Pinhome

Uncategorized

Syarat Penting Sebelum Menyewakan Rumah Anda

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Mempunyai sebuah rumah lebih dari satu merupakan suatu keuntungan tersendiri untuk diri Anda. Rumah yang Anda miliki dapat menghasilkan uang apabila disewakan. Pembisnis biasanya akan menyewa rumah yang dekat dengan tempat kerja mereka. Kebanyakan pegawai yang belum mempunyai rumah juga pasti akan menyewa rumah yang dekat dengan perusahaan tempat ia bekerja.

Menyewakan rumah tentunya harus mempertimbangkan beberapa aspek. Salah satu aspek yang utama ialah kita harus menyewakan rumah kepada penuyewa jangka waktu panjang. Alasan kenapa kita harus memilih penyewa jangka waktu panjang daripada pendek ialah untuk menghemat biaya kerusakan. Rumah yang disewakan dengan jangka waktu pendek biasanya lebih banyak kerusakan yang ditimbulkan karena penghuni berbeda-beda.

rumah disewakan

Apabila Anda berkeinginan untuk menyewakan rumah, maka adakanlah promosi besar-besar dengan memberikan beberapa fasilitas lengkap di dalam rumah. Selain promosi, kita harus mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyewakan rumah. Berikut ini adalah beberapa syarat penting sebelum menyewakan rumah Anda.

Pastikan keamanan rumah Anda

Sebelum menyewakan rumah, Anda harus memastikan bahwa rumah yang ingin disewakan aman. Gantulah semua kunci pintu yang mengalami kerusakan. Perbaiki juga jendela-jendela yang dirasa telah rusak. Hal ini berguna untuk mengantisipasi adanya pencuri didalam rumah.

Buatlah surat perjanjian

Surat perjanjian harus dibuat dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Surat ini biasanya berisi peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh penyewa rumah. Butir-butir peraturan ini adalah tidak boleh memasangkan bangunan permanen atau nonpermanen, membuat kandang hewan dan sebagainya.

Buatlah perjanjian tentang perawatan rumah

Buatlah kesepakatan terhadap perawatan rumah yang hendak Anda sewakan. Tentukan apakah biaya perawatan yang menanggung penyewa atau dibagi rata. Usahakan jangan membebankan seluruh biaya perawatan terhadap penyewa karena mereka pasti akan merasa keberatan. Bagilah biaya perawatan rumah menjadi 50:50. Sisakan uang hasil penyewaan rumah Anda minimal 20 % untuk biaya penyewaan rumah.

Exit plan

Exit plan merupakan penjelasan terhadap rencana ketika perjanjian sewa menyewa rumah telah berakhir. Perjanjian ini harus ditulis dengan sedetail mungkin. Perjanjian ini biasanya berisi tentang sanksi yang ketika penyewa terlambat membayar sewa.

Mengetahui tipe penyewa rumah

Beberapa tipe orang penyewa rumah ialah keluarga dan mahasiswa. Penyewaan rumah biasanya akan lebih gampang kepada seseorang yang sudah berkeluarga. Tetapi adapun kekurangannya yaitu apabila dalam keluarga tersebut terdapat seorang balita biasanya suka sekali mencoret-coret dinding rumah. Lakukanlah wawancara terhadap penyewa mengenai pekerjaan, status dan lainnya. Mintalah fotokopi KTP dan dokumen lainnya yang dapat menjelaskan status orang tersebut secara jelas.

Perabotan rumah tangga

Buatlah perjanjian dengan calon penyewa apakah ia sanggup atau tidak mengisi perabotan rumah. Hal ini dapat berguna agar Anda tidak repot untuk mempersiapkan perabotan rumah. Selain itu hal tersebut dapat mengantisipasi pengeluaran biaya seperti memperbaiki kerusakan perabotan rumah Anda.

Itulah beberapa syarat penting yang harus Anda ketahui sebelum menyewakan rumah. Lakukanlah perjanjian secara sah melalui seorang pengacara dan ditandatangani diatas materi supaya bernilai hukum. Sisihkan 20% uang hasil penyewaan rumah untuk mengantisipasi adanya biaya renovasi rumah

Tags :

Bagikan Artikel