BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Potret Menarik Rumah Botol Ridwan Kamil yang Sampai Dapat Penghargaan
0
0

12 Potret Menarik Rumah Botol Ridwan Kamil yang Sampai Dapat Penghargaan

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Okt 15, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ridwal Kamil dikenal luas oleh masyarakat sebagai seorang Gubernur Jawa Barat, akan tetapi sebelum itu Ridwan Kamil berprofesi sebagai seorang arsitek lulusan Institus Teknologi Bandung. Selama perjalanannya, Ridwan Kamil sudah merancang beberapa desain bangunan, salah satunya adalah rumah botol milik dirinya sendiri.

Rumah botol Ridwan Kamil ini dibangun dengan konsep rumah ramah lingkungan atau green design. Sesuai dengan namanya, 60 persen bangunan rumah tersebut dibangun menggunakan susunan botol kaca bekas minuman berenergi. Berikut ini beberapa potret menarik rumah botol Ridwan Kamil.

Kreatifitas dari pria kelahiran 4 Oktober 1971 ini bahkan sampai menerima penghargaan dari Green Design award oleh Building Construction Indonesia (BCI). Botol-botol tersebut memerlukan perawatan selama tiga bulan sekali dengan mengelap atau biasanya disemprot dengan air. Rumah botol Ridwan Kamil ini pun viral karena bentuknya yang terbilang tidak biasa. Apalagi bagian dalam rumahnya juga tidak kalah estetik dan instagramable.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Potret Menarik Rumah Botol Ridwan Kamil yang Sampai Dapat Penghargaan

1. Mempunyai Kolam Ikan yang Memberikan Ketenangan

Rumah botol Ridwan Kamil dilengkapi dengan fasilitas kolam ikan dan kolam renang. Melalui Youtube Prime Show, Ridwan Kamil sendiri menjelaskan alasannya menambahkan kolam ikan di depan rumahnya.

“Air itu bikin saya tenang, manusia hidup di air waktu di kandungan. Kemudian kalau saya dengar suara air, saya memegang air itu hati saya tenang,” ungkap Ridwan Kamil.

2. Tampilan Rumah dengan Konsep Ala Resort

Ridwan Kamil mempunyai impian membangun rumah dengan konsep rumah ala resort. Impian tersebut akhirnya dapat terwujud melalui rumah botol satu ini. Tampilan dari sisi luar rumah tersebut menampilkan nuansa cokelat kayu alami dengan banyak tanaman asri di sekitarnya. Menurut Ridwan Kamil, rumah tersebut dibangun selama dua tahun karena memerlukan waktu yang banyak. Terutama untuk mengumpulkan botol-botol bekasnya.

3. Perpaduan Warna Yang Harmonis

Source : Instagram/fatyanosa

Di dalam rumah botol Ridwan Kamil ini tentunya terlihat cantik dan memiliki banyak spot yang Instagramable. Terlihat pada salah satu ruangan terdapat sofa dan lukisan terpajang di dinding. Di sisi lain, rumah 60 persen dindingnya didominasi oleh botol kaca bekas minuman energi. Alasan Ridwan Kamil menggunakan botol minuman bekas berenergi yaitu karena warnanya yang senada dengan kayu.

Pada saat disandingkan dengan warna seperti oranye di sofa atau lukisan, tampilan yang dihasilkan juga terlihat cantik.

4. Mempunyai Taman di Tengah Bangunan Rumah

Di dalam rumah botol ini terdapat ruang terbuka yang dinamakan courtyard. Hal itu biasanya dikenal dengan ruang kosong yang dikelilingi bangunan. Pada rumah ini, courtyard tersebut adalah taman yang berada di tengah bangunan rumah.

Dengan halaman yang terbuka di tengah bangunan rumah, maka terdapat banyak udara dan pencahayaan alami yang masuk ke dalam setiap sisi rumah. Oleh sebab itu, rumah ini dapat dikatakan sebagai rumah ramah lingkungan.

5. Ruang Kerja

Terdapat salah satu ruangan pada rumah botol ini yang terlihat seperti ruang kerja. Terdapat meja yang dipenuhi tumpukan buku dan jejeran penghargaan di ruangan tersebut. Tidak hanya itu, pencahayaan alami juga datang dari sisi susunan botol yang disekat menggunakan dinding kaca.

5. Ruang Keluarga

Source : YouTube/The Prime Show

Ruang keluarga pada rumah ini dilengkapi dengan fasilitas seperti TV dan mempunyai konsep open space. Tidak banyak perabotan di rumah sehingga membuat ruangan terlihat dan terasa lebar ataupun luas. Rumah botol Ridwan Kamil ini sendiri mempunyai luas lahan sekitar 373 meter persegi.

6. Sudut Meja Makan dengan Pencahayaan Alami

Source : Instagram/fatyanosa

Ruang makanannya sendiri terletak di salah satu sudut rumah dekat dengan susunan botol yang disekat menggunakan dinding kaca. Dari ruang makan ini terlihat pencahayaan yang sangat cerah dan pemandangan luar yang indah. Tepat di dekat meja makan terdapat akses pintu ke dalam ruang maintenance susunan botol.

7. Rumah Unik yang Menerima Banyak Penghargaan

Desain rumah yang ramah lingkungan dan unik ini membuat bangunan tersebut menerima banyak penghargaan, salah satunya yaitu Green Design Award dari Building Construction Information (BCI) Asia pada tahun 2009. Rumah dengan konsep green design ini merujuk pada konsep teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi kerusakan pada lingkungan.

8. 60 Persen Dinding Didominasi oleh Botol Bekas

Hal yang paling unik dari rumah ini yaitu 60 persen dindingnya didominasi oleh botol kaca bekas. Ridwan Kamil ingin memanfaatkan barang-barang sampah yang dapat digunakan kembali dan menjadi berkah. Secara ilmiah, botol-botol tersebut dapat mengurangi hawa panas yang masuk ke dalam rumah. Menurut Ridwan Kamil, hawa panas dapat terperangkap di ruang hampa yang ada di dalam susunan botol bekas tersebut.

9. Area Dapur

Area dapur dari rumah botol Ridwan Kamil ini menggunakan konsep minimalis dengan nuansa putih cokelat. Perpaduan warna tersebut memberikan kesan yang nyaman ketika ingin menggunakan ruang dapur untuk memasak.

10. Kolam Renang

Di dalam rumah ini juga telah dilengkapi fasilitas kolam renang. Kolam renang yang dibuat lebar, lengkap dengan vertival garden memberikan kesan yang sejuk dan asri pada bagian area rumah satu ini.

11. Ruang Tamu

Pada saat memasuki rumah botol Ridwan Kamil, Kamu akan langsung disambut dengan ruang tamu yang estetik dan minimalis. Dengan penggunaan lantai vinyl dan dilengkapi dengan lampu berdiri dan lukisan tentunya memperindah tampilan dari ruangan satu ini.

12. Kamar Tidur

Source : Instagram/fatyanosa

Tentunya pada ruangan kamar tidur juga dilengkapi dengan penggunaan botol bekas yang dipadukan dengan cat berwarna biru dan beberapa sentuhan dari material kayu. Desain interior dari kamar tidur membuat ruangan ini sangat nyaman.

Itu dia beberapa potret menarik rumah botol Ridwan Kamil. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: NET TV


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download