BlogHome ServiceResep MasakanResep Jus Melon Beserta Manfaatnya
0
0

Resep Jus Melon Beserta Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas

Des 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki hidup sehat tentu menjadi idaman banyak orang. Salah satunya meminum jus melon yang punya banyak manfaat untuk tubuh. Apalagi resep jus melon sangat mudah untuk dibuat.

Melon memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika jus melon kerap dijadikan minuman pendamping hidangan utama yang enak.

Jika jus melon berguna untuk kesehatan tubuh, memiliki rumah memberikan keamanan pada pemiliknya. Mencari rumah sudah sangat mudah, salah satunya menggunakan aplikasi Pinhome.

Kamu bisa memanfaatkan fitur titip jual sewa rumah untuk mendapatkan informasi detail rumah yang kamu inginkan. Misalnya kamu mencari Puri Tenjo yang merupakan perumahan di Bogor. Dalam satu kali klik, kamu akan mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan bahkan cara melakukan KPR nya.

Nah, buat kamu yang ingin menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini resep jus melon terenak dan segar.

Baca juga: 

Resep Jus Melon

resep jus melon
Source : Shutterstock

Membuat jus melon sangatlah mudah, berikut resep jus melon yang bisa kamu coba dirumah.

Bahan:

  • Pertama siapkan buah melon segar kemudian kupas dan gunakan dagingnya sebanyak 250 gr
  • Siapkan Gula pasir sebanyak 100 gr
  • Siapkan 500 ml untuk air bersih yang sudah dimasak
  • Untuk susu putih kental dan manis siapkan secukupnya saja
  • Terakhir, siapkan juga es batu sesuai kebutuhan atau secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama potong-potong daging buah melon agar lebih cepat untuk dihaluskan.
  2. Kemudian masukkan kedalam blender yang sebelumnya sudah dipersiapkan.
  3. Berikutnya tambahkan gula pasir dan tuangkan susu putih kental dan manis kedalamnya.
  4. Selanjutnya tuangkan kembali air bersih dan matang pada blender.
  5. Berikutnya nyalakan dan blender hingga benar-benar halus menggunakan kecepatan sedang.
  6. Siapkan gelas saji dan masukan es batu, kemudian tuangkan jus yang tadi telah diblender.
  7. Aduk-aduk hingga jus melon terasa dingin dan jus melon pun siap untuk disajikan.

Baca juga: 

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

resep jus melon
Source : Shutterstock

Berikut adalah beberapa manfaat jus melon yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan:

Kaya akan Nutrisi

Jus melon mengandung sejumlah besar nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan kalium. Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin A penting untuk kesehatan mata, vitamin K membantu pembekuan darah, sedangkan kalium berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dan fungsi otot.

Mengurangi Risiko Kanker

Melon mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten yang berperan dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko kanker. Dengan mengkonsumsi jus melon secara teratur, Pins dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terjadinya kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan tinggi potasium dan serat dalam melon dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Potasium membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Sementara itu, serat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang juga berkontribusi pada menjaga kesehatan jantung

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain manfaat jus melon bagi kesehatan kulit, vitamin C yang tinggi dalam melon juga memberikan manfaat langsung pada kulit. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, protein yang penting untuk menjaga elastisitas kulit dan mencegah keriput. Kandungan air dalam melon juga membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit kering.

Menjaga Hidrasi

Melon terdiri hampir 90% air, sehingga jus melon bisa menjadi minuman yang menyegarkan dan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Terutama saat cuaca panas atau setelah beraktivitas fisik, jus melon bisa membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Meningkatkan Pencernaan

Melon mengandung serat diet yang cukup tinggi. Jus melon dapat membantu mencegah sembelit dan mempromosikan pencernaan yang sehat. Serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan yang sehat.

Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dalam jus melon membantu merangsang produksi kolagen, yang penting untuk menjaga kekenyalan dan kelembutan kulit. Antioksidan dalam melon juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan meredakan peradangan.

Menyegarkan Mata

Melon mengandung vitamin A, lutein, dan zeaxanthin, yang semua komponen ini bermanfaat bagi kesehatan mata. Konsumsi jus melon secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Membantu Penurunan Berat Badan

Jus melon rendah kalori dan rendah lemak, serta mengandung banyak air dan serat. Kombinasi ini membuatnya menjadi minuman yang ideal untuk membantu menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat, karena dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Menjaga Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam jus melon dapat membantu menjaga tekanan darah tetap seimbang. Kalium membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh, yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit hipertensi.

Penting untuk diingat bahwa jus melon sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti makanan utama. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika kamu memiliki kondisi kesehatan khusus atau alergi tertentu sebelum mengonsumsi jus melon secara teratur.

Baca juga:

Featured image source: Shutterstock


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download