BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tips Desain Kamar Mandi, Mudah dan Nyaman!
0
0

10 Tips Desain Kamar Mandi, Mudah dan Nyaman!

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 13, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
tips desain kamar manditop-right-banner

Desain kamar mandi yang nyaman akan membuatmu senang berlama-lama berada di dalamnya. Memiliki desain kamar mandi yang nyaman, tak hanya berdampak positif bagi si pemilik rumah, tapi juga untuk orang yang datang ke rumah. Ada beberapa tips desain kamar mandi minimalis yang bisa kamu terapkan dengan mudah untuk hunianmu.

Kamu bisa melakukannya mulai dari memilih tema kamar mandi, memilih motif lantai kamar mandi, menambah berbagai perlengkapan kamar mandi, dan masih banyak lagi. Dengan tips ini kamu bisa membuat rumah eksklusif kamu sebagi  Mutiara Gading City ataupun rumah di Cipayung lainnya. Untuk detail lebih lengkapnya, simak tips desain kamar mandi berikut ini!

Baca juga: Desain Kamar Mandi Sehat

Tips Desain Kamar Mandi

tips desain kamar mandi
Source : Pexels

Di bawah ini adalah beberapa tips desain kamar mandi yang bisa kamu lakukan agar bisa menciptakan ruangan yang lebih nyaman.

1. Perhatikan Ukuran

Source : The Spruce

Sesuaikan ukuran kamar mandi kamu dengan luas lahan yang tersedia. Bila rumah berukuran besar, tak ada salahnya Pins membuat kamar mandi dengan ukuran yang relatif besar. Terlebih lagi bila kamu juga suka spa sendiri di rumah. Sebaliknya, jika rumah kamu berukuran mungil, ukuran kamar mandi pun harus menyesuaikan agar tidak memakan tempat.

2. Siapkan Daftar Kebutuhan Kamar Mandi

Sebelum mulai merenovasi atau mendesain ulang kamar mandi, sebaiknya daftarkan elemen-elemen terpenting apa yang ingin dimasukkan ke dalam kamar mandimu. Misalnya saja, kamar mandi khusus keluarga akan berbeda gaya dan kebutuhannya jika dibandingkan dengan kamar mandi khusus tamu.

Setiap pilihan mempunyai daftar kepentingannya masing-masing, dari mulai pemilihan bak air, shower yang mungkin harus terpisah, wastafel ganda, penyediaan tempat penyimpanan ataupun suplai sabun, odol, shampoo ataupun sikat gigi baru dan ekstra untuk diletakkan di ruang tamu.

Baca juga: 13 Pertimbangan dan Tips Renovasi Rumah Type 36

3. Pilih Keramik yang Sesuai

Source : Housing

Untuk kenyamanan, pilihlah keramik lantai kamar mandi yang tidak licin dan memiliki tekstur agak kasar. Lantai keramik licin saat terkena air akan bertambah licin, hal ini tentu akan berdampak pada keamananmu saat berada di dalamnya.

Pilih keramik yang sesuai dengan ukuran ruangan, misalnya untuk ukuran kamar mandi yang sempit sebaiknya menggunakan ukuran keramik kamar mandi kecil 20 cm x 20 cm. Sehingga ini akan membuat suasana ruangan menjadi lebar, begitu juga dengan kamar mandi dengan ukuran besar akan lebih baik menggunakan ukuran keramik yang lebih besar.

Sebaiknya, sisa potongan keramik di sisi dinding tidak lebih dari 1/2 badan keramik. Terkadang kita melihat sebuah kamar mandi dengan ornamen sanitair yang mahal akan sangat disayangkan sekali jika terlihat sebuah potongan keramik yang kecil di sisi dinding yang dapat mengganggu keindahan ruangan.

Baca juga: Tips Desain Kamar Mandi Sebagai Bagian Renovasi Rumah

4. Jaga Kebersihan Kamar Mandi

Untuk bisa memaksimalkan nuansa nyaman dalam kamar mandi, jagalah kebersihan di dalamnya. Bersihkan kamar mandi secara berkala, karena seindah apapun desain kamar mandimu, jika tidak dibersihkan secara rutin maka tetap tidak akan berguna.

Kamu juga bisa memaksimalkan kenyamanan kamar mandi dengan menambahkan pewangi kamar mandi. Baik pewangi alami maupun sintesis. Pengharum ruangan dari bahan alami bisa kamu tampilkan dengan menyajikan bunga-bunga hidup untuk keharuman dan keindahan ruangan.

