BlogPemilik PropertiDesain Hunian3 Alasan Mengapa Rumah Dekat Tiang Listrik Berbahaya
0
0

3 Alasan Mengapa Rumah Dekat Tiang Listrik Berbahaya

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jan 15, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
rumah dekat tiang listriktop-right-banner

Saat membeli rumah, lokasi adalah segalanya. Terkadang, perbedaan kecil pada lokasi rumah dapat memberikan perbedaan besar pada kesehatan jangka panjang. Salah satu kekhawatiran terbesar pembeli adalah membeli rumah dekat tiang listrik.

Rumah dekat tiang listrik memang tidak direkomendasikan dengan alasan keamanan. Selain berbahaya karena rentan ketiban saat tiang mengalami patah atau rusak, rumah yang terlalu dekat ini juga rentan terpapar radiasi listrik yang membahayakan. 

Sebelum lanjut kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue untuk mengetahui estimasi harga rumah di Bekasi. Kamu yang ingin menjual rumah second di Kota Bandung juga bisa memanfaatkan titip jual rumah di Pinhome

Baca juga: 6 Penyebab Arus Listrik Lemah dan Cara Mengatasinya

Bahaya Rumah Dekat Tiang Listrik

rumah dekat tiang listrik
Source : iStock

Ada beberapa risiko yang terkait dengan lokasi rumah di dekat jaringan listrik. Risiko terbesarnya adalah meningkatnya risiko kebakaran dan sengatan listrik, serta paparan radiasi electromagnetic field (EMF) dari saluran listrik. Seperti diketahui, radiasi EMF bisa menyebabkan gangguan kesehatan serius pada tubuh. 

Berikut ini beberapa bahaya yang mungkin terjadi ketika punya rumah dekat jaringan listrik.

1. Rentan Kebakaran

Salah satu bahaya terbesar tinggal dekat jaringan listrik adalah tingginya risiko kebakaran. Meskipun kamu merawat pekarangan dan rumah dengan baik, kebakaran akibat listrik masih bisa menjadi risiko yang serius. 

Hal ini juga berlaku di wilayah yang terdapat jaringan listrik. Penyebab kebakaran pun bisa beragam, mulai dari ranting tumbang, kawat hidup, dan beberapa daun tua untuk membuat halaman rumput terbakar menjadi bola api.

Untungnya, sebagian besar kota telah memasang fitur keselamatan untuk mengurangi kemungkinan kebakaran atau kerusakan. Namun, jika kamu melihat ada gejala bahaya, tetaplah di rumah dan hubungi 911.

Selain kebakaran, penghuni rumah di lokasi ini juga berisiko terkena sengatan listrik. Kabel yang dipotong dengan arus listrik selalu menimbulkan sengatan yang mengejutkan. Meskipun tidak mengejutkan penghuni, sengatan ternyata juga bisa mengakibatkan kerusakan properti yang serius.

Baca juga: Tips Saat Mati Lampu di Rumah

2. Radiasi EMF

rumah dekat tiang listrik
Source : Pixabay

Rumah yang berdekatan dengan jaringan listrik akan terpapar radiasi EMF secara terus menerus. Pengaruh radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia telah menjadi bidang penelitian yang luas karena orang ingin memastikan bahwa paparan tersebut tidak menyebabkan kanker atau penyakit lainnya. 

Kekhawatiran tentang jaringan listrik dan kanker meningkat setelah penelitian tahun 1979. Penelitian itu menemukan hubungan antara kabel listrik dan kanker pada masa kanak-kanak. 

Namun, penelitian lain pada tahun 2000-an tidak menemukan hubungan tersebut atau hanya menemukan hubungan tersebut pada rumah dengan tingkat gaya magnet yang sangat tinggi, hal yang jarang terjadi, menurut National Cancer Institute.

Pada tahun 2005, para peneliti di Universitas Oxford menemukan hubungan antara jarak dari kabel listrik dan kanker anak di Inggris. Sejak itu, para peneliti telah mempelajari lebih lanjut hubungan ini, termasuk dalam California Power Line Study, sebuah studi tahun 2016 yang dimuat dalam British Journal of Cancer. 

Para peneliti dari penelitian ini tidak menemukan bukti adanya risiko kanker pada masa kanak-kanak bagi keluarga yang tinggal 164 kaki atau lebih dari jaringan listrik. Selain itu, sebagian besar peneliti menemukan lemahnya dukungan terhadap peningkatan risiko kanker pada masa kanak-kanak bagi mereka yang tinggal dalam jarak kurang dari 50 meter.

3. Suara Bising

Meskipun hal ini bukan risiko besar bagi kebanyakan orang, kita semua pernah mendengar dengungan rendah yang dapat ditimbulkan oleh kabel listrik bertegangan tinggi. Hal yang sama juga berlaku untuk pembangkit listrik yang lebih besar dengan banyak hub.

Bagi sebagian besar orang, suara dengungan dapat menjadi tambahan yang mengganggu. Namun, bagi segelintir orang, dengungan terus-menerus tersebut dapat menjadi sumber migrain atau faktor yang memperburuk migrain yang sudah ada.

Baca juga: Tips Hemat Listrik Saat WFH

Kata Fengshui Tentang Rumah Dekat Tiang Listrik

rumah dekat tiang listrik
Source : iStock

Selain berbahaya, rupanya rumah dekat jaringan listrik juga tidak direkomendasikan oleh pakar fengshui karena membawa aura negatif. Namun seperti biasa, mereka punya cara untuk menangkal aura negatif dengan beberapa cara berikut. 

1. Hang Hulu (Labu Cina)

Hulu, juga dikenal sebagai labu China, adalah simbol populer yang memiliki banyak arti dalam fengshui. Untuk melindungi rumah dari medan elektromagnetik negatif, gantungkan beberapa Hulu (labu) pada seutas tali dan di sekeliling rumah.

Ini adalah simbol kesehatan dan umur panjang yang dipercaya dan akan melindungi rumah. Hulu juga dipercaya menjaga kesehatan dari dampak energi negatif tiang listrik.

2. Pasang Patung atau Gambar Ayam Jago

Patung ayam jago melambangkan perlindungan dan keberuntungan dalam fengshui. Meletakkan patung ayam jago atau gambar ayam jago di depan pintu atau jendela akan melindungi rumah dari energi negatif.

Jika memiliki jendela menghadap tiang listrik, tempelkan gambar ayam jago di jendela tersebut dan lakukan hal yang sama di pintu depan. Ayam jago akan menyerap semua energi negatif dan memberi perlindungan sehingga kesehatan tetap terjaga.

3. Air Mancur Depan Rumah

Elemen air bisa sangat membantu dalam situasi ini. Pasalnya air dan listrik tidak dapat bercampur, sehingga menambahkan elemen air di dekat tiang listrik akan mengurangi dampak negatifnya.

Menurut fengshui, letakkan air mancur di pintu masuk, halaman, atau dekat pintu depan. Semakin dekat ke tiang listrik semakin baik karena dengan mudah akan menjauhkan energi negatif.

Itulah beberapa bahaya yang akan timbul pada rumah dekat tiang listrik yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download