Pinhome

Tips Properti

Sifat Batu Alam dan Analisa Pengujian untuk Bahan Bangunan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Sifat batu alam adalah mempunyai nilai kekuatan tekan dan lentur yang tinggi serta keras tidak mudah hancur. Batu alam mempunyai daya serap air yang kecil dan tahan terhadap pengaruh cuaca. Selain itu, batu alam juga tahan terhadap keausan. Sebelum digunakan untuk bahan bangunan, sebaiknya dilakukan analisa dan pengujian terlebih dahulu terhadap batuan alam tersebut. Sehingga dapat dipilih material batuan alam terbaik yang memenuhi persyaratan untuk digunakan.

Ini Dia Analisa Batu Alam Sebelum Digunakan Sebagai Bahan Bangunan

sumber: iStock
  1. Analisa petografi merupakan analisa mikrokospis yang dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui jenis batu alam, bagaimana texturnya, struktur komposisi mineral yang terkandang pada batu serta penentuan nama untuk menyebut jenis batu alam tersebut.
  2. Analisa kimia dilakukan untuk mengetahui kandungan bahan kimia pada batuan alam.
  3. Analisa defraktometer sinar x dilakukan untuk mengetahui unsur kima pada jenis batuan alam berbutir halus seperti tanah liat.
  4. Analisa besar butir dilakukan untuk mengetahui presentase ukuran butiran dengan cara menggunakan ayakan berjenjang dengan ukuran yang berbeda pada setiap lapis ayakan.
  5. Analisa berat jenis (bulk density) dengan cara memanaskan terlebih dahulu batu alam di dalam oven pada suhu 100 derajat celcius dalam waktu 24 jam, kemudian didinginkan pada suhu ruangan. Lalu batuan ditimbang dan diukur volumenya sehingga diperoleh berat jenis batuan alam dengan cara membagi berat dengan volume.
  6. Pengujian daya serap air pada batuan alam dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan batuan untuk menyerap air.
  7. Pengujian ketahanan batuan terhadap pelapukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bahan kimia. Jika bahan kimia dalam presentase tinggi dapat merugikan bagi konstruksi bangunan seperti alkali.
  8. Pengujian ketahanan batuan terhadap keausan dilakukan untuk mengetahui daya tahan terhadap gosokan bahan-bahan lainya, pengujian dilakukan dengan menggunakan bola-bola baja yang terdapat pada alat uji keausan.
  9. Pengujian kuat tekan bebas adalah upaya untuk mengetahui batas kekuatan tekan batu alam, sehingga dapat direncanakan sebuah konstruksi yang aman dari kerusakan akibat beban yang bekerja pada bangunan.

Dengan mengetahui sifat-sifat batuan alam yang benar yaiatu dengan cara melakukan analisa serta pengujian yang teliti. Maka dapat dipilih batu alam sesuai dengan kebutuhan serta aman terhadap bahaya kerusakan bangunan. Baik dari segi  tampilan juga dapat dipilih tipe batuan alam yang sesuai dengan nilai-nilai arsitektur yang hendak ditampilkan pada sebuah bangunan.

Baca Juga: Apa Pilihan Keramik Dinding yang Bagus untuk Rumahmu?


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel