BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Ide Desain Perpustakaan Mini di Rumah yang Cozy
0
0

8 Ide Desain Perpustakaan Mini di Rumah yang Cozy

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Sep 26, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jika Kamu termasuk orang yang gemar membaca buku, perpustakaan mini dapat menjadi ruangan kedua yang paling Kamu sukai setelah kamar tidur. Selain itu membuat Kamu semakin senang menekuni kegemaran Kamu, perpustakaan yang cozy pastinya dapat menjadi tempat untuk kamu melepaskan rasa penat juga.

Jika Kamu berniat menyisihkan satu ruangan khusus untuk menyimpan sekaligus membaca koleksi-koleksi buku Kamu, tidak ada salahnya mulai memikirkan desain perpustakaan mini di rumah yang cozy. Terdapat berbagai macam desain perpustakaan mini yang dapat menjadi inspirasi untuk rumah Kamu. Seperti pada artikel ini, akan memberikan beberapa ide desain perpustakaan mini di rumah yang cozy.

The Agathis yang menjadi salah satu hunian Rumah Ekslusif yang berpotensi dikembangkan untuk dibuat taman. Dan bagi Kamu yang ingin mencari informasi selanjutnya, cukup mengunjungi PinValue, yaitu fitur dari Pinhome yang menyediakan kebutuhan terkait harga estimasi rumah dan lainnya.

Tidak hanya itu, Kamu juga bisa mencari informasi terkait perumahan di Depok atau rumah second di Kota Tangerang Selatan yang bisa jadi alternatif.

Baca juga: 9 Jenis Bunga Bougenville yang Bisa Mempercantik Taman Rumah

Ide Desain Perpustakaan Mini di Rumah yang Cozy

Hanya karena tinggal di rumah kecil bukan berarti Kamu tidak dapat mempunyai perpustakaan mini di dalamnya. Kamu hanya cukup menyisihkan beberapa meter area atau ruang yang tidak terpakai untuk dijadikan ruang baca yang cozy. Untuk membuatnya, yang Kamu butuhkan yaitu beberapa inspirasi desain yang tepat.

Oleh karena itu, Pinhome kali ini telah merangkum beberapa ide desain perpustakaan mini di rumah. Simak baik-baik ya.

1. Desain Perpustakaan Mini di Tangga

Source : E-Book Friendly

Terdapat banyak hal yang bisa Kamu lakukan dengan ruang di bawah tangga, seperti contoh diatas dengan mengubahnya menjadi area sudut baca atau perpustakaan kecil. Ruang bawah tangga seringkali didiamkan oleh banyak orang. Padahal area yang satu ini masih memungkinkan untuk dimaksimalkan fungsinya, apalagi jika rumah yang mempunyai ukuran kecil.

Bagi Kamu yang telah terlanjur membuat tangga permanen tidak perlu khawatir. Kamu dapat mengkonsultasikan untuk membuat rak baca mini ke desain interior. Jada tersebut tentunya akan membantu Kamu untuk mendesain ulang area bawah tangga menjadi perpustakaan mini yang cozy.

Baca juga: 10 Contoh Tanaman Semak untuk Membuat Taman Rumah Menjadi Cantik

2. Perpustakaan Mini sebagai Partisi Ruangan

Jika hunian Kamu mempunyai konsep open space, Kamu dapat meletakkan lemari buku sebagai sekat antar ruangannya. Agar ruangan tidak terlihat sempit, Kamu dapat menggunakan tipe lemari dengan size yang ramping atau lemari terbuka.

Saat ini sudah banyak rak buku yang mempunyai desain menarik sehingga bisa dijadikan sebagai dekor ruang yang sangat menarik. Agar area perpustakaan mini ini terlihat lebih menarik, Kamu dapat menyusun buku-buku koleksi Kamu berdasarkan warna sebagai focal point utama.

3. Perpustakaan Mini di Sudut Ruangan

Source : Reddit

 Sudut ruangan atau yang dikenal juga sebagai sudut mati, biasanya diabaikan oleh beberapa orang. Kamu dapat membuat tampilan sudut rumah Kamu menjadi lebih kreatif dengan memasang rak gantung sudut terbuka.

Terdapat beberapa material lemari terbaik yang bisa Kamu gunakan seperti material kaca, alumunium ataupun kayu yang solid. Jika Kamu tidak memiliki waktu kosong untuk membuatnya sendiri. Kamu juga dapat memesan rak gantung custom. Hanya saja cara yang satu ini cukup merepotkan karena harus mengukur lebar dan ketinggiannya terlebih dahulu.

4. Ruang Baca di Kamar

Selain menjadi tempat istirahat, ternyata kamar tidur juga dapat dijadikan ruang serbaguna, mulai dari ruang kerja sampai membangun area baca favorit. Jika Kamu mempunyai ratusan koleksi buku, sebaiknya jangan dibiarkan menumpuk di lantai. Pada desain ini menggunakan lemari geser khusus buku yang dapat Kamu sembunyikan.

Pastinya, lemari yang satu ini mempunyai banyak kelebihan salah satunya hemat tempat dan menjaga kamar tetap terasa luas.

5. Perpaduan Rak Buku dengan Sofa

Furnitur sekarang sudah sangat modern dan tentunya memperhatikan fungsionalitas, salah satunya yaitu sofa. Biasanya Kamu sering menemukan model sofa yang seluruh permukaannya ditutupi oleh busa. Tapi saat ini, terdapat sofa yang dibuat khusus untuk area penyimpanan salah satunya untuk meletakkan koleksi buku favorit Kamu.

Tidak hanya multifungsi saja, Kamu pun tidak perlu repot lagi mencari area untuk membaca buku ataupun tempat yang nyaman untuk menikmati semua alur cerita dari buku tersebut.

6. Ruang Baca di Loteng Rumah

Source : Book Glow

Inspirasi berikutnya yaitu merubah loteng dirumah menjadi perpustakaan mini. Bagi Kamu yang mempunyai loteng di rumah. Kamu dapat mengubahnya menjadi area baca yang sangat fungsional. Tidak peduli seberapa kecil ruangannya, Kamu dapat meniru gambar di atas.

Kamu juga dapat memaksimalkan dinding yang miring dengan menempatkan lemari yang akan menampung semua koleksi buku Kamu dengan rapi. Agar ruangan lebih cozy, Kamu dapat meletakkan sofa santai yang selaras dengan warna cat dinding, karpet lembut dan coffee table.

7. Ruang Baca di Ruang Tamu

Jika Kamu memiliki ruang yang terbatas, Kamu dapat mengubah ruang tamu menjadi perpustakaan mini juga. Ganti meja dan kursi menjadi rak buku besar, karpet lantai yang hanga, dan bean bag. Cara yang satu ini memungkinkan Kamu untuk menyimpan semua koleksi buku dengan rapi, akan tetapi tidak kehilangan area untuk menerima tamu.

8. Desain Ruang Baca dan Ruangan Belajar yang Cozy

Source : Good House Keeping

Jika koleksi buku Kamu belum terlalu banyak, Kamu dapat menggunakan rak kayu ukuran 3×3 sebagai penyimpanannya. Kemudia, lengkapi ruangan dengan sofa bed dan kursi ottoman agar momen membaca terasa lebih nyaman.

Jangan lupa, untuk menggunakan dekorasi seperti tanaman hijau di area ini untuk memberikan kesan segar dan alami pada interiornya.

Itu dia beberapa inspirasi desain perpustakaan mini di rumah yang cozy. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan bisa bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Crown Regency  dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download