Standar Upah Tukang Bangunan Tahun 2021 - Pinhome

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Standar Upah Tukang Bangunan Tahun 2021

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Standar Upah tukang bangunan perhari nilainya bervariasi tergantung lokasi pembangunan dan tingkat keahlian yang dimiliki. Beberapa kriteria lain juga turut mempengaruhi besarnya upah yang diberikan pemilik rumah kepada tukang bangunan. Misalnya, menurut seberapa jauh hubungan perkenalan, kejujuran, rasa tanggung jawab dan beberapa perilaku lain. Berikut ini rata-rata upah tukang harian di Indonesia.

Baca juga: Tukang Batu, Fungsi dan Keahliannya

Upah tukang bangunan Per-orang

Standar upah tukang bangunan per-orang dengan waktu kerja jam 8.00 sampai 12.00 siang. Lalu istirahat sampai jam 13.00 kemudian bekerja lagi sampai dengan jam 16.00. Jadi total jam kerja adalah 7  jam.

  1. Tukang batu = Rp.85.000,00
  2. Upah Tukang kayu = Rp.95.000,00
  3. Tukang besi = Rp.85.000,00
  4. Upah Tukang bekisting = Rp.85.000,00
  5. Tukang cat = Rp.85.000,00
  6. Upah Tukang cor beton = Rp.85.000,00
  7. Tukang plumbing / listrik = Rp.85.000,00
  8. Kenek / pekerja / pembantu tukang = Rp. 70.000,00
  9. Kepala tukang / mandor = Rp.100.000,00

Baca juga: Tukang Bangunan Rumah Berdasarkan Keahlian

Nilai upah tersebut adalah rata-rata, jadi nilainya bisa lebih atau kurang tergantung lokasi dan jenis pekerjaan yang dilaksanakan. Misalnya untuk proyek kontraktor biasanya upah tukang lebih murah jika dibanding pembangunan rumah tinggal. Upah tukang di Jakarta lebih mahal daripada daerah lainya seperti Semarang, Surabaya dan kota lainya. Selain itu, upah tukang bangunan di Indonesia bagian timur seperti Papua, Sulawesi dan daerah lainya lebih mahal dibanding kota Jakarta.

Baca Juga: Upah Tukang Bangunan Harian Batu Kayu Besi

Upah tukang bangunan sepasang

Standar Upah Pekerja Bangunan

Pada kegiatan pembangunan rumah tinggal ada istilah sepasang, yaitu satu tukang bangunan dan satu kenek. Pemilik rumah biasanya membayar kepada salah satu pekerja yang mewakili kemudian membaginya kepada rekan pasanganya. Upah tukang bangunan sepasang perhari bisa kita hitung sebagai berikut:

  • Tukang batu = Rp.85.000,00
  • Kenek / pekerja / pembantu tukang = Rp.70.000,00
  • Uang makan, uang suguhan/ jaminan misalnya gorengan untuk dua orang = Rp. 35.000,00.
  • Jadi upah tukang bangunan sepasang adalah Rp. 180.000,00.

Demikian uraian tentang gaji tukang bangunan harian ini. Jadi, standar upah tukang bangunan yang harus diberikan tergantung pemilik rumah. Lebih besar lebih bagus sehingga dapat menambah semangat tukang bangunan dalam bekerja. Selamat memilih tukang bangunan yang terbaik dan berkualitas.

Baca juga: Tips Membangun Rumah yang Wajib Kamu Ketahui!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Kencana Hills Cilebut di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel