Pinhome

Finansial

Tips Menyewakan Rumah Melalui AirBnb

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Berkembangnya teknologi dan internet memudahkan orang untuk melakukan banyak hal. Salah satunya, dengan dukungan semakin banyaknya marketplace di internet yang mengkomodasi kegiatan jual beli, atau sewa menyewa bisa jadi pilihan untuk mengkomunikasikan atau membuat tawaran tertentu pada publik secara mudah. Belakangan AirBnb jadi salah satu marketplace yang tawarkan sewa menyewa ruangan populer.

Kepopuleran AirBnb sangat beralasan. Pertama adalah karena marketplace ini menjembatani antara pihak pembuat penawaran dengan penyewa untuk memilih ruangan yang akan disewa secara mudah dan cepat. Lalu bagaimana bila kita ingin mengomnikasikan ruangan yang ingin kita sewakan via marketplace ini. Simak rangkuman tipsnya pada artikel kali ini.

rumah disewakan
rumah disewakan

Penyewa Mencari Fasilitas Yang Lengkap, Buat Bonus Tapi Jangan Janjikan Berlebihan

AirBnb adalah marketplace dengan keunggulan fitur yang UGC atau bersifat User Generated Content. Dengan ini pembuat advertisment bisa memasang iklan ruangan kamarnya secara langsung. Beberapa tips berikut mungkin bisa menarik perhatian pengguna untuk menyewa kamar dari kita.

1. Beberkan Fasilitas Secara Lengkap

Kebanyakan pengguna tentu mencari ruang baik rumah atau apartemen untuk disewa yang memiliki fasilitas lengkap. Sebagai penyedia tentu hal ini wajib dijelaskan, fasilitas disini bukanlah fasilitas a la hotel bintang lima seperti kolam renang atau kolam air panas. Cukup hal-hal seperti ketersedian air panas, kelengkapan ruangan serta hal-hal terkait lainnya.

2. Siapkan Bonus Kecil Sebagai Kejutan

Untuk meningkatkan selling point, ada baiknya untuk memberikan bonus kecil. Bonus disini bukanlah reward melainkan semacam extra gift. Sebagai contoh, bila penyewa menyewa lebih dari 10 hari maka berikan ekstra gratis satu hari tambahan, atau mungkin berikan welcome drink sebagai kejutan dan surprise faktor semata.

3. Jelaskan Tentang Keunggulan Daerah Yang Disewakan

Biasanya seorang turis tentu ingin tahu tentang keunggulan wilayah. Termasuk juga bagi pencari ruangan untuk disewa, baik kamar atau apartement, tentu ingin tahu hal yang sama. Untuk itu jelaskan tentang keunggulan daerah disekitar kamar atau ruangan yang akan disewakan, hal-hal yang sederhana saja seperti misalnya dekat dengan kawasan perbelanjaan, stasiun kereta atau hal lain yang menjadi keunggulan dan bisa menarik minat.

Keunggulan utama dari sebuah marketplace adalah sebagai vendor antara user dengan pengguna. Kemudahan ini tentu menjadikan kegiatan transaksional lebih mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tetapi perlu untuk diketahui sebagai penyedia layanan ada baiknya untuk menyediakan layanan dengan menjelaskan kondisinya sebaik mungkin.

Hal lain yang perlu dicatat tentunya adalah karena bersifat transaksional tentu hal-hal yang tercover dalam undang-undang juga perlu untuk dipahami. Hindari membuat penawaran yang berlebihan hanya demi menarik pengguna semata, ini akan bisa merugikan. Selamat mencoba peruntungan bersama AirBnb. Semoga Sukses!

Bagikan Artikel