12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Diperbarui oleh Ramanda Salsa ∙ September 26, 2022 ∙ 5 menit membaca

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan alat pemotong elektrik. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meski berkembangnya zaman, alat pemotong keramik manual terbaik masih menjadi buruan para konsumen. Apa saja rekomendasi alat potong keramik manual terbaik? Intip langsung yuk!

Romway 60 cm

(Tokopedia)

Alat potong granit Romway 600mm / 60cm ini meski tipe manual tapi memiliki laser sebagai pengukur agar potongan tetap lurus. Karena itu, hasil potongan akan lebih presisi dan tetap tebal. Alatnya yang kuat jadi salah satu keunggulan Romway selain mudah digunakan.

Lapisan titaniumnya pada bearing mata potong membuatnya mampu memotong dengan sangat tajam, karena itu mudah digunakan walau beratnya mencapai 12 kilogram. Harganya berkisar di angka Rp875.000 – Rp1.000.000.

Kenmaster Xander XD002A MESN121

(Lazada)

Kenmaster adalah salah satu brand perkakas yang terkenal dengan kualitasnya. Dan pemotong granit tipe Xander XD002A MESN 121 menggunakan material baja super kuat membuatnya tahan korosi dan anti karat.

Ditambah bentuk alatnya yang ergonomis membuatnya nyaman digunakan walau ini adalah alat perkakas berat. Juga ada kelengkapan tuas pada mata pisau membuatnya semakin mudah digunakan tapi tetap memberikan hasil potongan yang baik.

Nankai 60 cm Granite Ruby Star

(Shopee)

Selain Kenmaster, Nankai juga salah satu brand perkakas ternama dengan inovasi-inovasi pada produknya. Tipe Granite Ruby Star ini merupakan inovasi baru yang mampu menahan dan memotong granit lebih berat tapi tetap mudah digunakan.

Maksimal di granit ukuran 60 cm, Nankai Granite Ruby Star diklaim memiliki badan super kuat sehingga punya daya tahan atau tingkat awet yang lebih lama.

Blitz Tile Cutter Manual 

(Elevenia)

Beda dengan alat-alat pemotong granit yang disebutkan sebelumnya, Blitz Tile Cutter Manual ini berdimensi 22 x 10,5 x 2 mm yang membuatnya mampu memotong granit yang lebih besar hingga ukuran 80 cm. Soal urusan harga, alat ini umumnya dibanderol sekitar Rp1.500.000-an di beberapa marketplace.

Baca Juga: 13 Motif Keramik Lantai Rumah Idaman

Granit Kentaro

(Tokopedia)

Nama Kentaro memang berada di spesialisasi perkakas dan alat teknik industri berkualitas karena harganya yang kompetitif tapi kualitas yang ditawarkan luar biasa. Memang kualitas produk Jepang tidak perlu diragukan lagi, termasuk untuk alat pemotong granitnya yang satu ini.

Tora TC2600 Manual

(Shopee)

Pemotong granit merk Tora TC 260 Manual ini bisa memotong lebih cepat dan akurat karena generasi terbaru dibandingkan produk dari Tora sebelumnya. Alat ini juga dilengkapi dengan mata pisau bearing yang membuatnya lebih presisi ketika memotong dengan lurus dan mempercepat juga mempermudah pekerjaan pemotongan granit.

Nankai Tile Cutter 60 cm

alat potong keramik
(Tokopedia)

Nankai tipe tile cutter 60 cm adalah tipe standar dibandingkan tipe Granite Ruby Star. Tapi seperti produk Nankai lainnya. Dengan harga Rp650.000 tipe ini tetap tahan lama dan berkualitas tinggi untuk ukuran pemotong granit.

Dimensinya yang tidak terlalu besar serta pegangan yang ergonomis membuatnya sangat nyaman digunakan dan sesuai dengan genggaman penggunanya ketika bekerja.

Baca Juga: Daftar Harga Triplek per Lembar Sesuai Jenis dan Ukurannya

Ingco HTC04600

alat potong keramik
(Tokopedia)

Jika pemotong keramik lainnya membutuhkan daya listrik, Ingco HTC04600 yang membuatnya hemat dalam urusan produksi. Meski manual, seri satu ini mampu memotong dengan tajam dan cukup presisi.

Hal itu karena alat ini dilengkapi dengan spons yang mencegah keramik bergeser ketika dipotong dan tetap terarah serta kokoh. Dan seperti alat pemotong granit manual lainnya, Ingco seri ini cukup mudah digunakan.

Krisbow Pemotong Keramik

alat potong keramik
(Tokopedia)

Nama besar Krisbow membuat alat pemotong keramik satu ini memang patut masuk daftar rekomendasi terbaik. Karena mampu memotong granit berukuran lebih besar dari pemotong standar, yaitu hingga panjang 80 cm dan ketebalan 1,6 cm.

Untuk sekelas Krisbow yang familiar dan kerap diburu banyak orang sebagai merek perkakas berkualitas, harganya cukup terjangkau dengan dibanderol harga sekitar Rp750.000-an.

CPT National 3 in 1

alat potong keramik
(Tokopedia)

Secara nama mungkin CPT masih belum terdengar familiar, tapi fungsi dan inovasinya cukup bervariasi dibandingkan pemotong granit standar pada umumnya. Karena CPT National 3 in 1 seperti namanya, mampu memotong dengan 3 metode.

Pertama memotong lurus seperti biasa, memotong kemiringan 45 derajat dan bisa membuat lubang bulat sampai 8,2 cm membuatnya pantas masuk dalam daftar alat potong keramik manual terbaik.

Baca Juga: 10 Inspirasi Keramik Abu-Abu Muda Cocok untuk Segala Ruangan

Sellery Manual Tile Cutter

alat potong keramik
(Monotaro)

Meski dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.700.000-an di marketplace, Sellery manual tile cutter patut dipertimbangkan karena tipe cuttingnya yang paralel dan diagonal sampai 45 derajat.

Maksimal panjang potongan dan tebal potongannya juga cukup standar di 600 x 15 mm. Sementara beratnya cukup ringan di angka 6.8 kilogram. 

Rubi Gold Scoring Wheel 1949 10 mm

alat potong keramik
(Rubi)

Alat pemotong granit Rubi khususnya seri Gold Scoring Wheel 1949 ini menggunakan tungsten carbide yang membuatnya ketahanannya tinggi terhadap ausnya alat karena sering bergesekan.

Dengan inovasi emasnya di seri gold ini, daya tahannya lebih lama 50% dibandingkan yang seri silver. RUBI juga telah memiliki paten pada pegangan geometri beralur tiga yang menjadi ciri khasnya, yang menjamin goresan potongannya kuat tanpa getaran.

Semoga beberapa rekomendasi alat potong keramik di atas bisa membantumu memilih perkakas terbaik terutama memotong granit atau keramik sesuai kebutuhanmu ya, Pins!

Featured Images Source: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia