Pinhome

Uncategorized

Tips Memilih Pompa Air di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Air merupakan kebutuhan yang paling utama bagi manusia. Setiap manusia membutuhkan air setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan yang ada di dalam tubuh agar tidak terkena dehidrasi. Kebutuhan air yang semakin meningkat membuat sebagian orang yang ada di kota-kota besar menggunakan air yang berasal dari saluran PAM (Perusahaan Air Minum). Air PAM dapat mempermudah Anda untuk mendapatkan air yang dibutuhkan. Namun tidak semua orang menggunakan PAM untuk memenuhi kebutuhan, karena masih banyak yang mengandalkan air dari tanah yang diambil dengan pompa air. Penggunaan air tanah memang masih menjadi andalan bagi sebagian orang, tetapi tidak jarang pompa air yang digunakan sering mengalami kerusakan. Ha tersebut tentu akan menghambat kebutuhan air Anda. Berikut tips untuk memilih pompa air agar dapat berfungsi dengan baik, diantaranya :

Perhatikan Suara Pompa

Sebelum membeli pompa untuk dapat mengaliri air dalam tanah, sebaiknya perhatikan suara pompanya terlebih dahulu. Suara pompa yang keras tidak akan menjamin pompa dapat menghisap air lebih banyak, maka pilihlah pompa air yang memiliki suara tidak terlalu keras. Hal tersebut dilakukan agar suara dari pompa air saat menyala tidak mengganggu Anda dan keluarga di rumah. Jika suara pompa air di rumah Anda mendadak keras, artinya pompa air mengalami gangguan pada saluran airnya.

Pertimbangkan Tempat Pengambilan Air

Jika ingin menggunakan air tanah, sebaiknya pertimbangkan dahulu tempat pengambilan sumber airnya. Selain itu perhatikan juga tingkat kedalaman sumur yang akan dibangun di rumah Anda. Apabila sumur di rumah Anda tidak membutuhkan pompa yang terlalu dalam, maka pilihlah pompa semi jet pump. Pompa semi jet pum dapat digunakan untuk mendapatkan air yang tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam di sumur Anda.

Perhatikan Perubahan Permukaan Air Tanah

Penggunaan air tanah memang banyak digunakan oleh masyarakat di perdesaan. Airnya yang bersih serta tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayar air dari PAM. Namun perlu diperhatikan jika terjadi perubahan permukaan air tanah saat sedang musim hujan dan kemarau. Pilihlah pompa yang terbaik serta sesuaikan juga dengan daya hisap pompa untuk menghemat energi yang dikeluarkan. Selain itu sesuaikan pompa air Anda dengan kebutuhan listirik yang ada di rumah.

Pilih Produsen yang Tepat

Sebelum membeli pompa, pastikan pompa yang Anda beli menyediakan garansi untuk pompa airnya. Hal tersebut akan memudahkan Anda apabila pompa air yang digunakan mengalami kerusakan, sehingga Anda dapat mengembalikan pompa tersebut kepada pembelinya.

Agar pompa tidak mudah rusak, sebaiknya bersihkan pompa secara rutin. Pompa yang dibersihkan secara rutin akan terhindar dari karatan atau debu yang masuk dalam dinamonya, sehingga pompa tidak mudah rusak. Selain itu letakanlah pompa air Anda di tempat yang kering agar tidak mudah berkarat.

Tags :

Bagikan Artikel