bersejarah yang ada di kota Solo ini. Hal ini lah yang menjadikan kota Solo banyak di jadikan sebuah tujuan wisata baik oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Selain itu fasilitas yang di ada di kota Solo ini juga sudah sangat lengkap, dari mulai tempat beribadah, transportasi sampe dengan tempat penginapan atau hotel di Solo ini juga sudah tersedia. Harga hotel di sana juga murah-murah, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin berwisata ke kota  Solo tapi memiliki dana yang pas.


Temukan pilihan rumah dijual di Surakarta atau info perumahan baru di Surakarta melalui Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.