5. Pilih Tema Kamar mandi

Furniture Kamar Mandi
Source : Pixabay

Untuk tema desain kamar mandi, bisa kamu sesuaikan dengan seleramu sendiri. Mulai dari tema modern, natural, maupun klasik. Jangan lupa sesuaikan antara aksesoris kamar mandi seperti handuk, kaca, dan sebagainya sesuai dengan tema yang kamu pilih.

Jangan lupa menambahkan lampu dengan pencahayaan yang cukup pada kamar mandi. Suasana lampu akan menambah kesegaran suasana pada saat berada di kamar mandi, apalagi pada saat malam hari. Kaca dan lampu merupakan komponen penting untuk desain kamar mandi yang apik dan menawan.

6. Pilih Material yang Bagus

Selain tips di atas, kamu juga harus memperhatikan material yang yang digunakan untuk perlengkapan mandi, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pemasangan dinding (pasir, batu bata, semen, keramik dinding)
  • Pekerjaan lantai (keramik lantai, pasir, semen, cor naad, keramik border)
  • Pintu dan jendela
  • Sanitair (closet, urinoir, shower, floor drain, wastafel, kran air)
  • Instalasi plumbing (pipa, lem pipa)
  • Instalasi listrik (lampu, kabel, sakelar, stop kontak)
  • Instalasi tata udara (exhaust fan, air conditioner)

Material-material di atas bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamar mandi. Kamu bisa bisa juga menambahkan material-material lainnya seperti tempat tisu, kipas angin, bak air, ralling, dan masih banyak lagi.

7. Perhatikan Sirkulasi Udara dan Pencahayaan

Source : iStock

Agar kamar mandi tidak terlalu lembab dan tidak menimbulkan bau yang tidak diinginkan, pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Kamu bisa membuat beberapa ventilasi kecil pada dinding bagian atas kamar mandi.

Upayakan dinding kamar mandi yang terdapat ventilasi tersebut berhadapan langsung dengan bagian luar rumah sehingga udara luar bisa bebas ke luar masuk. Untuk membantu sirkulasi udara bisa berjalan optimal, lengkapi juga kamar mandi Pins dengan exhaust fan.

Pencahayaan juga penting untuk kamar mandi yang sehat. Pastikan sinar matahari bisa menerobos masuk ke dalamnya. Kamu bisa menggunakan beberapa genteng transparan maupun celah ventilasi yang berhadapan langsung dengan arah datangnya sinar matahari.

Dengan cara ini, bakteri tidak bisa bertahan di hidup di dalamnya. Selain itu, Pins pun bisa menghemat penggunaan listrik.

Baca juga: 8 Desain Interior Rumah Klasik Paling Cantik

8. Perhatikan Aspek Keamanan

desain kamar mandi
Source : Pinhome

Pastikan kamar mandi selain nyaman juga aman digunakan. Jauhkan saluran listrik dari sumber air. Selain itu, pastikan pula lantai kamar mandi tidak licin sehingga tidak sampai membuat penggunanya terpeleset.

9. Siapkan Area Penyimpanan

Source : Driven by Decor

Bisa dibilang, ruang penyimpanan menjadi salah satu faktor untuk kebergunaan dan indahnya sebuah kamar mandi itu sendiri. Ruang penyimpanan yang Pins gunakan sebaiknya memiliki desain menarik dan modelnya cukup estetik, agar bisa berperan ganda. Ruang penyimpanan barang-barang ini biasanya menyimpan perlengkapan mandi seperti sabun, sikat gigi, ataupun sabun cuci muka.

Jangan sampai dengan keterbatasannya ruang penyimpanan di kamar mandi, Pins jadi tidak bisa menyimpan berbagai item yang diperlukan dong. Beberapa perlengkapan mandi biasanya dengan santainya diletakkan di lantai keramik dan membuat suasana estetika di dalam kamar Pin tiba-tiba berubah dan tidak enak dipandang mata.

10. Tetapkan Budget Pengeluaran

Mengkategorikan budget pengeluaran khusus untuk ruang kamar mandi tentunya akan sedikit merepotkan, namun hal ini jauh lebih baik daripada kita sama sekali tidak membuat anggaran awal dan berujung kepada overbudget semau. Fiksasi budget yang sudah dibuat sebaiknya terus diawasi dan dijaga agar kita tidak mempermainkan uang dengan semena-mena.

Nah, itu dia beberapa tips desain kamar mandi yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan kamar mandi yang nyaman maksimal. Selamat mencoba!

Baca juga:  Tips Membuat Kamar Tidur dengan Kamar Mandi di Dalam

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download