BlogHome ServiceKebersihan Rumah5 Cara yang Efektif untuk Mengusir Tikus di Plafon
0
0

5 Cara yang Efektif untuk Mengusir Tikus di Plafon

Dipublikasikan oleh Putra 

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagaimanakah cara mengusir tikus yang sangat mengganggu di plafon rumah? Tikus yang berkeliaran di dalam rumah dapat menjadi masalah yang mengganggu. Selain merusak barang-barang dan makanan, mereka sering kali menyelinap ke dalam plafon rumah. 

Namun, jangan khawatir, karena dalam artikel ini akan membahas lima cara yang efektif untuk mengusir tikus yang bersembunyi di plafon rumah kamu. Jadi, mari mulai dan kembali memiliki rumah yang aman dan bersih!

Tentunya, mengetahui cara mengusir tikus di plafon akan membuat kamu semakin tenang dan nyaman di rumah. Nyamannya sama seperti rumah yang ada di perumahan Kertamukti Sakti Residence, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu.

Perumahan ini memiliki banyak sekali pilihan rumah eksklusif yang bisa kamu jadikan rumah impian.

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Identifikasi Masalah Tikus di Plafon

Tikus adalah masalah umum yang sering dihadapi di rumah, terutama ketika mereka menguasai plafon. Mereka dapat menyebabkan kerusakan struktural, penyebaran penyakit, dan gangguan yang mengganggu.

Tanda-Tanda Kehadiran Tikus di Plafon

Untuk mengusir tikus, kita perlu memahami tanda-tanda kehadiran mereka di plafon. Biasanya, kita dapat mendengar suara cebisan di atas plafon, atau melihat jejak kotoran dan urin yang terkadang jatuh ke lantai. Tikus juga suka mengunyah kabel listrik, sehingga jika kamu mendapati kabel-kabel tergigit atau rusak, itu bisa menjadi pertanda. 

Selain itu, bau amis yang kuat juga dapat mengindikasikan keberadaan tikus. Penting untuk segera mengambil langkah-langkah untuk menyingkirkan tikus, mengingat dampak negatif yang dapat mereka timbulkan pada rumah kamu.

Baca juga: 

Dampak Kerusakan Tikus pada Plafon

Tikus dapat merusak struktur plafon rumah kamu. Mari kita lihat beberapa dampak kerusakan tikus pada plafon. Pertama, tikus sering menggali lubang kecil dalam material plafon, yang dapat mengurangi kekuatan struktur dan keindahan estetika rumah kamu. 

Selain itu, mereka juga dapat meninggalkan jejak kotoran dan urin yang tidak hanya menyebabkan bau tak sedap. Tetapi juga mengancam kesehatan penghuni rumah. 

Selanjutnya, kerusakan ini bisa menjadi biaya perbaikan yang signifikan. Oleh karena itu, penting untuk segera mengatasi masalah tikus dalam rumah kamu sebelum kerusakan semakin parah.

5 Cara-Cara Efektif Mengusir Tikus di Plafon

Tikus yang berkeliaran di plafon rumah dapat menjadi masalah yang menjengkelkan. Berikut ini ada lima cara efektif untuk mengusir tikus dari plafon kamu.

1. Membersihkan dan Menutup Celah

Source : Pexels

Langkah pertama untuk mengusir tikus adalah membersihkan dan menutup semua celah yang mungkin menjadi akses mereka ke plafon.Langkah pertama untuk mengusir tikus adalah membersihkan dan menutup semua celah yang mungkin menjadi akses mereka ke plafon. Pastikan untuk memeriksa dengan cermat semua sambungan pipa, celah di dinding, atau bahkan kabel listrik yang menggantung. 

Selain itu, periksa apakah ada jendela atau ventilasi yang tidak tertutup dengan baik. Dengan cara ini, kamu akan meminimalkan kemungkinan masuknya tikus ke dalam rumah dan menciptakan lingkungan yang tidak mengundang bagi mereka.

Baca juga:

2. Menggunakan Peledak Suara

Source : Pexels

Peledak suara adalah cara efektif untuk mengusir tikus dari plafon. Mereka tidak suka dengan suara keras dan tiba-tiba. Penggunaan peledak suara dapat membantu menjaga tikus tetap menjauh dari area tersebut. 

Pastikan untuk menggunakan peledak suara dengan bijak. Karena suara yang terlalu keras juga dapat mengganggu manusia dan hewan peliharaan. Sebaiknya konsultasikan dengan profesional pengendalian hama untuk menentukan waktu dan frekuensi penggunaan yang tepat. Dengan metode ini, kamu dapat menjaga rumah tetap aman dan nyaman tanpa kehadiran tikus yang mengganggu.

3. Pemasangan Perangkap Tikus

Source : Pexels

Pemasangan perangkap tikus adalah metode lain yang dapat kamu coba. Pastikan untuk meletakkannya di area-area yang sering dilewati tikus. Selain itu, pilihlah perangkap yang sesuai dengan ukuran tikus yang biasa muncul di rumah kamu. 

Jika perangkap digunakan dengan benar, ini dapat menjadi cara yang efektif untuk mengendalikan populasi tikus di rumah kamu. Ini akan mengurangi risiko kerusakan dan penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan ini kepada manusia serta hewan peliharaan kamu.

Baca juga:

4. Menggunakan Peledak Bau

Source : Pexels

Tikus sangat sensitif terhadap bau tertentu. Membuat peledak bau yang tidak disukai tikus adalah cara lain untuk mengusir mereka. Misalnya, bau kapur barus atau minyak kayu putih seringkali dapat menghalangi tikus masuk ke dalam area yang ingin kamu lindungi. 

Dengan konsisten menggunakan metode ini, kamu dapat menjaga agar tikus tetap menjauh dan menjaga kebersihan. Serta kesehatan area kamu dari potensi kerusakan yang dapat disebabkan oleh tikus yang berkeliaran.

5. Panggilan Profesional

cara mengusir tikus di plafon
Source : Pexels

Jika semua upaya kamu gagal, sebaiknya kamu memanggil profesional. Mereka memiliki pengalaman dalam mengatasi masalah tikus. Profesional pest control akan melakukan inspeksi teliti untuk mengidentifikasi sumber masalah dan merancang strategi pengendalian yang tepat. 

Selain itu, mereka akan menggunakan teknik dan bahan yang aman. Serta efektif untuk mengatasi tikus tanpa membahayakan kesehatan keluarga kamu atau merusak properti. Dengan bantuan mereka, kamu dapat yakin bahwa masalah tikus akan ditangani dengan efisien dan aman.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, kamu dapat mengusir tikus yang bersembunyi di plafon rumah kamu. Pastikan untuk bertindak segera sebelum mereka merusak plafon kamu lebih lanjut.

Baca juga:

Featured Image Source: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Gunakan juga kode PHSBLOG untuk menikmati layanan PHS mulai dari 30 ribu hanya di aplikasi Pinhome.

Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download