BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tips Memadukan Warna Terang untuk Dekorasi Rumah
0
0

5 Tips Memadukan Warna Terang untuk Dekorasi Rumah

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jan 4, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
Tips memadukan warna terang untuk dekorasi rumahtop-right-banner

Mengetahui tips memadukan warna terang untuk dekorasi rumah sangat penting guna menciptakan ruangan yang eye catching. Warna terang memang memiliki daya tarik tersendiri, namun sebaiknya diaplikasikan secara bersamaan dengan kombinasi yang tepat. 

Menggunakan warna terang secara tunggal bisa saja. Namun keputusan ini bisa saja tidak tepat karena warna terang yang berdiri secara tunggal bisa menimbulkan kontras yang tidak nyaman dilihat. Dengan begitu kamu perlu mengetahui tips kombinasi warna terang berikut ini. 

Dengan perpaduan warna maka kamu bisa bisa mempercantik tampilan rumah eksklusif kamu seperti Golden Flower atau perumahan di BSD lainnya. Kamu yang baru beli rumah bekas di Jakarta Timur juga bisa memilih warna-warna ini untuk mengubah suasana rumah. 

Baca juga: 7 Arti atau Makna Warna Jingga serta Karakteristiknya

Apa Itu Warna Terang?

Tips memadukan warna terang untuk dekorasi rumah
Source : Pixabay

Sebagaimana diketahui, ada jutaan warna di dunia yang bisa digunakan untuk dekorasi rumah. Tapi apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan warna terang atau warna cerah itu? Jawaban paling lugas adalah warna cerah adalah warna dengan intensitas tinggi.

Suatu warna bisa menjadi cerah jika menarik perhatian, bukan hanya karena intensitasnya, namun juga rona warna itu sendiri. Beberapa warna bahkan mungkin memiliki tampilan neon.

Warna-warna terang memiliki spektrum yang luar biasa, yang memberi banyak ruang untuk bermain-main dengan warna berbeda. Berikut beberapa contoh warna terang beserta kode heksadesimalnya yang berguna untuk kamu yang sedang mencari warna terang untuk dekorasi rumah.

  • Merah Terang | Kode Heksadesimal: #FF000D
  • Fire Engine Red| Kode Heksadesimal: #FE0002
  • Bubble Gum | Kode Heksadesimal: #FF85FF
  • Merah Muda | Kode Heksadesimal: #FF028D
  • Ungu Cerah | Kode Heksadesimal: #AD0AFD
  • Neon Ungu | Kode Heksadesimal: #BC13FE
  • Biru Cerah | Kode Heksadesimal: #0165FC
  • Warna Cyan | Kode Heksadesimal: #41FDFE
  • Burning Orange | Kode Heksadesimal: #FF7124
  • Orange neon | Kode Heksadesimal: #FFCF00
  • Electric Green | Kode Heksadesimal: #21FC0D
  • Hijau | Kode Heksadesimal: #00FF00
  • Lemon | Kode Heksadesimal: #FFF700
  • Kuning | Kode Heksadesimal: #FFFF00

Itu hanyalah beberapa warna terang yang umum, namun masih banyak lagi yang bisa kamu manfaatkan untuk menarik perhatian.

Baca juga: Arti Warna dalam Desain Grafis

Tips Memadukan Warna Terang untuk Dekorasi Rumah

Tips memadukan warna terang untuk dekorasi rumah
Source : Pixabay

Terlalu mudah bagi warna-warna terang untuk menarik perhatian dengan cara yang salah. Artinya, warnanya mungkin terlalu terang, terlalu intens, dan terlalu mencolok mata.

Di sisi lain, bila digunakan dengan benar, warna-warna terang bisa memberikan kesan menonjol. Jenis warna ini cenderung hidup. Dengan demikian, kamu perlu mengkombinasikan warna terang dengan benar. 

