Pinhome

Lifestyle

Cara Cepat Cek Tagihan PLN Online anti Ribet

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 1 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Di era digital, segala aktivitas dapat dipantau menggunakan smartphone. Salah satu kegiatan yang bisa Anda pantau sambil rebahan adalah cek tagihan PLN online. 

Pinhome – Tagihan listrik Pins setiap bulan naik terus tetapi tidak mengerti alasannya? Pins bisa cek tagihan PLN terlebih dahulu. Bisa saja ada beberapa pemakaian berlebih pada perangkat elektronik rumah Pins lho! Sebelum komplain yang tak berujung, ada baiknya Pins melihat lagi ke dalam. Apakah ada yang berubah pemakaiannya dari bulan-ke bulan?

cek tagihan pln
(Unsplash.com)

Pandemi yang menuntut masyarakat lebih banyak di rumah memang pastinya membuat tagihan listrik di rumah Pins meningkat. Hal tersebut dapat terlihat jelas dari pemakaian perangkat AC yang hampir 24 jam menyala, perangkat komputer, hingga lampu yang menyala. Untuk mendapatkan kepastian tagihan setiap bulannya, kini Pins dapat cek tagihan PLN secara online dan praktis. Yuk simak tata caranya dibawah ini!

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online

cek tagihan pln
(Pln.co.id)

Diambil dari laman situs pln.co.id , beberapa hal terkait listrik dapat Pins akses secara mudah dan cepat lewat aplikasi yang telah dikeluarkan oleh PLN. Aplikasi yang dapat di download via perangkat seluler di google play maupun playstore ini diharapkan dapat mengakomodasi segala keperluan masyarakat terkait dengan listrik. Sebenarnya apa saja yang bisa Pins dapatkan dari aplikasi keluaran PLN ini? 

  • Cek Tagihan Listrik Online sekaligus Pembayaran Tagihan

Pengecekan tagihan listrik secara mudah dan cepat dapat melalui aplikasi ini. Pins hanya mengisi IDPel/ nomor meter pada hunian tempat Pins tinggal dan setelahnya akan tertera biaya yang harus Pins keluarkan setiap bulannya. Dengan adanya hal ini cek tagihan PLN online semakin mudah.

Untuk pembayarannya pun Pins akan disambungkan ke banyak channel pembayaran yang dapat Pins pilih sesuai dengan preferensi yang Pins punya, mulai dari virtual account, GOPAY, OVO, LinkAja, Doku Wallet dan debit online.

  • Pembelian Token Listrik untuk Pelanggan Prabayar

Bagi pelanggan prabayar, aplikasi PLN juga mempermudah pembelian token listrik secara online. Pins dapat isi ulang listrik sesuai dengan jumlah yang telah Pins tentukan dan selanjutnya akan terhubung ke channel pembayaran yang telah disebutkan di atas.

  • Kemudahan Pengubahan Daya Listrik

Pins ingin mengubah daya listrik? Dengan aplikasi PLN mobile Pins dapat mengganti daya listrik di hunian Pins dengan sekali tekan. Pins hanya perlu ke fitur ‘layanan listrik’ dan akan terdapat pilihan untuk pasang baru maupun ubah daya.

  • Pencatatan Angka Meter Pribadi

Kemudahan lainnya adalah Pins bisa mencatat angka meter pribadi dengan masuk ke fitur ‘catat meter’ yang dapat digunakan pada tanggal 24-27 setiap bulannya. Apa Pins sudah tahu cara baca angka meter pribadi? Begini caranya:

  • Meteran listrik menampilkan 4-6 angka pada setiap alatnya
  • Baca dari arah kiri ke kanan, seperti Pins biasa membaca buku
  • Foto meteran terakhir saat Pins mencatat, dan upload pada aplikasi PLN mobile
  • Mohon agar gambar jelas dan tidak buram
  • Monitoring Pembayaran Listrik Pelanggan Pascabayar

Selain itu Pins sendiri dapat memonitor penggunaan listrik setiap bulannya karena telah tercatat pada ‘history’ pembayaran. Pins tidak perlu lagi menyimpan struk pembayaran, karena penggunaan listrik sudah tertera beserta kWh pelanggan pascabayar setiap bulannya.

  • Notifikasi Pengingat Tagihan Listrik

Nah, untuk Pins yang masih sering lupa untuk membayar tagihan listrik, di aplikasi ini, Pins dapat memunculkan notifikasi pengingat tagihan sebelum batas jatuh tempo. Menarik bukan?

  • Informasi Mengenai Pemadaman Listrik dan Penyelesaian Gangguan

Informasi mengenai pemadaman listrik maupun penyelesaian gangguan yang sudah Pins adukan, dapat Pins lihat pula dalam aplikasi PLN mobile. 

  • Pengaduan Gangguan

Bila ada kendala terkait listrik seperti gangguan pemadaman di tempat tinggal maupun daerah sekitar, Pins dapat langsung mengadukannya lewat fitur ‘pengaduan’.

  • Informasi Pemberitaan Media Terkait PLN

Terakhir Pins dapat melihat ragam informasi pemberitaan media terkait informasi update mengenai layanan PLN. Jadi Pins tidak perlu khawatir ketinggalan berita update terkait PLN

Untuk Pins yang Tidak Mempunyai Akses Internet

Jangan khawatir! Bagi Pins yang tidak mempunyai akses internet untuk mengecek tagihan listrik, Pins bisa mendapatkannya lewat dua cara di bawah ini:

  • Hubungi contact center PLN di 123 akan dibacakan tagihannya lewat telepon
  • Datang langsung ke kantor PLN terdekat dari wilayah tempat tinggal Pins dan PLN akan memberikan invoice hardcopy kepada Pins

Bagaimana Pins? Cukup praktis bukan? Cara cek tagihan PLN tanpa ribet di atas. Selanjutnya Pins akan dengan mudah mengecek tagihan Pins lewat perangkat seluler milik Pins. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat.


Untuk kalian yang sedang mencari rumah idaman, yuk langsung ke situs kami, Pinhome.id. Temukan beragam Daftar Properti terlengkap dan iklankan properti kamu di Jual Properti. Selain itu, jangan lupa untuk bergabung menjadi agen properti independen atau kantor properti kami di Rekan Pinhome. 

Hanya di Pinhome.id yang memudahkan kalian untuk mencari properti hanya dalam genggaman. Pinhome – PINtar Jual Beli Sewa Properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel