Info Area

Wisata Alam Kawah Rengganis Rancabali dan Spot Terbaiknya

Liburan tapi bingung mau ke mana? Kamu bisa refreshing ke wisata alam yang sedang hits di Bandung yaitu Kawah Rengganis. Orang-orang juga menyebutnya dengan nama “Kawah Cibuni” yang berada di kawasan Rancabali Bandung.

Bagi mereka yang punya rumah di Bandung pasti berwisata alam merupakan liburan yang nyaman dan menyenangkan. Jadi, tempat seperti kawah ini memang sangat tepat untuk dikunjungi.Terlebih buat kamu yang hobi jalan-jalan maupun berpetualang.

Baca Juga:

Sekilas Informasi Kawah Rengganis

Kawah Rengganis/ Kawah Cibuni ini bisa menjadi destinasi petualangan yang menarik. Pasalnya, perjalanan menuju ke lokasi saja seru banget karena kamu bisa menyaksikan aneka pemandangan alam yang hijau dan memanjakan mata.

Misalnya seperti: kawasan persawahan, perkebunan teh, sungai, perbukitan, hutan dan lain sebagainya.Kawah Rengganis atau Kawah Cibuni justru menjadi tempat berlibur yang berbeda. 

Sensasinya tentu berbeda dengan mengunjungi tempat wisata yang sudah populer sejak lama. Terbentuknya kawah ini karena proses alam jutaan tahun lalu. Walaupun berbau belerang namun tidak terlalu menyengat sehingga tidak membuat pusing.

Kawah terbentuk dari letusan Gunung Sunda Purba yang terjadi di kawasan Gunung Patuha. Kawah mengeluarkan sumber energi panas bumi yang dipakai uapnya untuk berendam.

Ada pula lubang lumpur hitam yang dipercaya memperkencang dan menghaluskan kulit. Walaupun demikian wisatawan tetap perlu memakai masker saat berkunjung kesini.

Uniknya lagi terdapat pula makam misterius yang terdiri dari dua batu sebagai nisannya. Tulisan pada nisan tersebut menggunakan bahasa sunda.

Kawah Rengganis berada dibawah manajemen taman wisata Glamping Lakeside Rancabali. Wisatawan bisa membeli tiket terusan dari Glamping Lakeside atau langsung ke gerbang kawah ini.

Aktivitas di Kawah Rengganis Bandung

Awal mulanya dinamai “Kawah Cibuni” dan dikenal banyak orang dengan nama tersebut. Tetapi semenjak diambil alih oleh pengelola yang berbeda, maka diberi nama “Kawah Rengganis”.

Mengapa Kawah Rengganis Rancabali ini begitu hits dan diminati wisatawan?Alasannya disana terdapat banyak suguhan alam yang luar biasa. Tidak hanya panorama alam yang menakjubkan. 

Tetapi juga tersaji kolam air hangat alami tempat untuk berendam dan mandi.Sangat cocok bila digunakan untuk berendam ketika suhu udara sedang dingin-dinginnya. Kawasannya juga masih satu lokasi dengan perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII.

Bagian kawah terdiri atas lumpur dan air bercampur belerang. Di bawah pancuran dilengkapi dengan fasilitas mandi air panas yang langsung ke kolam. Di sekitar kawah banyak warung berjualan gorengan, mie instan bahkan nasi rames lengkap dengan kopinya.

Bila waktu sholat tiba kamu bisa langsung mengunjungi mushola di sekitar tempat wisata ini. Ada pula peralatan sholat yang bisa langsung digunakan untuk beribadah.

Baca Juga: 10 Hidden Gem di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Fasilitas Kawah Rengganis Bandung

Wikimedia Commons

Sementara fasilitas yang tersedia disini diantaranya adalah sebagai berikut :

Jembatan

Untuk berjalan dari satu pos ke pos lain disediakan jembatan kayu. Jembatan ini dicat merah agar mudah dikenali ketika asap mulai menyebar. Tujuan lainnya adalah sebagai penyeberangan di atas aliran air belerang.

Tak jarang jembatan ini dijadikan spot foto menarik. Warnanya yang menonjol terlihat artistik.

Batu Berasap

Batu ini sendiri terbentuk dari letusan gunung yang memuntahkan batu-batu berasap. Kepulan asap putih ini membuat suasana kawah semakin hidup.

Umumnya lokasi ini dijadikan spot foto wisatawan. Tersedia pula fotografer keliling yang menawarkan jasa fotografinya lengkap dengan hasil cetak foto.

Kolam Rendam Air Belerang

Kolam rendam air belerang ini berada di bawah air mancur. Kamu bisa berendam seluruh tubuh karena air belerang lumayan hangat. Airnya sendiri mengandung sulfur dan cocok untuk penyembuhan penyakit kulit.

Tersedia pula kamar ganti yang digunakan usai berendam. Tidak hanya orang dewasa yang suka berendam di kolam ini namun juga anak-anak.

Lokasi Kawah Rengganis Rancabali Bandung

Wisata alam ini berlokasi di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Kamu bisa pula mengikuti arahan dari Google Map dibawah ini :



Rutenya bisa mengikuti arah menuju Patenggang. Bila sudah bertemu dengan Situ Patengan, maka ikuti terus jalannya sejauh 2 km hingga menemukan papan petunjuk arah menuju ke Kawah Rengganis.

Untuk parkir kendaraan bisa menggunakan area khusus wisata Glamping Lakeside. Bila hanya mengunjungi area kawahnya bisa langsung ke parkiran Kawah Rengganis.

Jarak area parkir dan kawah lumayan jauh. Kamu perlu berjalan kaki menuju lokasi sekitar 10-15 menit. Tempat wisata alam ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Kawah Rengganis Rancabali Bandung

(yourbandung.com)

Untuk bisa masuk kawasan wisata ini cukup membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000. Sedangkan tarif parkirnya dikenakan biaya Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua. Bila membawa mobil perlu mengeluarkan dana Rp. 10.000 per kendaraannya.

Ketika mengunjungi tempat ini buanglah sampah di tempatnya. Kamu bisa pula membawa kantong plastik sendiri untuk menyimpan sampah jika sulit menemukan tempat sampah di titik lokasi yang dikunjungi.

Kawah Rengganis Rancabali terbentuk dari letusan Gunung Sunda Purba yang telah meletus jutaan tahun lalu. Lokasinya masih satu kawasan dengan Glamping Lakeside. Kamu bisa membeli tiket terusan atau terpisah dengan area wisata Glamping Lakeside.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Wikimedia Commons