BlogPemilik PropertiDesain HunianHindari! 6 Kesalahan Dekorasi Rumah yang Sering Terjadi
0
0

Hindari! 6 Kesalahan Dekorasi Rumah yang Sering Terjadi

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tujuan mendekorasi rumah pastinya untuk mempercantik tampilan dari rumah itu sendiri. Akan tetapi, kesalahan di dalam mendekorasi dapat menyebabkan tampilan rumah Kamu malah akan terlihat berantakan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara yang tepat mendekorasi agar rumah Kamu terlihat lebih cantik dan indah. Pada artikel ini, Pinhome akan menjelaskan beberapa kesalahan dekorasi rumah yang sering terjadi.

Ketika mendekorasi rumah, ada baiknya Kamu tidak melakukan kesalahan yang membuat rumah menjadi tidak nyaman dihuni. Mendekorasi rumah bisa dilakukan sesuai preferensi dan konsep yang Kamu miliki. Terdapat beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh pemilik rumah pada saat mendekorasi rumah.

Kamu bisa cek rumah second di Jakarta Timur. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menambah desain sesuka hati kamu ketika membeli rumah di Bekasi. Sedangkan kamu yang punya rumah tidak ditempati bisa titip jual rumah di Pihome.

Baca juga: 17 Motif Keramik Dinding Kamar Mandi Simpel dan Kekinian

6 Kesalahan Dekorasi Rumah yang Sering Terjadi

Ketika ingin mendekorasi ruangan di rumah, yang terfikirkan yaitu kesan yang rapi, bersih dan nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Tidak jarang Kamu juga mencari ide dekorasi tentang rumah impian Kamu. Terutama saat ini semua dekorasi rumah dapat dipesan lewat ponsel, dan langsung dikirim ke rumah.

Tapi jangan salah, walaupun telah mendapatkan banyak referensi dari majalah dan buku, artikel online yang menawarkan ide dan inspirasi, akan tetapi tetap saja masih bisa ditemukan keselahan mendekorasi rumah. Hal tersebut bisa terjadi karena bisa saja Kamu terlalu bersemangat ketika sedang berbelanja, hingga tidak mempertimbangkan apa yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan. Berikut ini beberapa kesalahan dekorasi rumah yang sering terjadi.

1. Salah Memilih Warna Cat Dinding

Source : Pixabay

Kesalah dekorasi rumah yang sering terjadi yang pertama yaitu salah memilih warna cat dinding. Agar lebih matching, terlebih dahulu untuk memikirkan konsep warna dasar yang akan Kamu terapkan di rumah. Setelah itu, barulah mulai memilih padanan warnanya untuk diaplikasikan ke kain gorden, wallpaper, karpet, dan aksesoris ruangan lainnya.

Jika Kamu telah memutuskan warna dinding, Kamu bisa membeli dahulu sedikit warna tersebut dan aplikasikan di bagian kecil di rumah untuk melihat bagaimana warna terliht di ruangan dengan cahaya yang alami. Mintalah sampel warna cat, karpet dan potongan kain sehingga Kamu mempertimbangkannya di rumah. Warna dasar yang lebih bisa membuat barang-barang dengan warna favorit Kamu terlihat lebih menonjol.

2. Penempatan Furnitur yang Salah

Tata letak furnitur merupakan hal biasa jika Kamu merasa tergoda untuk mendorong semua furnitur ke dinding. Hal tersebut mungkin saja terlihat logis untuk membuat ruangan terlihat lebih besar lagi, akan tetapi juga bisa mempunyai efek sebaliknya. Lebih penting lagi, hal satu ini bisa membuat ruangan  terasa terputus-putus tanpa titik fokus ataupun tujuan.

Sebagai gantinya, sebagian besar desainner menyarankan menarik furnitur ke arah satu sama lain, membuat sketsa yang lebih intim untuk percakapan. Saat ini Kamu mempunyai ruang di sepanjang dinding untuk memasang rak buku.

3. Tidak Mempertimbangkan Sirkulasi Udara

Source : Pixabay

Kadang-kadang, pemilik rumah terlalu fokus kepada posisi perabotan rumah agar terliaht estetik. Akan tetapi, mereka tidak memperhatikan faktor sirkulasi udara. Sirkulasi udara sangat penting karena bisa membantu menjaga kesehatan keluarga, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi kelembaban ruangan.

Kamu juga bisa memperbaiki sirkulasi udara di hunian Kamu dengan menambahkan jendela atau memilih konsep ruang terbuka yang menghadap langsung ke pekarang rumah.

4. Salah Memilih Ukuran Karpet

Source : Pixabay

Karpet bisa mengubah keseluruhan estetika sebuah ruangan, mengartikan ruang di dalam ruangan yang lebih besar, dan secara harfiah berfungsi sebagai platform untuk furnitur. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh beberapa orang dalam memilih karpet yaitu ukurannya terlalu kecil.

Di ruang keluarga, semua perabot harus mempunyai setidaknya kaki depan di atas karpet untuk menciptakan tampilan yang menyatu serta membuat ruangan terlihat lebih rapi dan tertata dengan baik.

5. Melupakan Karya Seni

Kesalahan dekorasi rumah yang sering terjadi berikutnya yaitu melupakan karya seni. Padahal, karya seni merupakan sentuhan akhir yang bisa mempercantik ruangan, akan tetapi juga menghancurkannya. Akan tetapi, kesalahan yang dilakukan yaitu menggantung karya seni terlalu tinggi.

Oleh karena itu, berhentilah untuk menggantung bingkai di tengah-tengah di antara meja masuk dan plafon. Ketinggian yang ideal untuk sebuah karya seni yaitu sejajar dengan mata atau sekitar 1,4 meter dari tanah ke tengah bingkai. Ketika menggantung sesuatu di atas perabot, jaga agar karya seni tetap berada di dalam jarak beberapa inci dari bagian atas perabot. Ruang dan karya seni itu sendiri akan langsung terlihat lebih menyatu dan terlihat lebih tinggi.

Baca juga: Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP): Definisi & Cara Menghitung

6. Tirai yang Salah Ukuran

Source : Pixabay

Menggunakan gorden atau tirai yaitu cara mudah memasukkan lebih banyak warna dan pola ke dalam ruangan. Akan tetapi, para desainer menyadari penempatannya dapat menjadi masalah bagi dekorator yang tidak berpengalaman dan menjadi kesalahan mendekorasi ruangan yang dilakukan oleh orang.

Pertaman, Kamu ingin menempatkan gorden jendela sehingga sisi-sisinya menyentuh tepi jendela. Penempatan ini membantu mencegah menghalangi cahay alami masuk ke ruangan ketika tidak diinginkan. Selain itu, gorden harus selalu menyentuh lantai. Gantung gorden setidaknya 10-15 sentimeter di atas bagian bingkai jendela dan ukurlah ke lantai untuk mengetahui ukuran gorden yang diperlukan.

Itu dia beberapa kesalahan dekorasi rumah yang sering terjadi. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Orchard Village dan an dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download