BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia Ukuran Carport Ideal untuk 1 Mobil atau 2 Mobil
0
0

Ini Dia Ukuran Carport Ideal untuk 1 Mobil atau 2 Mobil

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 28, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Carport adalah bagian penting dari rumah yang memberikan perlindungan kendaraan bermotor. Sebelum membuat garasi di rumah untuk mobil yang hendak dibeli, sebaiknya para pemilik mobil perlu mengetahui ukuran carport 1 mobil yang ideal. Sebab jika, terlalu sempit mobil akan mudah tergores. Dan sebaliknya, jika garasi terlalu lebar akan menghabiskan lahan yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya. Tahukah Pins, ada perbedaan antara carport dan garasi loh!

Memilih ukuran dan desain carport yang tepat dapat meningkatkan kepraktisan dan estetika. Untuk menentukan ukuran dan desain carport, ikuti arahan dan saran berikut.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Ukuran Carport yang Ideal

Source : Pixabay

Ukuran ideal carport untuk 1 mobil sangatlah beragam, tergantung dari jenis mobil yang Kamu gunakan. Seperti diketahui setiap mobil tentu memiliki dimensi yang berbeda-beda.

Lebar Carport

Tergantung pada ukuran rumah, lebar carport ideal sebaiknya cukup untuk menampung satu atau dua kendaraan. Ukuran carport yang ideal untuk satu mobil adalah sekitar 3 meter, sementara untuk dua mobil sebaiknya 6 meter. Lebar tambahan dapat membantu keluar-masuk kendaraan.

Ukuran Panjang Carport

Panjang carport harus cukup untuk menampung kendaraan dan memiliki ruang tambahan untuk bermain anak-anak atau menyimpan barang. Panjang yang yang disarankan untuk satu mobil adalah sekitar 5 hingga 6 meter, dan untuk dua mobil adalah 8 hingga 10 meter.

Tinggi Carport

Ketinggian carport harus dapat menampung mobil yang lebih tinggi, seperti SUV atau truk. Untuk mobil dengan dimensi bodi besar, ukuran ideal carport untuk 1 mobil memiliki panjang 4,9 meter hingga 6 meter. Untuk tingginya kurang lebih 1,5 meter hingga 1,8 meter.

Tips Mendesain Carport

Source : Pixabay

Berikut adalah tips untuk desain carport:

Pertimbangkan Material yang Tahan Lama

Pilih bahan untuk atap dan struktur carport yang tahan terhadap cuaca dan tidak membutuhkan banyak perawatan. Material seperti baja galvanis, aluminium, atau kayu yang dilapisi anti-air bisa menjadi pilihan yang baik.

Pertimbangkan Pencahayaan Alami

Desain carport menggunakan pencahayaan alami. Misalnya, atap transparan atau ventilasi yang baik dapat memberikan sirkulasi udara dan cahaya matahari yang cukup. Kamu juga perlu memperhatikan atap carport kamu untuk pencahayaan alami.

Integrasikan dengan Desain Rumah

Carport harus dimasukkan ke dalam desain rumah secara keseluruhan. Untuk menghasilkan tampilan yang serasi, pilih warna dan gaya yang sesuai dengan arsitektur rumah Kamu.

Tambahkan Ruang Penyimpanan

Di dalam atau di sekitar carport, pertimbangkan untuk menambah ruang penyimpanan. Ini dapat mencakup gudang kecil atau lemari penyimpanan tempat untuk menyimpan alat, peralatan taman, atau barang lainnya.

Pertimbangkan Tampilan Lantai

Source : Pixabay

Pilih bahan lantai yang praktis dan mudah dibersihkan. Seringkali, bahan yang cocok untuk carport adalah blok paving atau beton polos. Ini akan membuat tampilan lantai menjadi lebih bagus dan juga kokoh.

Gunakan Pencahayaan Buatan

Untuk keamanan dan kenyamanan, pastikan carport memiliki pencahayaan buatan yang cukup. Lampu gantung atau dinding di area parkir dapat menjadi pilihan yang bagus.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Penggunaan

Desain carport harus disesuaikan dengan fungsinya. Pertimbangkan untuk menambah area duduk atau ruang tamu kecil di sekitar carport jika acara sering diadakan di luar ruangan.

Perhatikan Drainase

Pastikan sistem drainase yang dirancang dengan baik digunakan untuk mencegah air hujan mengalir ke area carport. Peningkatan lantai atau saluran air dapat membantu aliran air dengan baik.

Rumus Menghitung Carport (Garasi) untuk Mobil yang Ideal

Source : Pixabay

Berikut adalah rumus menghitung carport untuk mobil:

1. Rumus Pengukuran Panjang

Menambah 100 hingga 200 cm dari panjang mobil untuk mencapai panjang carport yang ideal. Karena masih ada ruang antara dinding carport atau pintu garasi dan mobil, sehingga mobil tidak akan mudah tergores.

2. Rumus Pengukuran Lebar Carport

Menambah 100 cm lagi dari lebar mobil untuk mencapai lebar carport yang ideal. Dengan cara ini, pintu dan dinding garasi aman, dan dapat keluar dari mobil dengan leluasa.

3. Rumus untuk Mengetahui Seberapa Tinggi Carport

Jarak yang diperlukan untuk menaikkan tinggi carport harus paling sedikit kurang lebih 100 cm.

Contoh:
Memiliki mobil Daihatsu Terios dengan ukuran panjang 4,4 meter, lebar 1,695 meter, dan tinggi 1,740 meter. Ukuran carport yang ideal untuk 1 mobil Daihatsu Terios sebagai berikut.
Panjang mobil + 100 cm (1 meter) = 4,4 meter + 1 meter = 5,4 meter
Lebar mobil + 100 cm (1 meter) = 1,695 meter + 1 meter = 2,69 meter (di bulatkan menjadi 2,7 meter)
Tinggi mobil + 100 cm (1 meter) = 1,740 meter + 1 meter = 2,740 meter (di bulatkan menjadi 2,9 meter

Itulah dia Ukuran Carport Ideal untuk 1 Mobil atau 2 Mobil yang ideal yang bisa kamu ketahui, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download