Info Area

Candi Plaosan

Kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu candi di Jawa Tengah. Jawa tengah sendiri terkenal dengan berbagai jenis candi. Sebut saja Candi Sewu, Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, dan lain sebagainya.

Candi mana yang jadi favorit kamu?

Sejujurnya, di ulasan kali ini kami akan membawa Pins menjelajahi Candi Plaosan yang ada di Klaten.

Candi Plaosan Klaten

(Unsplash)

Candi Plaosan ini adalah sebutan untuk sebuah komplek percandian yang berada di dukuh plaosan, klaten.

Candi ini terletak kira-kira satu kilometer dari arah timur-laut dari Candi Prambanan.

Candi ini dibangun sebagai Bukti Cinta dari seoarang yang saling mencintai tetapi berbeda agama, namun karena di sekeliling Candi ini banyak terdapat Stupa, Arca Budhha, dll maka Candi ini lebih dikenal sebagai Candi Budha.

Plaosan Temple memiliki beberapa kompleks percandian yaitu Candi Plaosan Lor dan juga Candi Plaosan Kidul.

Candi Plaosan Lor

(Unsplash)

Komplek Candi Plaosan Lor ini terdapat dua candi utama yang dimana letaknnya berada di sebelah kiri (utara) atau dikenal sebagai Candi Induk Utara dan disebelaha kanan (Selatan) dikenal sebagai Candi Induk Selatan.

Candi induk utara ini menggambarkan banyak relief mengenai tokoh-tokoh wanita dan Candi induk Selatan menggambarkan banyak relief mengenai tokoh laki-laki.

Kedua Candi induk ini dikelilingi oleh kurang lebih 116 stupa perwira serta terdapat 50 buah candi perwira sera dilengkapi dengan sebuah parit / sungai buatan.

Dari setiap masing-masing candi induk juga dilengkapi dengan 6 patung/arca Dhyani Boddhisatwa, seperti yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa meskipun Candi ini lebih dikenal sebagai candi budha tetapi untuk arsitektur candi ini merupakan sebuah perpaduan dari Agama Budha dan Hindu.

Candi Plaosan Kidul

(Unsplash)

Berbeda dengan Candi Plaosan Lor yang dimana disisi kanan kirinya sudah terdapat Candi Induk, sedangkan di Candi Plaosan Kidul ini belum sama sekali memiliki Candi Induk.

Di andi ini hanya terdapat beberapa perwira berbentuk candi dan stupa.

Sejarah Candi

(Unsplash)

Candi ini dibangun pada masa Raja Rakai Pikatan yang merupakan seorang raja dari kerajaraan Mataram Kuno yang dimana kerajaan ini berkuasa kurang lebih pada tahun 840-856 M.

Dari mana hal itu diketahui? Yaitu dari sebuah penemuan prasasti Cri Keluhuran yang dilakukan oleh De Casparis dimana didalam prasasti itu tertulis dibuat pada tahun 842 Masehi.

Candi ini juga dikenal sebagai candi yang menyatukan perbedaan, kenapa? Karena Plaosan Temple di bangun oleh Ratu Sri Kaluhuran.

Suami dari Ratu Sri Kaluhuran sendiri bergelar Pramodyawardhani yaitu gelar untuk seoarang putri dari Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra yang beragama Buddha kemudian memilih suami dari wangsa sanjaya yang notabene beragama Hindu yaitu Rakai Pikatan.

Dan C=candi inilah yang menjadi saksi atas perjuangan sebuah Cinta yang dilakukan oleh seorang putri Raja yang berbeda Agama, maka dari cerita inilah Warga sekitar menyampaikan bahwa Candi Plaosan ini adalah sebuah simbol pemersatu Cinta seorang hamba.

Baca Juga Artikel Wisata Jawa Tengah Lainnya:

Tiket Masuk Candi

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Candi Plaosan Klaten berikut adalah beberapa akomodasi biaya yang mungkin anda keluarkan ketika berkunjung ke Candi Plaosan.

Tiket MasukBiaya
Candi PlaosanRp. 6.000
Parkir SepedaRp. 3.000
Parkir MotorRp. 3.000
Parkir MobilRp. 5.000

Jam Operasional Candi

Jam Operasional candi ini mulai dibuka pada hari Senin-Ahad atau Setiap Hari Buka mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Fasilitas

Untuk kamu yang datang jauh-jauh dari luar kota Klaten ngga perlu khawatir, karena Fasilitas yang disediakan di candi ini sudah cukup lengkap diantarannya adalah :

  1. Pusat Kuliner Klaten
  2. Pusat Informasi Candi Plaosan
  3. Mushola / Tempat Beribadah
  4. Area Parkir yang Luas
  5. Toilet Umum
  6. Penginapan

Letak Candi

Lokasi candi tidak berada jauh dari Candi Prambanan, jadi kamu tidak perlu bingung untuk dapat sampai di tempat ini.

Alamat candi ini tepatnya ada di Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454. Atau anda juga bisa mengikuti arahan google maps berikut ini :

Aktivitas Seru

  1. Festival Candi Kembar
    Festival candi kembar ini menjadi agenda yang sangat menarik di sini. Karena festival ini merupakan sebuah pameran budaya terbesar di Klaten. Festival candi kembar ini diadakan setiap tahunnya, jadi sebelum anda berkunjung coba cek terlebih dahulu jadwal Festival Candi Kembar di candi ini .
  2. Sunset & Sunrise
    Bagi kamu penikmat senja, Sunset dan Sunrise di candi ini juga keren abis loh temen-temen. Lokasi candi yang berada di tengah persawahan dan ladang membuat view sunrise ataupun sunset yang disuguhkan begitu menawan di hati.
  3. Area Hunting
    Banyak sekali tempat keren di Candi ini. Meskipun letaknnya dekat dengan Candi Pramabanan, namun di Candi ini tidak terlalu bising dibanding candi prambanan. Bahkan Lokasi Candi ini sering di jadikan sebagai spot foto wedding loh temen-temen, cocok banget bagi kamu yang intagramable.
  4. Muhasabah
    Salah satu tempat untuk bermuhasabah yang pas yaitu Candi Plaosan, dimana dari tempat ini kita dapat belajar betapa kecilnnya buatan manusia ini dibandingkan buatan sang pencipta yang begitu mudah menciptakan alam bumi kita ini.

Tips Wisata

  • Usahakan datang bukan di hari Weekand, karena biasannya jika weekand pasti wisata candi plaosan ini dipadati oleh pengunjung
  • Bisa datang di sore atau di pagi hari untuk dapat lebih menikmati moment di Candi Plaosan
  • Bawa Kamera & Buku tulis, karena banyak nilai Sejarah yang bisa kamu ambil di Candi ini.
  • Jaga Kebersihan dan kelakuan kita agar tidak mengotori dan merusak keindahan dari Candi yang begitu indah ini.

Alhamdulillah, lengkap sudah informasi mengenai Candi Plaosan yang berada di daerah Klaten ini ya teman-teman.


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah sekunder di Klaten terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah