BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAPahami Begini Proses Akad Kredit Rumah Subsidi yang Perlu Kamu Tahu
0
0

Pahami Begini Proses Akad Kredit Rumah Subsidi yang Perlu Kamu Tahu

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Nov 16, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kehadiran program rumah subsidi tentunya sangat membantu bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak dengan harga yang terjangkau. Dengan berbagai skema pembiayaan, pemerintah memberikan bantuan mulai dari uang muka hingga suku bunga yang rendah. Pada artikel ini, Pinhome akan menjelasakan proses akad kredit rumah subsidi yang harus Kamu pahami.

Proses akad kredit rumah subsidi tidak jauh berbeda dengan proses akad kredit rumah biasa atau non-subsidi. Pada prosedur pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Proses yang satu ini menjadi tahapan paling terakhir yang harus Kamu lakukan. Setelah pengajuan KPR diterima dan telah disetujui oleh pihak bank, barulah proses akad kredit rumah subsidi dapat dilakukan. Akad kredit rumah mau subsidi ataupun non subsi, perlu dilakukan di hadapan notaris pada waktu yang telah disepakati.

Kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga:

Proses Akad Kredit Rumah Subsidi

Source : Pixabay

Proses akad kredit rumah subsidi dapat dimulai pada saat bank sudah menyetujui KPR yang telah Kamu ajukan. Pada saat permohonan KPR diterima, pihak bank akan memberi tahu kepada calon debitur beberapa informasi seperti jumlah pembiayaan yang telah disetujui, besaran cicilan setiap bulannya, hingga dengan tenor angsuran.

Selain pihak bank, notaris/PPAT yang sudah ditunjuk biasanya akan menghubungi untuk menjelaskan pajak apa saja yang harus Kamu bayarkan, Beberapa biaya yang perlu dikeluarkan antara lain seperti biaya provinsi sebesar 0,5 persen dari pajak transaksi, Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Akta Jual Beli (AJB), hingga dengan pajak penghasilan (PPh) sebesar 1 persen.

Setelah melunasi pajak-pajak, pihak bank akan memberitahukan tanggal dan tempat akad kredit dapat dilakukan. Proses akad kredit rumah subsidi harus dihadiri oleh pihak pembeli, penjual, bank, dan notaris/PPAT. Jika semua pihak sudah berkumpul, notaris akan memeriksa ulang seluruh identitas pribadi dan dokumen persyaratan yang sudah diberikan sebelumnya.

Jika tidak ada masalah, maka pembeli dan penjual akan menandatangani akta perjanjian yang semua hal di dalamnya bersifat legal dan harus dipatuhi. Tidak hanya itu saja, pihak pembeli akan menerima dokumen perjanjian kredit, Surat Kuasa Memberikan Hak Tanggungan (SKMHT), Surat Pengakuan Hutang dan Kuasa Menjual, Dokumen Asuransi, dan AJB. Sedangkan, sertifikat tanah asli akan disimpan sementara oleh bank hingga angsurannya telah lunas. Itu dia proses akan kredit rumah subsisi yang harus Kamu ketahui jika ingin membeli rumah subsidi.

Pihak-Pihak yang Berkepentingan dalam Proses Akad Kredit Rumah Subsidi

Source : Pixabay

Karena termasuk dalam tahap akhir, tidak boleh diwakilkan dan harus dihadiri oleh pihak yang terkait. Jika debitur merupakan pasangan suami istri, maka keduanya juga perlu untuk hadir karena notaris akan memverifikasi kembali identitas untuk menghindari kecurangan yang dapat terjadi. Adapun pihak-pihak yang harus hadir pada proses akad kredit rumah subsidi sebagai berikut.

  • Pembeli rumah/debitur
  • Penjual rumah/developer
  • Pemberi kredit atau Bank
  • Notaris/PPAT

Selain pihak yang telah disebutkan di atas, Kamu sebagai pembeli juga boleh mengajak keluarga sebagai saksi yang akan menyaksikan proses akad kredit rumah subsidi. Dokumentasikan proses akad kredit sebagai arsip pribadi dan untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diharapkan. Terakhir, jika semuanya telah berjalan lancar, dokumen kredit akan ditandatangai bank dan dana pun akan ditransfer pada penjual rumah ataupun developer.

Persyaratan Dokumen yang Wajib Dipenuhi Ketika Akad Kredit Rumah Subsidi

Source : Pixabay

Saat ini, Kamu telah mengetahui proses akad kredit rumah subsidi dan siapa saja yang perlu hadir. Agar proses akad kredit lancar dan dan segera dicairkan, jangan lupa Kamu untuk melengkapi dokumen berikut ini:

  1. Identitas pribadi debitur (KTP dan KK)
  2. Buku nikah ( jika sudah menikah)
  3. NPWP
  4. BPJS Kesehatan

Sedankan, untuk pihak penjual juga terdapat beberapa dokumen yang perlu untuk disiapkan. Seperti sebagai berikut:

  1. Identitas Pribadi (KTP dan KK)
  2. Buku Nikah (Jika sudah menikah)
  3. NPWP
  4. BPJS Kesehatan
  5. Bukti pembayaran PBB
  6. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  7. Sertifikat tanah asli

Tips Lancar Akad Kredit Rumah Subsidi

Source : Pixabay

Berdasarkan penjelasan diatas, Kamu sudah memahami jika proses akad kredit rumah subsidi baru dapat dilakukan setelah proses peminjaman dana telah disetujui oleh pihak bank dan persyaratan dokumen telah dipenuhi pihak penjual dan pembeli. Sekarang, Pinhome akan memberikan beberapa tips agar akan kredit dapat berjalan lancar. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Pastikan Kemampuan Bayar KPR

Untuk menghindari pembatalan KPR ketika akad kredit, sebaiknya Kamu memastikan terlebih dahulu kemampuan bayar telah sesuai dengan kondisi ekonomi Kamu. Sebelum bank menyetujui pembiayaan pembelian rumah, pastikan debitur untuk menyanggupi jumlah cicilan yang perlu dibayarkan setiap bulannya.

2. Verifikasi Data

Agar dapat berjalan lancar, pastikan juga data yang ada di setiap identitas Kamu telah sinkron. Contohnya saja, nama dan tempat lahir di KTP atau KK harus sama. Jika ditemukan data yang tidak cocok, pihak notaris dapat meminta penjual/pembeli untuk mengubahnya di kantor DISDUKCAPIL setempat.

3. Lengkapi Persyaratan Dokumen

Jika data pada setiap dokumen pribadi telah dipastikan sinkron, berikutnya Kamu harus membawanya ke tempat akad kredit akan dilangsungkan. Satukan dalam satu map agar tidak tercecer karena proses akad kredit bisa saja tertunda jika penjual atau pembeli lupa membawa dokumen yang diperlukan

4. Datang Tepat Waktu

Yang terakhir yaitu datanglah tepat waktu sesuai dengan yang telah dijadwalkan. Jika Kamu berhalangan hadir, ada baiknya Kamu menghubungi pihak bank atau notaris beberapa hari sebelumnya agar akad kredit dapat dijadwalkan kembali.

Itu dia penjelasan tentang proses akad rumah subsidi yang harus Kamu tahu. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download