Menggabungkan warna-warna terang dalam dekorasi rumah bisa menciptakan tampilan yang segar, cerah, dan memperluas ruang. Berikut adalah 5 tips memadukan warna terang untuk dekorasi rumah.

1. Konsistensi dalam Palet Warna

Penting untuk menjaga konsistensi dalam palet warna yang kamu pilih. Dalam hal ini, kamu bisa memilih dua atau tiga warna terang yang saling melengkapi dan cocok dengan keseluruhan desain interior. 

Misalnya, kombinasi warna biru langit, putih bersih, dan kuning lemon dapat memberikan nuansa yang cerah namun tetap menyatu secara visual. Pastikan untuk menggunakan warna-warna ini dalam berbagai elemen dekoratif, mulai dari dinding, furnitur, hingga aksen dekoratif lainnya seperti bantal sofa, gorden, atau karpet.

2. Seimbangkan Kontras Warna

Tips memadukan warna terang untuk dekorasi rumah
Source : Pixabay

Untuk memadukan warna terang dengan baik, pertimbangkan kontras yang seimbang. Warna-warna cerah seperti merah, kuning, atau biru muda akan lebih menonjol saat dipasangkan dengan warna netral seperti putih, abu-abu, atau krem. 

Misalnya, jika kamu menggunakan dinding berwarna kuning cerah, padukan dengan furnitur netral atau aksen dinding putih untuk memberikan keseimbangan yang menyenangkan bagi mata.

Baca juga: 11 Kombinasi Warna Cat Orange Pada Dinding Rumah Bikin Hati Senang

3. Fokus pada Akurasi Cahaya

Warna terang sangat dipengaruhi oleh pencahayaan di dalam ruangan. Pastikan kamu mengevaluasi pencahayaan alami dan buatan ketika memilih warna. Ruangan yang diterangi sinar matahari akan membantu warna-warna cerah menjadi lebih menonjol dan segar. 

Sementara itu, pencahayaan buatan seperti lampu plafon, lampu meja, atau lampu dinding bisa memberikan efek yang berbeda pada warna. Pastikan untuk menguji warna di ruangan dengan pencahayaan yang berbeda untuk memastikan hasil yang diinginkan.

4. Keseimbangan Proporsi Warna

Tips memadukan warna terang untuk dekorasi rumah
Source : Pixabay

Proporsi warna adalah kunci dalam penggunaan warna terang. Terlalu banyak warna cerah dalam satu ruangan bisa membuatnya terlihat berlebihan atau terlalu mencolok. Sebaliknya, terlalu sedikit warna cerah mungkin tidak memberikan dampak visual yang diinginkan. 

Pertimbangkan untuk menggunakan warna terang sebagai aksen atau highlight dalam ruangan. Misalnya, dinding berwarna putih bersih dengan aksen warna cerah pada bantal sofa, lukisan dinding, atau perabotan akan memberikan sentuhan yang menyenangkan tanpa mendominasi ruangan.

5. Eksplorasi Gradasi Warna

Selain memilih satu warna terang, pertimbangkan juga menggunakan gradasi warna yang sejalan dengan warna utama yang kamu pilih. Misalnya, dalam ruang tamu, kamu bisa menggunakan gradasi warna biru dari biru tua hingga biru muda pada berbagai elemen dekoratif seperti dinding, sofa, hingga aksen dekoratif lainnya. 

Teknik ini memberikan dimensi visual dan ketenangan pada ruang tanpa kehilangan sentuhan cerah yang diinginkan. Artinya, gradasi warna ini bisa dieksplorasi tidak hanya pada warna cat dinding saja, tapi juga elemen lain yang ada dalam ruangan. 

Dalam tips memadukan warna terang untuk dekorasi rumah, penting untuk memperhatikan keselarasan dan keseimbangan. Selalu ada baiknya untuk bereksperimen dan menyesuaikan berdasarkan preferensi pribadi serta gaya dekorasi yang diinginkan.

Baca Juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Bali Resort Tangerang dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download