BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Rumah Desa Paling Sejuk dan Nyaman
0
0

15 Desain Rumah Desa Paling Sejuk dan Nyaman

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Mar 30, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Rumah Pedesaantop-right-banner

Konsep rumah pedesaan yang memberikan kesan alami dan nostalgia tempo dulu memang kurang banyak dilirik oleh orang. Namun, ada beberapa keluarga yang sengaja membangun rumah khas dengan desain rumah ala pedesaan jaman dulu.

Hasilnya, sungguh unik dan cantik, rumah bergaya pedesaan dengan mengedepankan nuansa nostalgia zaman dulu ini memikat hati dan susah untuk dilupakan. Pins tertarik?

Baca juga : Cara Mudah Membuat Desain Rumah

Desain Rumah Desa Elegan

Desain Rumah Pedesaan
Source : Kompas Properti

Menemukan sebuah rumah berkonsep pedesaan di tengah kota yang sibuk dan hedonis merupakan sebuah keunikan tersendiri. Pins dapat memulainya dengan bangunan seluas 100 m2, dengan konsep Joglo dan halaman yang cukup luas, suasana pedesaan menyapa setiap pengunjung begitu memasuki pintu gerbang.

Walaupun terkesan kuno dan sederhana, namun keunikan desainnya mampu menyihir setiap tamu yang datang dan menghadirkan nostalgia masa lalu. Ciri khas rumah bergaya pedesaan ini adalah pada atap joglo yang unik dan kokoh.

Teras rumah yang luas dan asri tempat seluruh keluarga dan tamu bisa bercengkrama dengan akrab. Lantai rumah dibuat dari kaku atau bisa kita sebut dari parkit.

Kesan alami dan kuno juga dapat Pins tambahkan pada dinding rumah yang dibiarkan tidak diplester maupun dicat, sehingga batu bata terlihat bersusun eksotis.

Pada atap rumah, Pins bisa menggunakan bamboo kualitas khusus kemudian disusun sehingga menggantikan fungsi plafon biasanya. Orang Jawa biasa menyebut atap ini sebagai kepang.

Desain Rumah Desa dengan Dekorasi Etnik Jawa

Desain rumah pedesaan
Source : Guru Sipil

Membangun rumah dengan konsep pedesaan yang asri dan unik, akan semakin kental saat pemilihan dekorasi dan interior disesuaikan dengan irri khas etnik dari budaya yang diangkat.

Jika rencana rumah yang Pins bangun adalah rumah Joglo, maka dekorasi etniknya pun selayaknya dari nuansa dekorasi Jawa.

Seperti pemilihan lampu dengan caping, pemilihan material pintu dan jendela dari kayu berukir Jepara, meja kursi kuno yang kokoh dan terbuat dari Jati berukir, serta hiasan-hiasan dinding yang dapat Pins kreasikan sesuai dengan etnik Jawa.

Membangun rumah dengan konsep pedesaan tempo dulu, tidak menutup kemungkinan untuk memaksimalkan fungsi ruang. Dengan luas bangunan 100 m2, Pins dapat memiliki 3 kamar tidur, ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu, ruang ibadah, dapur, dan garasi serta carport. Selamat membangun!

Rumah Gaya Tradisional

Source : Masterrumah

Rumah model ini tentunya banyak Pins temukan di berbagai daerah di Indonesia. Kehangatan rumah trasdiosonal bisa Pins padukan dengan unsur-unsur modern.

Dengan merancang rumah jenis, Pins telah memberi kesan hangat namun juga elegan. Tambahkan beberapa tanaman di depan halaman rumah agar rumah kamu juga tampak lebih segar.

Rumah dengan Carport

desain rumah desa
Source : Pinterest

Bagi Pins yang memiliki kendaraan khususnya mobil tentu penting untuk memiliki carport di rumah. Walaupun terkesan sederhana, rumah di desa juga tetap mengharuskan kamu memiliki carport. Agar lebih cantik, Pins bisa menambahkan kanopi minimalis di carport tersebut.

Rumah Monokrom

Source : Pinterest

Desain rumah desa juga bisa kamu buat menjadi lebih modern. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan warna terang seperti putih dan abu. Agar lebih cantik, Pins bisa menambahkan taman di halaman rumah.

