5 Jenis Mata Gerinda Keramik Terbaik

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 20 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Terkadang untuk sudut-sudut kecil pada lantai membutuhkan keramik yang berukuran lebih kecil. Oleh sebab itu, keramik harus dipotong dulu menggunakan gerinda keramik sesuai ukuran yang diperlukan. Ada beberapa mata gerinda keramik yang paling umum digunakan dengan ketebalan pisau yang berbeda-beda.

Memahami jenis mata gerinda dan penggunaannya yang tepat sangat penting untuk mencegah kecelakaan kerja. Hasil potongnya pun akan lebih bagus dan rapi jika menggunakan mata gerinda yang sesuai. Berikut beberapa jenis mata gerinda untuk memotong keramik yang bisa digunakan.

Mata Gerinda Potong untuk Keramik

mata gerinda keramik
(Canva)

Jenis mata gerinda ini memang dirancang khusus untuk keperluan memotong keramik. Bentuk permukaan pisaunya lebih halus dan tanpa jarak pemisah. Desain ini memungkinkan pemotongan yang lebih rapi tanpa membuat keramik retak atau pecah.

Bentuk mata pisaunya halus dan bulat sempurna. Pins bisa menggunakan mata gerinda ini untuk memotong keramik dengan metode pemotongan kering maupun basah. Jika ingin lebih mudah dan ringan, sebaiknya pakai metode pemotongan basah dengan membasahi keramik agar lebih lunak saat dipotong.

Namun hal yang penting untuk diperhatikan adalah tidak terlalu menekan keramik saat proses pemotongan. Lakukan dengan hati-hati agar potongannya sesuai dengan bentuk dan ukuran keramik yang dibutuhkan.

Jika Pins akan memotong keramik untuk potongan kecil, sebaiknya pakai mata gerinda yang lebih kecil agar lebih mudah dan tidak terlalu menekan keramik. Lebih baik lagi dengan membasahi keramik yang akan Pins potong ya.

Mata Gerinda Potong Kaca

mata gerinda keramik
(Canva)

Mata gerinda potong kaca juga memiliki mata pisau yang lebih halus dan utuh. Desain permukaan mata gerinda seperti ini bertujuan agar tidak terlalu memberi tekanan pada permukaan kaca atau keramik yang akan dipotong.

Keramik sama seperti material kaca yang termasuk barang mudah pecah. Oleh sebab itu, perlu alat khusus yang dapat memotong tanpa memberikan tekanan berlebih. Mata gerinda potong kaca ada yang berukuran besar dan kecil.

Pins dapat menggunakan mata gerinda ini untuk memotong keramik dalam kondisi kering. Beri tanda untuk arah potongannya terlebih dahulu pada permukaan keramik. Kemudian lakukan pemotongan secara hati-hati supaya tidak pecah.

Baca Juga: 13 Motif Keramik Lantai Rumah Idaman

Mata Gerinda Potong Besi

mata gerinda keramik
(Canva)

Jenis mata gerinda potong besi memiliki bentuk permukaan pisau yang lebih tipis. Bentuk pisau yang tipis ini memberikan ketajaman yang lebih baik untuk memotong besi dengan halus dan presisi. Pins mungkin bisa menggunakannya untuk memotong keramik.

Bentuk mata gerinda yang lebih tipis dari mata gerinda potong keramik justru memiliki ketajaman yang lebih baik untuk memotong keramik. Namun tetap harus dilakukan dengan hati-hati untuk menggunakan mata gerinda potong ini.

Potong keramik kering dapat menggunakan alat potong yang dilengkapi mata gerinda tipis ini. Keramik yang lebih lunak dari besi tentu lebih mudah untuk terpotong, sekalipun dalam kondisi kering.

Mata Gerinda Potong Batu Kering

mata gerinda keramik
(Canva)

Bentuk mata gerinda potong kering memiliki bentuk mata pisau yang lebih kasar pada sisi-sisinya. Model permukaan mata pisau ini efektif untuk memotong objek yang keras seperti batu kering. Pada bagian depan mata pisau memiliki bentuk yang lebih tajam.

Mata gerinda potong batu kering termasuk salah satu jenis mata gerinda yang penggunaanya lebih fleksibel. Pins bisa memakainya untuk memotong objek tanpa harus dibasahi terlebih dahulu karena memang dirancang untuk pemotongan kering. Hasil pemotongannya pun presisi dengan pisau yang tajam ini.

Mata pisaunya tajam dan tidak mudah tumpul sekalipun untuk memotong batu keras dalam kondisi kering. Jadi, Pins bisa menggunakannya untuk waktu yang lebih lama. Hanya saja untuk jenis mata gerinda ini biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding jenis mata gerinda yang lain.

Pins bisa menggunakannya untuk memotong keramik yang sejatinya lebih lunak dibanding batu alam. Namun harus dilakukan hati-hati agar tidak terlalu menekan keramik yang dapat menyebabkan retak dan pecah.

Mata Gerinda Potong Batu Kering dan Basah

mata gerinda keramik
(Canva)

Mata gerinda potong batu kering dan basah memiliki desain permukaan mata pisau seperti kelopak bunga. Mata pisaunya diberi sedikit jarak antara satu mata pisau dengan mata pisau lainnya. Desain ini bertujuan untuk memberikan tekanan agar objek dapat terpotong lebih cepat.

Jenis mata gerinda potong ini bisa digunakan untuk pemotongan kering dan basah. Pemotongan kering, Pins tidak perlu membasahi objek potong terlebih dahulu dan bisa langsung dipotong dengan mesin gerinda. Apalagi untuk pemotongan keramik yang lebih lunak dibandingkan material batu.

Pins bisa menggunakan jenis mata gerinda ini juga untuk memotong keramik lantai. Setelah keramik diberi pola sesuai dengan pemotongan yang diperlukan, Pins bisa langsung memotongnya menggunakan gerinda ini dengan hati-hati.

Namun lebih baik jika menggunakan pemotongan basah. Hal ini supaya keramik lebih lunak dan pemotongannya juga lebih presisi. Teknik pemotongan basah juga dapat menjaga mata gerinda potong agar tidak cepat tumpul.

Itulah beberapa jenis mata gerinda potong yang dapat Pins gunakan untuk memotong berbagai objek potong, mulai dari kaca, keramik, besi, hingga batu. Pins dapat menggunakan mata gerinda keramik yang khusus untuk potong keramik. Namun bisa juga dengan jenis mata gerinda lain yang disebutkan di atas yang memiliki kekuatan lebih untuk memotong objek keras.

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia