Info Area

Candi Sewu

Candi Sewu mungkin kalah tenar dengan Borobudur atau Prambanan. Namun jangan salah, bagi masyarakat yang memiliki rumah di Klaten dan sekitarnya, kompleks candi ini masih jadi favorit. Bahkan mungkin kamu yang tinggal di area lain juga tertarik mengunjungi obyek wisata satu ini?

Dalam ulasan kali ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai Candi Sewu Klaten.

Sejarah Candi

(Unsplash)

Ini adalah candi Budha yang dibangun kurang lebih pada abad ke-8 tepat 1 abad ketika islam berada di Nusantara. Candi Sewu berada tepat 100 meter dari Candi Prambanan, Area ini juga diklaim sebagai sebuah komplek Candi Budha terbesar kedua setelah Candi Borobudur.

Tapi tahukah kamu, candi ini ternyata umurnya lebih tua dibanding Candi Borobudur dan juga Candi Prambanan.

Berdasarkan Prasasti Kelurak yang tertulis tahun 782 dan Prasasti Manjusrigrha tahun 1960, nama asli candi ini adalah “Prasada Vajrasana Manjusrigrha” atau bermakna candi atau kuil.

Sementara Vajrajasana bermakna tempat Wajra (Intan atau Halilintar) dan Manjusri-grha yaitu rumah Manjusri.

Menurut sejarah, candi ini pernah dipugar atau diperluas pada saat pemerintahan Rakai Pikatan yaitu seorang pangeran dari dinasti Sanjaya yang menikahi Pramodhawardhani dari dinasti Sailendra.

Saat Dinasti Sanjaya mulai berkuasa, pemerintah dari Dinasti Sanjaya tetap membiarkan masyarakatnya memilih agama yang diyakininya maka dari itu tak heran jika Candi Budha yang notabene Candi Budha berdampingan dengan Candi Prambanan yang merupakan Candi Hindu.

Legenda atau cerita sejarah mengenai candi ini kerap dikaitkan dengan kisah legenda Roro Jonggrang. Bahkan nama dari Candi Sewu juga diambil dari kisah tersebut. Pins mungkin berpikir bahwa ada 1000 candi di dalamnya, padahal kenyataannya hanya ada 249 candi saja.

Baca Juga:

Kompleks Candi

(Yogyakarta International Airport)

Candi yang terletak di Klaten ini memiliki luas area kurang lebih 185 m x 165 meter sehingga membuatnya jadi candi terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Ada empat pintu untuk masuk ke komplek candi ini yaitu, Pintu Timur, Pintu Selatan, Pintu Utara dan juga Pintu Barat.

Jika Pins cermati, masing-masing dari pintu tersebut dijaga oleh dua patung raksasa berukuran kurang lebih 2,3 meter. Patung-patung ini dinamakan sebagai Dwarapala, apabila kamu ingin melihat patung Dwarapala bisa juga melihatnya di Keraton Yogyakarta.

Candi Sewu terdiri dari beberapa bagin, di antaranya adalah:

1. Candi Utama

Ini adalah candi terbesar yang ada di komplek Candi Sewu, Candi ini berada di tengah-tengah komplek Candi yang memiliki tinggi kurang lebih 30 meter.

Pada dasarnya candi utama berbentuk Poligon dengan jumlah sisi sebanyak 20 buah, sedangkan pada setiap sudut candi menghadap ke arah penjuru mata angin.

2. Candi Perwira

Di setiap komplek candi pasti ada Candi Perwiranya. Candi Sewu punya 240 candi perwira yang bentuknya hampir sama dengan candi utama. Hanya saja ukurannya lebih kecil. Selain itu terdapat susunan 4 baris konsentri yaitu :

  1. Pertama terdapat 20 candi perwira
  2. Kedua terdapat 44 candi perwira
  3. Ketiga terdapat 40 candi perwira
  4. Keempat ada 88 candi perwira

3. Candi Pengapit 

Candi ini berada disela sela barisan terluar Candi Perwira yang jumlahnya sekitar 8 buah. Bagian ini juga dikenal sebagai gerbang pintu masuk untuk memasuki kompleks candi.

