Pinhome

Tips Properti

4 Persiapan Penting Sebelum Merenovasi Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah merupakan tempat berinteraksi dengan keluarga setiap hari. Oleh sebab itu, anda pasti berkeinginan membuat keluarga anda betah tinggal dirumah dan menjadikan rumah tempat yang menyenangkan. Semakin bertambahnya waktu maka membuat kondisi rumah mengalami kerusakan dibagian tertentu, karena bangunan mulai tua yang membutuhkan perawatan, atap rumah yang bocor dan banyak hal lainnya. Hal ini, akan membuat anda dan keluarga kurang nyaman sehingga anda perlu untuk melakukan renovasi rumah.

Setiap rumah pasti membutuhkan renovasi entah itu 1 atau 2 kali renovasi. Anda bisa merenovasi kecil-kecilan atau total. Dengan melakukan renovasi maka rumah yang lama akan terlihat baru dan menarik sehingga membuat keluarga anda bertambah nyaman untuk tinggal dirumah. Rumah sangat perlu untuk dirawat karena rumah adalah salah satu aset berharga anda. Sebelum melakukan renovasi sebaiknya anda melakukan beberapa persiapan seperti:

Menentukan bagian yang akan direnovasi

Anda perlu mengetahui bagian rumah yang perlu direnovasi. Apakah anda ingin renovasi ruang tamu, kamar tidur, atap atau memanfaatkan halaman dan lainnya. Menentukan konsep desain yang ingin anda gunakan dirumah tentukan warna, perabotan dan bahan lain yang dibutuhkan untuk memperindah rumah. Anda dapat berdiskusi dengan keluarga untuk menentukan bagian yang akan direnovasi atau anda juga dapat memanggil jasa arsitek. Dengan begitu, anda akan mengetahui bagian mana yang cocok untuk direnovasi.

Menentukan biaya yang dibutuhkan

Menentukan biaya merupakan bagian yang penting untuk melakukan renovasi rumah. Setelah mengetahui bagian rumah yang akan direnovasi tentunya kita dapat menentukan berapa biaya yang akan dikeluarkan. Besarnya biaya  tergantung banyaknya bagian yang ingin anda renovasi. Anda perlu menyediakan uang untuk membayar jasa pekerja dan peralatan yang diperlukan. Anda bisa menanyakan pada kontraktor atau pekerja, berapa besar biaya dan detail bahan yang diperlukan untuk renovasi. Selain itu, anda juga dapat menanyakan ke toko harga bahan bangunan yang akan diperlukan. Dengan begitu anda tidak akan kesulitan dalam menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi.

Dana cadangan

Dana yang diperkirakan tidaklah sesuai dengan kenyataannya, untuk itu anda juga perlu menyiapkan dana cadangan jika terjadi kekurangan bahan dan lain-lain. Siapkanlah sekitar 30% dana cadangan dari jumlah dana renovasi yang dibutuhkan. Lakukanlah penggunaan anggaran sesuai dengan perencananaan sehingga anda akan menghindari pemborosan. Sebaiknya anda memiliki tabungan sebagai sumber dana, hal ini akan menghindari anda dari berhutang.

Demikianlah hal yang terpenting anda siapkan sebelum merenovasi rumah. Pastikan anda merawat rumah sebaik mungkin. Karena perawatan yang baik akan meminimalisir kerusakan dan renovasi itu sendiri. Setidaknya jika anda melakukan perawatan pada kusen, jendela, tembok, lemari dan lainnya dengan benar, pasti akan lebih awet dan tidak perlu direnovasi.

Tags :

Bagikan Artikel