Rumah dengan Taman Hijau

desain rumah desa
Source : Pinterest

Bagi Pins yang memiliki halaman luas tidak ada salahnya menambahkan taman hijau di depan rumah. Tanaman-tananman hijau ini nantinya bisa memberi kenyamanan bagi penghuni meskipun tinggal di rumah yang sederhana.

Selain itu, Pins juga bisa memilih cat rumah yang sesaui dengan karakter kamu. Kombinasikan juga dengan warna lain yang selaras ya

Rumah Modern Simple

Source : Sijai

Desain rumah dengan nuansa pedesaan tidak perlu terlihat mencolok. Dengan penataan yang baik, rumah bisa terlihat tidak ketinggalan zaman. Untuk bisa seperti itu, Pins bisa menambahkan beberapa sentuhan modern di bagian rumah.

Rumah Elegan

Source : Seruni.Id

Tampilan yang tidak ramai pada rumah umumnya bisa memberi kesan elegan. Jadi, tidak ada salahnya kamu memberikan tampilan simple di rumah. Hal yang terpenting kamu bisa menambah beberapa furniture elegan di dalam rumah.

Rumah Panggung

desain rumah desa
Source : Pinterest

Rumah panggung mampu memberikan kenyamanan tersendiri bagi penghuninya. Nah, Pins bisa memilih model rumah ini bila ingin merasakan nuansa kampung halaman. Apalagi rumah model ini sangat identik dengan rumah-rumah di desa dengan nuansa yang hangat dan akrab.

Rumah Mungil Tapi Nyaman

desain rumah desa
Source : Tribun Sumsel

Model rumah desa yang satu ini cocok untuk Pins yang memiliki rumah dengan ukuran mini. Agar lebih nyaman, Pins bisa memaksimalkan bagian luar rumah dengan menambahkan beberapa furniture simple.

Rumah Konsep Cottage

Source : Bernas.id

Konsep cottage adalah suatu konsep untuk rumah yang bisa memberi kenyamanan bagi penghuninya. Ini karena style rumah menekankan fungsionalitas bagian depan rumah. Pins bisa menambahkan beberapa furniture untuk bersantai di bagian depan rumah. Misalnya, meja dan kursi, atau bahkan ayunan.

Rumah dengan Corak Lokal

Source : Arsitek Jogja

Kengatanan bisa dirasakan oleh penghuni rumah bila Pins juga menambahkan corak-corak lokal di rumah. Misalnya kamu bisa menambahkan lukisan atau benda-benda khas dari daerah tertentu untuk menambah kesan kearifan lokal.

Rumah dengan Pagar Kayu

desain rumah desa
Source : Pinterest

Agar tidak terlalu sederhana, Pins juga bisa menambahkan pagar di rumah lho. Salah satu yang bisa Pins gunakan adalah pagar kayu.

Agar suasana natural lebih kuat, kamu juga bisa menambahkan tanaman di sekitar pagar. Penambahan ini juga membuat rumah kamu menjadi lebih sejuk.

Rumah Gaya Eropa

Source : Viva

Rumah gaya Eropa mungkin masih sering Pins jumpai di beberapa daerah tertentu. Nah, rumah ini bisa menjadi inspirasi karena memberi kesan tersendiri. Dengan jendelanya yang banyak, sirkulasi udara dan pencahayaan di rumah tentunya memberi kenyamanan bagi para penghuninya.

Rumah Tropikal

desain rumah desa
Source : Kompas

Tidak ada salahnya bila Pins ingin mencoba rumah dengan halaman terbuka. Dengan model ini, rumah Pins akan terasa sangat nyaman dan juga alami.

Keuntungan paling besar rumah ini adalah rumah Pins akan sejuk dan terlihat segar. Pins juga bisa memanfaatkan halaman menjadi tempat rekreasi keluarga.

Baca Juga : Inspirasi Desain Rumah Minimalis

Demikian, desain rumah desa yang isa menjadi inspirasi kamu dalam merancang rumah. Pins bisa memilih desain mana yang cocok dengan karakter dan lingkungan kamu. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Paramount Petals dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download