Baca Juga:

Tiket Masuk

Untuk biaya tiket masuk ke candi ini cukup bervariatif dan kamu perlu masuk melalu Pintu Masuk Candi Prambanan. Berikut beberapa biaya yang perlu kamu keluarkan:

Harga Tiket Candi Sewu via Prambanan
Tiket Masuk DewasaRp. 40.000
Tiket Masuk Anak-anakRp. 20.000
Parkir MotorRp. 5.000
Parkit MobilRp. 10.000

Jam Operasional Candi

Jam operasional candi ini mengikuti jam operasional Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko yaitu mulai dari jam 06.00 pagi sampai dengan jam 17.00 sore.

Fasilitas di Candi Sewu Klaten

(Kompas)

Tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung ke candi ini karena fasilitas disini sudah cukup lengkap diantarannya adalah:

  1. Mushola
  2. Tempat beristirahat
  3. Kursi taman
  4. Area parkir luas
  5. Pusat kuliner
  6. WC
  7. Pusat oleh-oleh

Lokasi Candi

Lokasi Candi Sewu Klaten ini berada tidak jauh dari Candi Prambanan. Kurang lebih sekitar 100 meter dari Candi Prambanan, yaitu berada di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Atau kamu juga bisa mengikuti arahan google maps di bawah ini :

Transportasi Menuju Candi Sewu

(Javatravel.net)

Lokasi atau jarak Candi Sewu kurang lebih 17 Km dari kota Jogja menuju arah Solo. Pins yang berniat berkunjung ke Candi Sewu dari arah Jogja bisa menggunakan transportasi sebagai berikut :

1. Bandara Adi Sucipto Jogja kemudian naik Bis Trans Jogja 1A yang mengarah ke Candi Prambanan, kemudian turun di Kawasan Candi Prambanan.

2. Stasiun Lempuyangan Jogja, Pins tidak perlu keluar untuk naik bus trans jogja tetapi tinggal naik Kereta Api Sriwedari jurusan Solo kemudian turun di Maguwo. Kemudian baru dilanjutkan dengan Trans Jogja 1A menuju arah Candi Prambanan.

3. Stasiun Tugu Jogja, kamu bisa langsung Naik Bus Trans Jogja sama seperti saat transit di Bandara Adi Sucipto. Naik bus Trans Jogja 1A kemudian turun di halte Candi Prambanan.

4. Terminal Giwangan, kamu bisa naik bus jurusan Jogja-Solo kemudian turun di depan kawasan Candi Prambanan.

Baca Juga:

Hal Menarik di Candi Sewu Klaten

Kenapa kamu harus mengunjungi Candi Sewu? Berikut adalah beberapa hal menarik yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke candi ini:

1. Sunrise & Sunset 

Salah satu keasyikan berlibur di Candi Sewu adalah sensasi saat sunset dan sunrise. Apalagi jika kamu hobi fotografi, dijamin banyak banget moment indah di candi satu ini.

2. Bersepeda Mengelilingi Candi 

Selain menikmati kompleks candi dengan berjalan kaki, Pins juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling lho. Udara segar serta pemandangan yang canrik akan membuat kamu betah di sini.

3. Belajar Sejarah di Museum Candi 

Candi Sewu ini juga adalah salah satu wisata edukatif yang berada di Jogja. Ini karena di Candi Sewu kamu juga bisa belajar di Museum Candi mengenai ejarah, legenda dan hal-hal lain terkait Candi Sewu ataupun Candi Prambanan.

4. Menikmati Pagelaran Seni 

Pada setiap hari selasa, Kamis, dan Jum’at di Candi Sewu ada pagelaran seni budaya. Lokasinya berada di Taman Wisata Candi Prambanana. Sementara itu apabila sedang disenggelarakan pegelaran seni budaya biasannya mulai pukul 19.30 sampai dengan 21.30 WIB.

Tips Wisata di Candi Sewu Klaten

Terakhir adalah tips berkunjung bagi kamu yang ingin datang ke Candi Sewu yaitu :

  1. Usahakan datang dipagi atau sore hari
  2. Usahakan datang bukan di hari libur karena akan ramai banget
  3. Bawa kamera hehe
  4. Membawa bekal makanan yang cukup
  5. Bawa atribut unik untuk berfoto
  6. Berdoa sebelum berangkat

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan perumahan baru di Yogyakarta terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash