BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Jenis Mata Gerinda Keramik Terbaik
0
0

5 Jenis Mata Gerinda Keramik Terbaik

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Mei 3, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
mata gerinda keramiktop-right-banner

Membangun rumah berkualitas, seperti perumahan Griya Parama tentu memerlukan material bangunan, seperti keramik, yang berkualitas. Hal ini juga berlaku ketika Pins memotong keramik dengan mata gerinda. Mata gerinda menjadi salah satu solusi terbaik ketika memotong keramik atau pembuatan maupun perbaikan benda-benda tertentu.

Walau begitu, ada beberapa orang yang mungkin tidak paham jenis-jenis mata gerinda yang cocok untuk memotong keramik. Sama seperti ketika Pins bingung mencari estimasi harga rumah baru untuk perumahan di kota Bogor. Jika ingin hasil yang terbaik, cari tahu apa saja jenis mata gerinda untuk potong keramik terbaik di sini, yuk!

Jenis mata gerinda pemotong keramik terbaik

Pada saat membangun atau merenovasi rumah, Pins mungkin membutuhkan keramik berukuran lebih kecil untuk sudut-sudut kecil di lantai. Itu sebabnya, tukang bangunan harus memotong keramik terlebih dulu menggunaakn gerinda sesuai dengan ukuran yang diperlukan.

Di sisi lain, mata gerinda untuk keramik memiliki ketebalan pisau yang berbeda-beda sehingga Pins harus memilih yang terbaik. Selain itu, memahami jenis mata gerinda dan pemakaiannya sangat penting untuk mencegah kecelakaan kerja.

Hasil potongan keramik juga akan lebih bagus dan rapi jika menggunakan mata gerinda yang sesuai. Bila bingung harus mulai dari mana, berikut ini sederet jenis mata gerinda yang dibagi berdasarkan kegunaannya.

Baca juga: 7 Jenis Penutup Lantai Rumah dan Tips Memilihnya

Mata gerinda untuk potong keramik

mata gerinda keramik terbaik
Source : Shutterstock

Sesuai namanya, jenis mata gerinda ini menjadi solusi terbaik untuk keperluan memotong keramik. Bentuk permukaan mata pisau alat ini cenderung lebih halus dan tanpa jarak pemisah. Hal ini memungkinan pemotongan keramik yang lebih rapi tanpa membuatnya retak atau pecah.

Tidak hanya itu, bentuk mata pisau harus halus dan bulat sempurna. Bentuk tersebut membuat Pins bisa menggunakan mata gerinda ini untuk memotong keramik dengan metode kering maupun basah.

Jika ingin lebih mudah dan ringan, gunakan metode pemotongan yang basah dengan membasahi keramik. Dengan begitu, keramik akan lebih lunak saat dipotong. Namun, Pins tidak boleh terlalu menekan keramik saat proses pemotongan agar ukurannya tetap sesuai dengan bentuk yang dibutuhkan.

Jika memotong keramik untuk potongan kecil, sebaiknya pakai mata gerinda yang lebih kecil agar lebih mudah dan tidak terlalu menekan keramik. Lebih baik lagi dengan membasahi keramik yang akan Pins potong, ya.

Mata gerinda untuk potong kaca

Source : Shutterstock

Selain keramik, mata gerinda keramik terbaik terkadang bisa dimanfaatkan untuk memotong kaca. Pasalnya, mata pisau satu ini lebih halus dan utuh agar tidak terlalu memberi tekanan pada permukaan kaca yang akan dipotong.

Keramik juga sama seperti material kaca yang termasuk barang mudah pecah. Oleh sebab itu, perlu alat khusus yang dapat memotong tanpa memberikan tekanan berlebih. Mata gerinda potong kaca ada yang berukuran besar dan kecil.

Pins dapat menggunakan mata gerinda ini untuk memotong keramik dalam kondisi kering. Beri tanda untuk arah potongannya terlebih dahulu pada permukaan keramik. Kemudian lakukan pemotongan secara hati-hati supaya tidak pecah.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Manis Anda

Mata gerinda untuk potong besi

mata gerinda keramik terbaik
Source : Shutterstock

Dibandingkan mata gerinda untuk potong kaca dan keramik, mata gerinda untuk potong besi menawarkan permukaan pisau yang lebih tipis. Bentuk pisau yang tipis ini memberikan ketajaman yang lebih baik untuk memotong besi dengan halus dan presisi. Pins mungkin bisa menggunakannya untuk memotong keramik.

Bentuk mata gerinda yang lebih tipis dari mata gerinda potong keramik justru memiliki ketajaman yang lebih baik untuk memotong keramik. Namun, tetap harus dilakukan dengan hati-hati untuk menggunakan mata gerinda potong ini.

Potong keramik kering dapat menggunakan alat potong yang dilengkapi mata gerinda tipis ini. Jenis keramik yang lebih lunak dari besi tentu lebih mudah untuk terpotong, sekalipun dalam kondisi kering.

Mata gerinda untuk potong batu kering

Source : Shutterstock

Bentuk mata gerinda potong kering memiliki bentuk mata pisau yang lebih kasar pada sisi-sisinya. Model permukaan mata pisau ini efektif untuk memotong objek yang keras seperti batu kering. Pada bagian depan mata pisau memiliki bentuk yang lebih tajam.

Mata gerinda potong batu kering termasuk salah satu jenis mata gerinda yang penggunaanya lebih fleksibel. Pins bisa memakainya untuk memotong objek tanpa harus dibasahi terlebih dahulu. Pasalnya, alat ini memang dirancang untuk pemotongan kering. Hasil pemotongannya pun presisi dengan pisau yang tajam ini.

Mata pisaunya tajam dan tidak mudah tumpul sekalipun untuk memotong batu keras dalam kondisi kering. Jadi, Pins bisa menggunakannya untuk waktu yang lebih lama. Hanya saja, Pins mungkin perlu merogoh kocek yang lebih dalam karena jenis mata gerinda ini dijual lebih mahal.

Pins bisa menggunakan mata gerinda ini sebagai solusi terbaik untuk memotong keramik. Ini karena bahan keramik sejatinya lebih lunak dibandingkan batu alam. Namun, kamu tetap harus berhati-hati agar tidak terlalu menekan keramik yang bisa menyebabkan retak dan pecah.

Mata gerinda untuk potong batu kering dan basah

Source : Shutterstock

Jenis mata gerinda potong batu kering dan basah memiliki desain permukaan mata pisau seperti kelopak bunga. Mata pisaunya diberi sedikit jarak antara satu mata pisau dengan mata pisau lainnya. Desain ini bertujuan untuk memberikan tekanan agar objek dapat terpotong lebih cepat.

Mata gerinda potong ini bisa digunakan untuk pemotongan kering dan basah. Jika menggunakan metode potong kering, kamu tidak perlu membasahi objek potong terlebih dulu dan bisa langsung dipotong dengan mesin gerinda. Terlebih lagi untuk pemotongan keramik yang lebih lunak dibandingkan material batu.

Pins bisa menggunakan jenis mata gerinda ini juga untuk memotong keramik lantai. Setelah keramik diberi pola sesuai dengan pemotongan yang diperlukan, kamu bisa langsung memotongnya menggunakan gerinda ini dengan hati-hati.

Namun , ebih baik menggunakan pemotongan basah. Hal ini supaya keramik lebih lunak dan pemotongannya juga lebih presisi. Teknik pemotongan basah juga dapat menjaga mata gerinda potong agar tidak cepat tumpul.

Itulah beberapa jenis mata gerinda potong terbaik yang dapat Pins gunakan untuk memotong berbagai objek potong. Mulai dari kaca, keramik, besi, hingga batu.

Pins dapat menggunakan mata gerinda keramik yang khusus untuk potong keramik. Namun bisa juga dengan jenis mata gerinda lain yang disebutkan di atas yang memiliki kekuatan lebih untuk memotong objek keras.

Baca juga: 6 Model Dinding Teras Batu Alam Agar Terasa Lebih Menyejukkan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download